Sah! Ganjar Pranowo Jadi Capres PDIP

Oleh : Candra Mata | Jumat, 21 April 2023 - 21:37 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Grid.id)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Grid.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri telah secara resmi mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang akan diusung PDIP di Istana Batu Tulis, Kota Bogor, Jumat (21/4/2023) siang.

Meski sebagai partai pemenang dan bisa menentukan calon wakil presidennya sendiri, Direktur PoliEco Digital Insights Institute (PEDI), Anthony Leong mengatakan bahwa kemenangan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 sangat tergantung pada siapa yang akan menjadi pasangannya sebagai cawapres. Menurut Anthony, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) juga akan memainkan peran penting dalam menentukan dan mendorong pilihan cawapres yang tepat untuk PDIP.

"KIB tentunya berperan penting dalam menentukan cawapres Ganjar nanti jika KIB dan PDIP bisa berkoalisi. Ada beberapa nama, seperti Sandiaga Uno mewakili PPP, Erick Thohir bisa mewakili PAN, Ridwan Kamil dari Golkar. Ketum Golkar Airlangga tentu punya potensi juga. Ini menjadi tugas koalisi PDIP jika mau menang harus menetukan cawapres yang tepat," kata Anthony melalui keterangan tertulisnya kepada redaksi INDUSTRY.co.id  (21/4).

Anthony menambahkan bahwa pengumuman Ganjar sebagai capres hari ini merupakan hal yang positif menjelang Hari Idul Fitri ini.

"Ini hal yang baik dan momentumnya cukup positif. Bisa gunakan momen halal bihalal untuk komunikasi politik yang baik dan membangun komunikasi elite dan sebagainya. Megawati pilih timing yang tepat," ujar Anthony.

Anthony menyebut jika PDIP segera konsolidasi untuk menentukan cawapresnya akan menambah elektoral yang kini telah dimiliki. Menurut CEO Menara Digital itu dari analisa percakapan media sosial elektabilitas Ganjar tidak terlalu signifikan menurun karena isu piala dunia U-20.

"Masyarakat tentu ingin ada perubahan di dunia sepakbola kita tapi statement Ganjar  tidak terlalu memberikan kontribusi negatif untuk elektabilitas. Prediksi ke depan bisa jadi tiga pasangan di 2024. Kita lihat dinamika beberapa bulan ini menjelang pendaftaran nanti," ujar Anthony.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dato Sri Mohammed Shaheen raih APEA 2024.

Jumat, 21 Juni 2024 - 00:28 WIB

Sukses Kembangkan Riyaz Group, Dato Sri Mohammed Shaheen Raih APEA 2024

Dato Sri Mohammed Shaheen pun mengungkap rahasia suksesnya mengembangkan Riyaz Group hingga mendapatkan penghargaan APEA 2024.

Komitmen BPDPKS terhadap peremajaan sawit rakyat

Kamis, 20 Juni 2024 - 23:00 WIB

BPDPKS, Aspekpir dan PalmCo Dorong Percepatan PSR di Sumut dan Aceh

Ratusan petani kelapa sawit dari Provinsi Sumatra Utara dan Aceh mengikuti Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Pola Kemitraan yang diselenggarakan di Medan,…

Modena dukung Ubud Food Festival 2024

Kamis, 20 Juni 2024 - 22:57 WIB

Modena Dukung Ubud Food Festival 2024, Lelang Kompor Freestanding

Didukung Modena, Ubud Food Festival 2024 bertujuan untuk merayakan keanekaragaman kuliner dan budaya Indonesia, serta menggalang dana guna mendukung program-program komunitas lokal.

Direktur Investasi PT ASABRI (Persero) Jeffry Haryadi P. Manullang didampingi Sekretaris Perusahaan, Okki Jatnika dan Kepala Kantor Cabang Utama Jakarta, Aris Karyawan bersama dengan Mitra Bayar Bank Mandiri Taspen yang diwakili oleh Distribution Head, Pande Putu Rambiawan menyerahkan manfaat Program Tabungan Hari Tua (THT) dan Jaminan Pensiun kepada Komjen Pol (Purn) Prof. Dr. Gatot Eddy Pramono, Msi

Kamis, 20 Juni 2024 - 22:46 WIB

Komjen Pol (Purn) Gatot Eddy Pramono Terima Pensiunan dari ASABRI

ASABRI Serahkan Manfaat Tabungan Hari Tua (THT) dan Jaminan Pensiun Pertama Kepada Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Komjen Pol (Purn) Gatot Eddy Pramono 

Wuling Alvez

Kamis, 20 Juni 2024 - 20:33 WIB

Harga Mulai Rp214 Juta, Wuling Alvez Paling Unggul di Segmen SUV Kompak

Wuling Motors turut meramaikan segmen sport utility vehicle (SUV) kompak dengan memasarkan Alvez. Memiliki segudang fitur dan spesifikasi, Alvez dinilai sebagai SUV kompak paling sepadan.