Pemerintah dan Ormas Saling Membantu Mengurangi Beban Masyarakat

Oleh : Herry Barus | Jumat, 28 April 2023 - 03:24 WIB

Pendiri lembaga konsultasi Komunikasi Publik Escomm Institute (INDONESIACHANNEL) Eman Sulaeman Nasim (Tengah)
Pendiri lembaga konsultasi Komunikasi Publik Escomm Institute (INDONESIACHANNEL) Eman Sulaeman Nasim (Tengah)

INDUSTRY.co.id -  Jakarta - Saat ini pemerintah belum dapat menyediakan lapangan pekerjaan yang cukup. Saat pemerintah  belum mampu  melakukan peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM) bagi seluruh lapisan masyarakat lewat berbagai sarana pendidikan menengah dan tinggi serta belum dapat menjamin keamanan lingkungan secara merata, keberadaan organisasi masyarakat (ormas) masih sangat diperlukan baik oleh masyarakat maupun pemerintah. Ormas juga dapat dibina pemerintah menjadi agen perubahan dan pembangunan ( agent of change ). Tidak sedikit program pembangunan pemerintah sukses berkat bantuan Ormas.

               Hal tersebut disampaikan pengamat kebijakan publik dari Universitas Indonesia (UI) yang juga pendiri lembaga konsultasi Komunikasi Publik  Escomm Institute (INDONESIACHANNEL)  Eman Sulaeman Nasim, dan  salah seorang pimpinan Ormas Badan Pembinaan Potensi keluarga Besaer (BPPKB) Banten, Asik Ahmad Isen atau yang akrab dipanggil Abah Uwoh kepada pers kemarin di Bogor, usai acara silaturahim dan diskusi tentang Ormas dan Pemilu 2024.

               “Salah satu Ormas yang diperlukan oleh pemerintah dan masyarakat adalah BPPKB Banten. Ormas ini sudah membantu pemerintah dalam melakukan pembinaan potensi generasi muda  khususnya yang ada di Banten maupun provinsi Jawa Barat. Selain itu,  Ormas ini juga sudah mampu menciptakan lapangan pekerjaan maupun menyalurkan para pemuda Banten dan Jawa Barat yang putus sekolah ke berbagai bidang industri,” papar putera asli Kabupaten Bogor yang juga Dosen Komunikasi Publik di Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI  dan beberapa perguruan tinggi terkemuka lainnya.

               Lebih lanjut, aktifis mahasiswa UI tahun 1990 an yang pernah menjadi Ketua Umum Senat Mahasiswa Universitas Indonesia (UI), sekarang bernama BEM UI ini menjelaskan, hampir di setiap daerah dimana terjadi bencana alam, BPPKB  Banten menjadi salah satu ormas yang pertama yang datang memberikan bantuan kepada masyarakat korban bencana. Salah satunya yang terjadi di Kabupaten Banten belum lama ini.

               “Ormas BPPKB Banten, dari berbagai pengurus Kabupaten dan Kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor, termasuk yang pertama datang memberikan pertolongan dan bantuan kepada saudara saudara kita yang terkena musibah di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat,” jelas Eman Sulaeman Nasim.

               Menurut Penasehat Presidium Bogor Timur ini, Eman Sulaeman Nasim, BPPKB Banten, termasuk Ormas yang mendapatkan pujian dari berbagai pemerintah daerah khususnya Provinsi Banten dan Jawa Barat. Selain kiprahnya dalam membantu memberdayakan masyarakat dan memberikan pertolongan serta bantuan di berbagai daerah terkena bencana, organisasi ini juga tidak pernah melakukan tindakan yang berlawanan dengan hukum serta tidak pernah melakukan perbuatan yang merugikan kelompok maupun anggota masyarakat manapun.

