Berlangsung Sukses, Gelaran Hannover Messe Bawa 'Berkah' Bagi Indonesia

Oleh : Ridwan | Selasa, 02 Mei 2023 - 16:30 WIB

Dirjen KPAII Kemenperin, Eko S.A. Cahyanto saat kegiatan Closing Press Conference Hannover Messe 2023
Dirjen KPAII Kemenperin, Eko S.A. Cahyanto saat kegiatan Closing Press Conference Hannover Messe 2023

INDUSTRY.co.id - Jerman - Pada penghujung pagelaran Hannover Messe 2023, Deutsche Messe AG (DMAG) menyelenggarakan kegiatan Closing Press Conference yang berlokasi di Industrial Transformation Conference Stage, Hall 3, Hannover Messe Fairgrounds. 

Bersama dengan Chief Executive Officer (CEO) DMAG dan Presiden Asosiasi Industri Jerman, Verband der Elektro- und Digitalindustrie (ZVEI), Direktur Jenderal Ketahanan Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Eko S.A. Cahyanto mengisi press conference dimaksud pada Jumat (21/04) pukul 11 waktu setempat.

“Sebagai partner country, Indonesia merasa sangat senang dapat menjadi bagian dari pagelaran pameran industri terbesar yang membawa dampak positif terhadap peningkatan investasi di Indonesia” ucap Dirjen KPAII. 

Selama pameran, pengunjung yang hadir menyampaikan respon positif atas penyelenggaraan program Indonesia sebagai Partner Country Hannover Messe 2023. 

Adapun program yang dimaksud meliputi pagelaran seni yang ditampilkan saat opening ceremony, opening Indonesia Paviliun, country night, business summit, dan beberapa konferensi. 

Kesuksesan Indonesia sebagai partner country juga tergambar dari banyaknya pengunjung di Indonesia Paviliun dan 157 co-exhibitors. 

Dr. Gunther Kegel, Presiden ZVEI menyatakan bahwa kendati terdapat demo di beberapa area di Jerman pada waktu yang bersamaan, Hannover Messe 2023 masih berjalan dengan kondusif dengan jumlah pengunjung yang mencapai ratusan ribu orang. 

Selain kalangan pebisnis, Hannover Messe juga berhasil menarik sejumlah delegasi politisi dari 50 negara untuk turut hadir dan berkontribusi. Hal ini menjadikan Hannover Messe menjadi pagelaran yang unggul dibandingkan pameran industri lainnya.

Lima hari penyelenggaraan Hannover Messe memberikan optimisme kepada 4,000 exhibitors untuk mengintegrasikan industri berkelanjutan. 

Dr. Jochen Köckler, CEO DMAG menyampaikan bahwa dari sekitar 130.000 pengunjung Hannover Messe memiliki visi yang sama, yakni untuk mendukung industri yang lebih kompetitif dengan climate neutral. 

Adapun 43% pengunjung Hannover Messe 2023 berasal dari luar Jerman, seperti Cina, Korea, Belanda, dan Amerika. 

Dari sekian banyak jumlah pengunjung, diyakini sekitar 75% berkunjung ke Indonesia Paviliun dan juga ke 157 co-exhibitors asal Indonesia yang terletak di Hall 2, Hannover Messe Fairgrounds.

Sejalan dengan kondisi sektor perindustrian Indonesia yang kian membaik pasca pandemi Covid-19, kesempatan emas Indonesia sebagai partner country untuk yang ketiga kalinya telah berbuah manis. 

Tercatat sampai dengan penutupan Hannover Messe 2023, terdapat 1 kesepakatan kerja sama G to G, 4 kesepakatan kerja sama G to B, dan 25 kesepakatan kerja sama B to B yang diproyeksikan dapat menciptakan lapangan kerja sekitar 80.000 orang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto kiri-kanan (Markus Rozano Antar Prasetyo - Bung Kepra selaku Ketua Koordinator Pergelaran; Dirjen Bimas Budha Supriyadi; Ketua Umum Panitia Acara Siddhartha The Musical, Sutina Irsan)

Sabtu, 25 Mei 2024 - 02:40 WIB

Keren! Hadir Kembali Setelah 17 Tahun, Siddhartha The Musical Sukses Hipnotis Warga Jakarta

Jakarta- Kerinduan warga Jakarta, khususnya umat Budha akan Siddhartha The Musical akhirnya terobati. Penampilan para seniman panggung Siddharta The Musical sukses menghipnotis warga yang memadati…

[Ki-Ka] M. Ade Kurniawan - CEO of ACSI, Jaja Ahmad Subarja - President Director of ACSI Corp, Yusup

Jumat, 24 Mei 2024 - 21:22 WIB

Kukuhkan Kepemimpinan Teknologi Lingkungan, Cetta Akuisisi EAS.ai

Akuisisi EAS.ai akan memperkuat posisi Cetta sebagai pemimpin dalam industri teknologi lingkungan di Indonesia dengan mengembangkan kemampuan teknologi AI-nya serta membuka peluang pasar baru.

Kegiatan CSR PT Krakatau Sarana Properti

Jumat, 24 Mei 2024 - 16:48 WIB

PT. Krakatau Sarana Properti Gelar Kegiatan CSR Bidang Pendidikan dan Lingkungan di Provinsi Banten

PT. Krakatau Sarana Properti (KSP) baru saja menggelar aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang rutin dilaksanakan di wilayah Cilegon maupun juga disekitar daerah Provinsi Banten.…

Apartemen

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:42 WIB

Sentimen Positif Dorong Permintaan Apartemen di Jakarta Selama Paruh Kedua Tahun 2024

Colliers memperkirakan permintaan apartemen di Jakarta akan mengalami peningkatan sepanjang sisa semester tahun ini, terutama pada paruh kedua dengan penetapan pemerintahan baru dan kondisi…

PT Charoen Pokphand Indonesia

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:18 WIB

Citi Indonesia Rampungkan Kesepakatan Fasilitas Kredit Sindikasi Bergulir untuk Charoen Pokphand

Citibank Indonesia (Citi Indonesia), bertindak sebagai Bank Koordinator Tunggal, telah sukses menyelesaikan kesepakatan fasilitas kredit sindikasi bergulir (syndicated revolving credit facilities)…