Zoho Umumkan Pertumbuhan Pasar Kelas Atas Sebesar 65%, Menambah Investasi di Seluruh Bisnis dan Teknologi

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 05 Mei 2023 - 17:41 WIB

Zoho Menghadirkan Kekuatan dan Nilai Kelas Atas dengan berinvestasi pada Layanan Go-to-Market, Produk Baru, Penyempurnaan Platform, dan Prakarsa di Seluruh AI dan Privasi
Zoho Menghadirkan Kekuatan dan Nilai Kelas Atas dengan berinvestasi pada Layanan Go-to-Market, Produk Baru, Penyempurnaan Platform, dan Prakarsa di Seluruh AI dan Privasi

INDUSTRY.co.id,  Jakarta, Indonesia –Zoho Corporation, sebuah perusahaan teknologi global terkemuka, hari ini mengumumkan investasi besar-besaran di seluruh portofolionya guna mempercepat momentum pasar kelas atas setelah tingkat pertumbuhan rerata tahunannya (CAGR) mencapai 65% selama tiga tahun di segmen pasar menengah dan enterprise. Perusahaan saat ini dengan bangga memiliki lebih dari 90 juta pengguna di lebih dari 600 ribu bisnis global dari berbagai ukuran.

“Dengan karakteristik kuat sebagai perusahaan platform teknologi, kami dapat terus meningkatkan kematangan serta kesiapan kami bagi organisasi besar, dengan berinvestasi di area yang berdekatan,” ujar Sridhar Vembu, CEO Zoho Corporation.

”Akar kami yang sederhana di Usaha Kecil dan Menengah (UKM) telah membantu kami secara sistematis membangun perangkat lunak yang handal dengan fungsionalitas harian yang kuat. Di seluruh produk kami, terdapat ekstensibilitas, kegunaan, kemasan, dan solusi go-to-market. Pengumuman hari ini adalah bukti dari tujuan tersebut, yang membantu pelanggan mengadopsi lebih banyak perangkat lunak kami, menambah kemampuan baru, memperluas platform kami agar sesuai dengan alur kerja granular mereka, dan bersiap untuk masa depan. Baik pelanggan membeli perangkat lunak kami untuk satu departemen atau seluruh organisasi, satu alur kerja atau di sepanjang customer journey, pengalaman menggunakan Zoho akan jauh lebih sederhana dibandingkan dengan vendor besar lainnya."

Zoho mengumumkan investasi penting mereka yang disesuaikan untuk pasar menengah dan bisnis enterprise di seluruh layanan go-to-market, produk baru, ekstensibilitas platform, AI, serta privasi & keamanan. Investasi ini ditujukan untuk mengubah pengalaman pelanggan perusahaan dan secara sistematis memungkinkan kesuksesan pelanggan.

Investasi Go-To-Market Zoho- EBS

Enterprise Business Service, layanan profesional Zoho yang berdedikasi, melayani organisasi besar dengan menghadirkan keahlian di bidang teknik solusi, account management, dan customer success. EBS dari Zoho saat ini melayani lusinan pelanggan global lintas pasar, mulai dari industri layanan keuangan, otomotif, manufaktur, hingga penerbangan. Untuk membantu perusahaan besar mengatur ragam teknologi mereka dengan baik dalam iklim ekonomi saat ini, Zoho berkomitmen untuk mengembangkan grup EBS di semua keterampilan, kedalaman industri, dan kehadiran di regional.

- Kemitraan System Integrator Baru

Selama tiga tahun terakhir, Zoho telah membuat daftar kemitraan dengan perusahaan konsultan teknologi canggih, seperti Tata Consultancy Services, Deloitte, PricewaterhouseCooper, Infosys, Tech Mahindra, Hexaware, dan Wipro, untuk membantu organisasi besar mengimplementasikan teknologi Zoho dan memaksimalkan nilainya. Melalui teknologi centers of excellence, Zoho akan terus berkolaborasi dengan para mitra ini untuk menyempurnakan platformnya sendiri, menetapkan solusi untuk berbagai industri, serta mengembangkan praktik terbaik bagi pelanggan.

- Lokalisme Transnasional

Upaya ekspansi regional yang kuat membantu Zoho mempertahankan pertumbuhan bisnisnya dan komitmennya kepada pelanggan selama pandemi. Tahun lalu, Zoho telah mempercepat upaya ini dengan menambahkan kantor regional baru di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, guna mengembangkan kemampuan account management secara regional dan melayani beragam prioritas organisasi besar dengan lebih baik.

