Wuling Air ev Cocok Buat Harian, Harga dan Biaya Perawatannya Murah Banget

Oleh : Ridwan | Sabtu, 06 Mei 2023 - 07:30 WIB

Wuling Air ev
Wuling Air ev

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Mobil listrik seperti Wuling Air ev menjadi kendaraan yang terus mendapat perhatian masyarakat di tanah air.

Berstatus sebagai mobil ramah lingkungan, biaya konsumsi daya listrik yang diklaim lebih murah, mudah dikendarai di kemacetan, dan bebas ganjil genap menambah rentetan alasan model tersebut diminati konsumen.

"Beragam inovasi Wuling Air ev ini kami hadirkan untuk menjadikan mobil listrik pertama dari Wuling ini easy to use," ujar Public Relations Wuling Motors, Brian Gomgom lewat keterangan tertulis.

Tak heran jika distribusi Wuling Air ev dari peluncurannya hingga sekarang masih menjadi tren. Terbaru, mobil listrik mungil berbasis baterai itu juga dipercaya mendukung mobilitas para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN 2023 di Labuan Bajo, NTT pada (9-11 Mei).

Sebagai model yang cocok sebagai kendaraan listrik harian, Wuling Air ev memiliki biaya kepemilikan terjangkau, hanya Rp5 jutaan saja per tahun atau per hari sekitar Rp16 ribuan.

Rinciannya, Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Wuling Air ev adalah Rp185.000.000 dengan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) per tahun harus dibayarkan sebesar Rp388.500. Kemudian untuk melakukan perawatan setahun atau 20.000 km, pemilik hanya mengeluarkan biaya Rp544.000.

Giliran menghitung konsumsi daya listrik Wuling Air ev, diasumsikan 1 kWh pada Wuling Air ev bisa menempuh jarak 10 km. Menggunakan infrastruktur SPKLU PLN, dikenakan biaya listrik sebesar Rp2.475/kWh.

Dalam satu tahun atau 20.000 km, pemilik hanya menghabiskan uang Rp4.950.000 untuk pembelian daya listrik Wuling Air ev.

Secara produk, Wuling Air ev tentu saja dibekali banyak fitur pendukung berkendara. Misalnya, Wuling Indonesian Command (WIND) dengan kata kunci Halo Wuling.

Pengemudi dan penumpang juga bisa mengaktifkan beragam pengoperasian di mobil dengan perintah suara, seperti mengatur AC, membuka jendela, dan masih banyak lainnya.

Air ev juga dibekali fitur kendali jarak jauh Wuling Remote Control App via Internet of Vehicle (IoV).

Wuling Air ev juga dilengkapi dengan Integrated Floating Widescreen yang dibagi menjadi layar instrument cluster 10.25 inci dan head unit dengan ukuran yang sama. Layar besar di Air ev memang bertujuan memudahkan pengguna mengakses berbagai fitur yang ada pada mobil listrik ini.

Mengusung desain bodi yang compact dengan rangka kokoh, Wuling Air ev memiliki konfigurasi kursi untuk empat orang dan diklaim nyaman berkat dukungan beragam fitur cerdas juga keamanan mumpuni.

Fitur keamanannya meliputi Dual Airbag, ABS, EBD, ESC, EPB, AVH, ISOFIX, TPMS, rear parking, hingga anti-theft alarm.

Berbekal baterai berdaya 26,7 kWh dengan jarak tempuh 300 kilometer untuk tipe Long Range, serta kapasitas baterai sebesar 17,3 kWh untuk varian Standard Range dengan jarak tempuh hingga 200 km. Artinya, Air ev sangat pas digunakan untuk beraktivitas sehari-hari

Tak hanya itu, proses pengisian ulang baterai juga sangat mudah dan bisa dilakukan saat Anda tiba di rumah, berkat adanya sistem Easy Home Charging.

Anda hanya perlu mencolokkan pada sumber listrik dan bisa langsung disalurkan ke Air ev melalui soket jenis AC GB/T, dengan daya listrik minimal 2.200 watt.

Selain itu, harga Wuling Air ev juga makin terjangkau berkat program subsidi atau insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…