Ketua MPR RI Dukung Pelaksanaan Lomba Ikonik 'Balap Kereta Peti Sabun' Era 80an di Bandung

Oleh : Herry Barus | Minggu, 07 Mei 2023 - 12:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Pelaksanaan Lomba Ikonik 'Balap Kereta Peti Sabun' Era 80an di Bandung
Ketua MPR RI Dukung Pelaksanaan Lomba Ikonik 'Balap Kereta Peti Sabun' Era 80an di Bandung

Jakarta- Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bamsoet mendukung pelaksanaan lomba balap ikonik yang sangat populer di era tahun 1980an 'Lomba Kereta Peti Sabun', yang akan digelar pada 26-27 Agustus 2023 di Kota Bandung, Jawa Barat. Kereta peti sabun merupakan kendaraan yang menyerupai mobil, namun tidak memiliki mesin dan hanya mengandalkan dorongan gravitasi untuk berjalan.

"Kegiatan lomba balap kereta peti sabun ini salah satu tujuannya untuk menghidupkan kembali kegiatan 'Event Bandung Baheula' yang pernah populer dimasanya. Selain, menjadi daya tarik wisatawan serta meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi daerah melalui pengembangan atraksi wisata yang mengangkat budaya lokal," ujar Bamsoet usai menerima panitia lomba balap kereta peti sabun Kemal Panigoro dan Zakie Muttaqien di Jakarta, Sabtu (6/5/2).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, lomba balap kereta peti sabun pertama kali diselenggarakan di Bandung pada tahun 1950. Kala itu lomba balap kereta peti sabun bernama 'Zeepkiste Rennen'. Perlombaan tersebut diadakan di daerah Sukajadi, dengan memperebutkan kejuaraan Priangan. Sejak tahun 1950, lomba kereta peti sabun sudah dilakukan sebanyak sembilan kali, dimana lomba terakhir diselenggarakan pada Februari 1988.

"Kereta peti sabun bisa dibilang merupakan salah satu cikal bakal dari kegiatan olahraga otomotif di Indonesia. Saya meyakini bahwa para penggiat olahraga otomotif yang sekarang eksis, di masa kanak-kanaknya tumbuh passion terhadap dunia otomotif diawali dengan mengikuti kegiatan balap seperti balap kereta peti sabun, dan berlanjut ke jenjang balap selanjutnya. Seperti menjadi Pembalap Go-Kart dan seterusnya," kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menambahkan, IMI mendukung penuh lomba balap kereta peti sabun. Terlebih IMI memiliki divisi mobilitas yang salah satu tugasnya adalah mengembangkan kreatifitas terhadap modifikasi diberbagai jenis kendaraan. Dengan memberikan konsultasi teknis secara bertahap dalam hal mensosialisasikan penerapan teknologi pada kendaraan, kereta peti sabun dapat dijadikan prototipe awal, dimulai dengan merakit hingga penerapan sains dan teknologi untuk menuju ke kendaraan bertenaga listrik.

"Lomba kereta peti sabun 2023 dibuka untuk semua usia, mulai anak-anak hingga kelas dewasa. Selain itu juga ada kelas festival yang penilaiannya lebih ditekankan kepada kreatifitas peserta dalam mendesain dan membangun kereta peti sabunnya. Semoga terselenggaranya lomba kereta peti sabun ini bisa melahirkan inovasi baru, kreatifitas baru, serta menumbuhkan jiwa sportivitas," pungkas Bamsoet. (*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…

Produk Le Minerale

Selasa, 23 April 2024 - 12:10 WIB

Brand Nasional Le Minerale Jadi Favorit Konsumen selama Ramadhan 2024

Air minum kemasan bermerek Le Minerale menjadi air mineral favorit konsumen selama Ramadhan 2024. Hal tersebut tercermin dari survei anyar Goodstats, platform kelola data daring berbasis Jakarta,…

Ilustrasi perbankan syariah (republika.co.id)

Selasa, 23 April 2024 - 12:01 WIB

Perbankan Syariah Sambut Positif Hasil Keputusan Pilpres di Mahkamah Konstitusi

Mahkamah Konstitusi (MK) ketuk palu menolak Gugatan perkara Pilpres baik dari Pihak Amin dan Ganjar Mahfud. Pertanda dunia perbankan syariah optimis.

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Selasa, 23 April 2024 - 11:55 WIB

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Dalam langkah besar menuju revolusi kendaraan berkelanjutan, MG Motor Indonesia dan PLN melalui unit usahanya, PLN Icon Plus, telah memulai perjalanan kendaraan listrik spektakuler dari Jakarta…