               “Itu sebabnya, organisasi BPPKB Banten, hingga saat ini Namanya tetap harum dan akan selamanya harum baik di mata pemerintah maupun masyarakat. Sebab tidak pernah dan tidak akan melakukan perbuatan yang memberatkan anggota masyarakat apalagi yang berlawanan dengan hukum. BPPKB Banten akan selalu menjadi mitra penting pemerintah khususnya pemerintah yang ada di Provinsi Jawa Barat dan Banten,” tegas Sekjen SOLUSI UI, Eman Sulaeman Nasim.

               Di tempat yang sama, ketua BPPKB Banten Kabupaten Bogor, Asik Ahmad Isen atau Abah Uwoh menegaskan, BPPKB Banten khususnya BPPKB Banten tetap memerlukan bimbingan dan dukungan pemerintah. Baik Pemerintah Pusat, pemerintah Provinsi maupun pemerintah Kabupaten. Sehingga dalam melakukan kegiatan sosialnya, BPPKB Banten bukan hanya bermanfaat bagi masyarakat tetapi juga sesuai dengan program program pembangunan yang sudah dicanangkan pemerintah.

               “BPPKB Banten tetap memerlukan bimbingan dari pemerintah serta akan selalu mendukung program dan kebijakan pemerintah baik pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah daerah selagi program tersebut berorintasi bagi kepentingan dan peningkatan kesejahteraan bangsa atau masyarakat luas,” tegas Asik Ahmad Isen atau Abah Uwoh.

               Lebih lanjut Abah Uwoh menjelaskan, Ormas masih diperlukan, sebab tidak sedikit kelompok masyarakat yang lebih mempercayai tokoh Ormas seperti BPPKB Banten dari pada mempercayai  himbauan ataupun kebijakan pemerintah daerah. Dengan bantuan dan Kerjasama antara pemerintah dengan para tokoh BPPKB Banten, berbagai program dan kebijakan yang ingin disukseskan pemerintah dapat diikuti masyarakat dan berhasil mencapai tujuan.

Dukung Proporsional Terbuka

               Salah satu program pemerintah dan program rutin  negara sesuai konstitusi dalam waktu dekat  adalah Pemilihan Umum (Pemilu). Baik pemilihan Presiden,  pemilihan anggota DPR RI maupun DPRD serta DPD RI. BPPKB Banten khususnya BPPKB Kabupaten Bogor siap mensukseskan terselenggaranya Pemilu secara aman dan damai. Sehingga tercipta transisi kepemimpinan secara demokratis dan aman.

 

               “BPPKB Banten Kabupaten Bogor mendukung apa yang telah menjadi keputusan bangsa dan negara yang diputuskan  lewat DPR RI. Jika Pemilihan Presiden tetap lewat pemilihan langsung, BPPKB Banten Kabupaten Bogor akan ikut membantu mensukseskan dan mengamankan sehingga Pemilihan Presiden bisa berlangsung dengan baik dan aman. Calon yang terbaik yang memperhatikan dan mengutamakan kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia yang diharapkan terpilih,” tegas Ketua BPPKB Banten Kabupaten Bogor, Abah Uwoh       

Demikian halnya dengan pemilihan anggota DPR RI atau DPD RI (Pileg). Jika Pemilihan Presiden dilakukan secara langsung oleh rakyat, maka sudah sepantasnya, Pemilihan anggota DPR RI pun dilakukan secara terbuka, langsung oleh rakyat. Sehingga rakyatlah atau masyarakat suatu daerah pemilihan (Dapil) lah yang pantas menentukan siapa wakil rakyat yang pantas mewakili masyarakat suatu Dapil yang akan duduk di DPR RI.

               “Karena itu kami berharap agar Mahkamah Konstitusi  memutuskan sistem Pileg DPR RI tahun 2024 tetap sistem Proporsional Terbuka. Sehingga yang menentukan siapa yang pantas mewakili suatu masyarakat di setiap Dapil adalah warga Dapil itu sendiri. Bukan hanya ketua atau elit Parpol,” papar  Ketua BPPKB Banten Kabupaten Bogor, Asik Ahmad Isen atau yang akrab dipanggil abah Uwoh.