- Global Procurement

Pelanggan kini dapat membayar Zoho dalam lebih dari 15 mata uang di seluruh dunia, dan jumlah ini akan terus bertambah. Oleh karena itu, Zoho dapat mendukung upaya global procurement yang besar, yang biasa dilakukan di sebuah perusahaan besar dengan berbagai tingkat operasi regional, melalui alur pengadaan terpadu yang memanfaatkan faktur multi-currency.

Investasi Platform Zoho

- Ekspansi Marketplace

Diluncurkan tahun 2016, Zoho Marketplace memungkinkan bisnis memperluas penggunaan Zoho dan mengintegrasikannya dengan perangkat lunak yang mereka gunakan. Semuanya dapat dilakukan tanpa memerlukan keahlian IT atau teknik khusus. Saat ini platform tersebut menawarkan lebih dari 1.800 ekstensi dan telah mencapai lebih dari 1 juta instalasi. Organisasi besar juga dapat membuat perluasan pribadi untuk mengatasi perbedaan alur kerja mereka dan menerapkannya ke aplikasi Zoho melalui Zoho Marketplace. Jaringan mitra Zoho telah dilatih dan disertifikasi guna memiliki keterampilan untuk perluasan ini. Zoho Marketplace menerima lebih dari 30.000 instalasi baru setiap bulan, yang menunjukkan kekuatan, interoperabilitas, dan nilai ekosistem yang berkembang ini.

- Ekstensibilitas Teknologi No-code dan Low-code

Keuntungan utama dari teknologi no-code dan low-code dari Zoho adalah kesederhanaan dan kelincahannya. Perusahaan besar dapat beroperasi lebih cepat dengan usaha berkelanjutan yang jauh lebih sedikit dan biaya overhead yang lebih rendah dalam pemeliharaannya. Zoho menghadirkan kemampuan teknologi low-code untuk mempercepat setiap tahap implementasi, seperti desain UX (Canvas), pengumpulan data (Wizards), orkestrasi alur kerja (Blueprint dan Flow), kontrol akses yang kuat (Zoho Directory), dan aplikasi kustom (Creator), yang membantu bisnis mengimplementasikan solusi dengan cepat dan memeliharanya secara efisien. Dasar bahasa skrip Zoho lah yang mendukung ekstensibilitas praktis ini. Di saat yang sama, Zoho Marketplace membantu menyederhanakan penerapan dan pengelolaan ekstensi tersebut.

Aplikasi Baru dan Penyempurnaan Zoho

- Perangkat Lunak Manajemen Kontrak

Memperkenalkan Zoho Contracts, solusi manajemen siklus kontrak yang komprehensif, yang meningkatkan tata kelola dan memitigasi risiko bisnis dengan memusatkan pada pembuatan kontrak, persetujuan, negosiasi, dan tanda tangan dalam satu solusi privat yang aman. Menggabungkan visibilitas penuh di setiap tindakan dalam sebuah proses kontrak dengan Zia, mesin AI Zoho yang andal, yang dapat memicu pengingat dan mengotomatiskan alur kerja. Zoho Contracts memungkinkan organisasi besar untuk mengelola langkah-langkah yang kompleks ini secara sederhana dan tepat, guna mendorong bisnis dan pertumbuhan baru.

- Transformasi Data untuk CX

Zoho DataPrep kini sangat terintegrasi dengan Zoho CRM yang memungkinkan pengguna mengubah, membersihkan, dan memformat data pelanggan dalam sistem CRM mereka untuk kebutuhan analitik, machine learning, migrasi, dan penyimpanan data. Dengan memanfaatkan kekuatan integrasi baru ini, pengguna dapat menghilangkan duplikat dan memvalidasi informasi secara massal, yang membuat migrasi data dari sistem CRM pihak ketiga lebih mudah dan lebih tepat.

Investasi Keamanan dan Privasi Zoho

- Identitas & Autentikasi

Memperkenalkan Zoho OneAuth, aplikasi autentikasi multi-faktor yang komprehensif, yang kini menyertakan Smart SignIn dan Passkey Support, memungkinkan login pengguna lintas perangkat secara otomatis dan bantuan akses akun. OneAuth saat ini adalah solusi lengkap dan tangguh, yang memastikan standar privasi dan keamanan tertinggi namun dengan akses akun sederhana untuk pengguna resmi di mana pun mereka berada dan di perangkat apa pun.

- Manajemen Direktori

Zoho Directory adalah platform yang aman untuk identitas tenaga kerja dan manajemen akses yang mendukung lebih dari 250 integrasi bawaan. Modul Otentikasi dan SignOn Zoho Directory telah terbukti dengan lebih dari 100 juta pengguna dari Zoho dan ManageEngine, melayani kebutuhan perusahaan multinasional termasuk Disney, AT&T, dan Sony.

