Riset Menara Digital: Erick Thohir - Susi Pudjiastuti Jadi Nomonasi Cawapres 2024 Pilihan Netizen

Oleh : Herry Barus | Minggu, 16 April 2023 - 01:27 WIB

Anthony Leong Pakar Komunikasi Digital
Anthony Leong Pakar Komunikasi Digital

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Hasil riset big data terbaru terkait perbincangan netizen mengenai elektabilitas para calon wakil presiden pada pemilihan presiden dan wakil presiden semakin melonjak. Riset big data dilakukan oleh Menara Digital selama kurun waktu 05 Januari – 05 April 2023.

Ada enam nama kandidat yang hangat diperbincangkan oleh netizen, diantaranya: Erick Thohir, Sandiaga Uno, Muhaimin Iskandar, Agus Harimurti Yudhoyono, Khofifah Indar Parawansa, dan Susi Pudjiastuti.

Keenam nama tersebut sering digadang-gadang oleh para pengamat dan lembaga survey baik popularitas dan elektabilitasnya. Pakar Digital dan Pengamat Media Sosial, Anthony Leong memaparkan hasil risetnya terkait keenam nama kandidat. Bahwa selama periode analisis tersebut perbincangan netizen ada sebanyak 199.288 data.

“Total perbincangan netizen dari semua sumber ada sebanyak 199.288 data. Terbanyak pertama diduduki oleh Erick Thohir dengan jumlah perbincangan 81.106. kemudian disusul Sandiaga Uno jumlah 44.780 perbincangan, Muhaimin Iskandar jumlah 34.397, Agus Harimurti Y jumlah 19.391, Khofifah Indar P jumlah 17.956, dan Susi Pudjiastuti jumlahnya 1.758 data perbincangan,” jelas Anthony pada keterangannya (14/4).

Urutan persentase perbincangan netizen terhadap keenam kandidat ialah pertama Erick Thohir sebesar 40.6%, Kedua Sandiaga Uno 22.5%, Ketiga Muhaimin Iskandar 17.3%, Keempat Agus Harimurti Yudhoyono 9.7%, Kelima Khofifah Indar P 9%, dan Keenam Susi Pudjiastuti 0.9%.

"Berdasarkan persentase tersebut Erick Thohir kokoh dipuncak, kemudian disusul Sandiaga Uno,” sambungnya.

Hal unik dalam riset big data menurut Anthony, meskipun AHY posisinya berada di urutan keempat dan Khofifah berada di urutan kelima. Akan tetapi sentimen positif kepada Khofifah lebih besar daripada AHY. Dimana jumlah sentimen Agus sebesar 14.661 sedangkan Khofifah sebesar 144.835. Demikian juga sentimen negatifnya, dimana Khofifah lebih kecil 2.276 data daripada AHY sebesar 3.637 data.

 

Selain jumlah dan persentase perbincangan, CEO Menara Digital itu menambahkan terkait topik-topik perbincangan mengenai tiga kandidat calon wakil presiden yang teratas. Topik perbincangan mengenai Erick Thohir seputar Erick berpasangan dengan Prabowo Subianto. Topik perbincangan Sandiaga Uno seputar deklarasikan PPP terhadap Sandiaga Uno sebagai calon presiden. Sedangkan topik perbincangan Muhaimin seputar ideologi partai terkait Politik Kesetaraan PKB oleh Gus Muhaimin Iskandar.

"Hasil riset kami juga menganalisa distribusi data provinsi perbincangan netizen terkait keenam kandidat. Posisi data perbincangan Erick Thohir hampir mendominasi di semua provinsi terkecuali di wilayah Provinsi Jawa Timur yaitu Khofifah Indar Parawansa. Kemudian distribusi sebaran data perbincangan Sandiaga Uno kedua yang mendominasi pada semua provinsi. Ini momentum dan masih banyak waktu untuk para kandidat capres cawapres memberikan konsep besar dalam hadirkan solusi terbaik untuk masyarakat," ujar Mahasiswa Program Doktoral Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran itu

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…