               Menurut Abah Uwoh, pihak BPPKB Banten Kabupaten Bogor akan berpartisipasi secara aktif dalam Pileg tahun 2024 yang akan datang. Salah satu alasannya, karena BPPKB Banten Kabupaten Bogor memiliki kader yang juga pengurus BPPKB Banten kabupetan Bogor  yang dipercaya oleh salah satu Parpol Islam peserta Pemilu, , untuk menjadi Caleg DPR RI.

               “Caleg tersebut adalah warga Kabupaten Bogor Asli. Pengurus BPPKB Banten Kabupaten Bogor. Seorang Cendekiawan. Sehari hari berprofesi sebagai dosen, dan insya Allah amanah sehingga dapat membawa dan menyuarakan aspirasi dan kepentingan BPPKB Banten khususnya BPPKB Banten Kabupaten Bogor di tingkat nasional maupun daerah,” papar Asik Ahmad Isen atau yang akrab dipanggil abah Uwoh.

               Abah Uwoh berharap apabila terpilih, kadernya dapat ikut membangun dan memajukan BPPKB Banten bukan hanya di tingkat Kabupaten Bogor tapi juga di tingkat provinsi Banten dan Provinsi Jawa Barat serta nasional. Bila MK sudah memutuskan sistem Pemilu apa yang akan dipakai, dan bila sudah memasuki masa kampanye pemilu, Kader BPPKB Banten Kabupaten Bogor yang diusung menjadi Caleg DPR RI akan diperkenalkan kepada masyarakat umum khususnya  anggota BPPKB Banten Kabupeten Bogor untuk didukung secara bersama sehingga terpilih menjadi anggota DPR RI. Saat ini baru disosialisasikan secara internal ke pengurus BPPKB Banten Kabupaten Bogor. (*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kawiyan, Komisioner KPAI dan Astrid Gonzaga Dionisio, Spesialis Perlindungan Anak UNICEF Indonesia

Rabu, 19 Juni 2024 - 21:07 WIB

Orang Tua Garda Depan Bentuk Anak Cerdas Literasi Digital

Jakarta, FMB9 - Di era yang serba canggih saat ini, anak-anak tumbuh di lingkungan yang dikelilingi berbagai perangkat digital yang menawarkan informasi tanpa batas. Oleh karena itu, orang tua…

Kemenparekraf Dukung BTN JAKIM 2024

Rabu, 19 Juni 2024 - 20:00 WIB

Kemenparekraf Dukung BTN JAKIM 2024

Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyambut positif penyelenggaraan BTN Jakarta International Marathon (BTN JAKIM) 2024 yang akan berlangsung pada Minggu,…

KKP Tugaskan PSDKP Tangkap Gembong Penyelundupan BBL

Rabu, 19 Juni 2024 - 19:05 WIB

Kerugian Negara Imbas Penyelundupan Lobster Capai Triliunan Rupiah, KKP Tugaskan PSDKP Tangkap Gembong Penyelundupan

Jakarta- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan perang dengan para pelaku penyelundupan bening bening lobster (BBL). Operasi pengawasan akan ditingkatkan untuk membidik gembong…

BSI Internasional Expo 2024

Rabu, 19 Juni 2024 - 18:45 WIB

Libatkan Potential Buyer dari 18 Negara Sahabat, BSI Siap Fasilitasi UMKM Akses Pasar Global

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) siap memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam negeri untuk mengakses pasar global melalui business matching dengan potential buyer…

Pemeriksaan fisik hewan kurban yang akan dibagikan SIG oleh tim Dinas Kesehatan Tuban di Dusun Koro, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Rabu, 19 Juni 2024 - 18:45 WIB

Iduladha 2024, SIG Bagikan 331 Hewan Kurban di 23 Provinsi

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), pada Iduladha 1445 H ini membagikan hewan kurban sebanyak 331 ekor yang tersebar…