Asosiasi Industri Teknologi Informasi Merek Apresiasi Keberpihakan Pemerintah Terhadap Pengembangan Industri Dalam Negeri

Oleh : Kormen Barus | Senin, 08 Mei 2023 - 18:22 WIB

Sekjen AITIMI, Danny Harjono dalam diskusi bertajuk "Dampak Berantai Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri" di Jakarta 8 Mei 2023.
Sekjen AITIMI, Danny Harjono dalam diskusi bertajuk "Dampak Berantai Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri" di Jakarta 8 Mei 2023.

INDUSTRY.co.id, Jakarta, FMB9 - Asosiasi Industri Teknologi Informasi Merek Indonesia (AITIMI) mengapresiasi keberpihakan pemerintah terhadap pengembangan industri dalam negeri di Indonesia.

Asosiasi ini mengatakan implementasi belanja pemerintah untuk menggunakan produk lokal sangat besar. Selain itu, keberpihakan pemerintah juga berpengaruh besar terhadap naiknya penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam banyak hal, termasuk perdagangan barang dan jasa.

"Pengusaha Nasional Merek Indonesia sangat berterima kasih karena efeknya besar soal TKDN dan implementasi belanja pemerintah ini untuk produk lokal," kata Sekjen AITIMI, Danny Harjono dalam diskusi bertajuk "Dampak Berantai Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri" di Jakarta 8 Mei 2023.

Danny mengatakan, salah satu sektor yang bisa berkontribusi dalam peningkatan kandungan dalam negeri terutama  dalam perdagangan barang dan jasa adalah pengadaan baterai dan plastik molding.

"Yang bisa kita lakukan adalah pengadaan baterai mengingat Indonesia adalah penghasil 60 sampai 70 persen nikel di dunia. Jadi ini bisa untuk laptop dan plastik molding. Kita pasti bisa, lalu kenapa kita harus impor?" katanya.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting menurut Danny adalah penguatan merek Indonesia sebagai salah satu industri dalam negeri yang harus terus dipertahankan. Menurutnya, merek lebih dari sekedar nama produk tetapi juga melambangkan  identitas sebuah bangsa.

"Yang kami pikirkan dari teman-teman industri merek Indonesia, merek kita harus dihargai sebagai satu aset bangsa dan aset nasional. Kalau kita sebut satu merek IT atau industri otomotif misalnya, langsung kita terkonotasi ini produk dari negara Korea, China dan Amerika. Jadi merek itu sendiri memiliki nilai," ungkap Danny.

Dalam rangka penguatan merek Indonesia tersebut, Danny meminta perlindungan pemerintah. Ini, mengingat mereka harus berhadapan dengan merek-merek raksasa dari negara lain yang menguasi pangsa pasar dunia.

"Industri besar atau semikonduktor dikuasai oleh negara atau produsen tertentu saja di dunia. Nah kita ini baru mulai. Jadi kalau kami produsen merek Indonesia tidak diproteksi pada awal-awal, maka cita-cita untuk membuat industri sesungguhnya akan sulit," katanya.

Danny menambahkan pihaknya saat ini hanya membutuhkan kepercayaan dari pemerintah mengenai tata kelola merek di Indonesia. Ia menyebut beberapa negara yang industri mereknya berkembang pesat karena besarnya kepercayaan negara terhadap industri-industri tersebut.

"Merek-merek internasional itu tadinya siapa sih? Mereka juga hanyalah pemain lokal di negara masing-masing. Namun, karena di-back up, dilindungi dan didorong oleh pemerintahnya masing-masing, jadinya tumbuh menjadi raksasa," kata Danny.

"Kita tahu Taiwan, China, Amerika atau Jepang juga melakukan hal yang sama sampai akhirnya mereka jadi raksasa semuanya. Nah sudah selayaknya kita bisa mulai melakukan itu," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…