Sandiaga Uno: Tarif Parkir Mahal jadi 'Biang Kerok' Sepinya Kunjungan Wisatawan ke Yogyakarta

Oleh : Ridwan | Rabu, 03 Mei 2023 - 09:01 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kunjungan wisatawan di Yogyakarta pada periode libur Lebaran 2023 tak seramai tahun lalu. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah meningkatnya tarif parkir di Yogyakarta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno angkat bicara mengenai keluhan para wisatawan tentang tarif parkir naik lima kali lipat di Yogyakarta dan sempat viral di media sosial.

Menurut Sandiaga Uno, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Yogyakarta mengenai tarif parkir kendaraan yang naik lima kali lipat pada masa Hari Raya Idulfitri 1444.

"Jumlah kunjungan wisatawan ke Yogyakarta dikabarkan menurun (salah satu faktornya akibat polemik tarif parkir), ini lagi kita cek ya karena belum terkonfirmasi," kata Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi yang digelar secara hybrid pada Selasa (2/5).

Dirinya menjelaskan bahwa jika tarif parkir yang naik lima kali lipat tersebut sudah menjadi kebijakan Pemda DI Yogyakarta, maka sebaiknya dilakukan sosialisasi terlebih dulu, sehingga wisatawan tidak kaget dan menjadi keluhan selama berwisata ke Yogyakarta.

"Jadi saya minta soal tarif parkir ini dilakukan sosialisasi yang baik lebih dulu," terangnya.

Sandiaga Uno juga angkat bicara perihal pungutan liar (pungli) yang masih marak dilakukan di beberapa destinasi wisata di masa libur Lebaran 2023. 

"Hal ini berulang kali terjadi dan digitalnya akan ada. Saya sangat yakin bahwa untuk mendapatkan rekomendasi bagi kunjungan wisatawan berikutnya orang akan berpikir dua kali," katanya.

"Saya titip pesan yang sangat tegas bahwa instruksi saya agar pengelola wisata ini mengawasi dan menindak tegas yang melanggar kesepakatan ini. Tentunya harus ada sanksi," tambah Menparekraf.

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pariwisata untuk menyerukan kepada pengelola-pengelola wisata yang nakal untuk mendapatkan sanksi. 

"Yang sampai paling beratnya itu adalah pencabutan izin dalam beroperasi," katanya.

"Kami menyadari ini adalah tahun pertama kita selesai dari PPKM tapi bukan artinya kita meningkatkan biaya yang sangat tinggi, masyarakat mengeluhkan biaya tiket mahal, biaya hidup yang tidak terjangkau. Kita harus lebih berempati dan masukan-masukan ini terus kita olah," tutup Sandi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…