- Browser Web yang Berfokus pada Privasi

Peluncuran Ulaa, browser web yang mengutamakan privasi dari Zoho dengan pemblokir iklan dan pelacak bawaan, melindungi pengguna dari ancaman pelanggaran data, phishing, dan serangan malware. Ulaa adalah komitmen jangka panjang Zoho berikutnya terhadap privasi, melindungi konsumen dan bisnis, dengan menangani potensi ancaman secara proaktif setiap kali pengguna online. Browser web tersebut dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan penyesuaian privasi, mode profil pengguna bawaan, dan alat produktivitas terintegrasi untuk menyediakan fungsionalitas penuh sekaligus menjaga data pengguna tetap aman dan terlindungi.

Investasi pada AI

- AI Generatif

Zoho melakukan investasi dan inovasi yang cukup besar seputar strategi dan implementasi AI kelas atas. Hari ini, perusahaan telah meluncurkan ChatGPT untuk Zoho, yang menggabungkan kekuatan perangkat lunak AI generatif eksternal OpenAI dengan Zia, mesin AI internal Zoho yang canggih. Integrasi ini menjembatani kesenjangan antara publik, informasi eksternal, dan kecerdasan dengan data internal dan pribadi, yang memungkinkan organisasi menggerakkan data dan mengotomatiskan tindakan berdasarkan tampilan pasar secara menyeluruh.

ChatGPT untuk Zoho memungkinkan pelanggan baru dan pelanggan lama untuk mengakses kekuatan AI generatif dengan lancar di seluruh aplikasi Zoho, dimulai dengan Desk, Social, Writer, Mail, Assist, SalesIQ, dan Landing Pages. Integrasi ini memungkinkan pengguna menangani hal-hal penting dalam pembuatan konten melalui model percakapan AI. Ke depan, kemampuan AI juga dapat digunakan untuk menangani model lain, termasuk pembuatan gambar, terjemahan, dan speech-to-text.

- AI Internal dari Zoho

Selain mengutilisasi kemampuan ChatGPT, Zoho juga terus mengembangkan cakupan dan kemampuan Zia, mesin AI internal Zoho. Saat ini Zia telah berkembang pesat, yang membantu organisasi besar dalam analisis terukur, komunikatif (melalui Ask Zia), analisis laporan cerdas, prediksi penjualan, tindakan preskriptif, layanan tata bahasa dan terjemahan, deteksi anomali, pencarian terpadu dengan konteks seluruh organisasi, dan daftar panjang aplikasi lainnya . Semuanya ditujukan untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan privasi bisnis skala menengah dan perusahaan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penampilan memukau Ruth Sahanaya di konser “40 Tahun Simfoni Dari Hati”.

Minggu, 23 Juni 2024 - 19:28 WIB

Kemegahan Penampilan Ruth Sahanaya Setelah 15 Tahun

Ruth Sahanaya membuktikan janjinya akan membuat penonton konsernya puas dengan sajian 33 lagu yang dikemas dengan apik oleh Tohpati Orkestra.

(Ki-ka). Peresmian dilakukan oleh Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna, Ketua Lembaga Wakaf MES Nurul Huda, SVP Islamic Ecosystem Solution BSI Syukron Habiby dan Badan Pengurus Harian MES Siti Marifah

Minggu, 23 Juni 2024 - 17:49 WIB

BSI & MES Luncurkan Deposito Wakaf untuk Jaminan Sosial Pekerja Informal

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) berkolaborasi meluncurkan program cash wakaf linked deposito dengan nomor seri CWLD LW-MES.BSI.03.Pekerja Informal pada…

Kelompok Tani Dahlia 07 Cempaka Putih Jakarta pusat

Minggu, 23 Juni 2024 - 17:41 WIB

Didukung BRINita, Kelompok Tani Ini Sulap Lahan Terbengkalai Jadi Produktif

Warga yang tinggal di sekitar area RW 07 Cempaka Putih Barat, Jakarta, merasakan perubahan positif di lingkungan tempat tinggal mereka. Jika dulunya sebidang lahan terbengkalai yang tampak tidak…

BTN JAKARTA INTERNATIONAL MARATHON 2024 SUKSES DIGELAR

Minggu, 23 Juni 2024 - 16:12 WIB

BTN Jakarta International Marathon 2024 Sukses Digelar

Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) sukses menggelar ajang BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 pada Minggu,…

Pekerja di industri keramik (foto Bisnis.com)

Minggu, 23 Juni 2024 - 14:35 WIB

Asaki Desak Bea Masuk Diatas 100% untuk Produk Keramik Impor

Asaki mendesak KADI untuk segera mengeluarkan hasil akhir penyidikan Antidumping terhadap produk keramik Tiongkok dalam bulan Juni ini dengan besaran di atas 100%.