Riset Menara Digital: Erick Thohir - Susi Pudjiastuti Jadi Nomonasi Cawapres 2024 Pilihan Netizen

Oleh : Herry Barus | Minggu, 16 April 2023 - 01:27 WIB

Anthony Leong Pakar Komunikasi Digital
Anthony Leong Pakar Komunikasi Digital

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Hasil riset big data terbaru terkait perbincangan netizen mengenai elektabilitas para calon wakil presiden pada pemilihan presiden dan wakil presiden semakin melonjak. Riset big data dilakukan oleh Menara Digital selama kurun waktu 05 Januari – 05 April 2023.

Ada enam nama kandidat yang hangat diperbincangkan oleh netizen, diantaranya: Erick Thohir, Sandiaga Uno, Muhaimin Iskandar, Agus Harimurti Yudhoyono, Khofifah Indar Parawansa, dan Susi Pudjiastuti.

Keenam nama tersebut sering digadang-gadang oleh para pengamat dan lembaga survey baik popularitas dan elektabilitasnya. Pakar Digital dan Pengamat Media Sosial, Anthony Leong memaparkan hasil risetnya terkait keenam nama kandidat. Bahwa selama periode analisis tersebut perbincangan netizen ada sebanyak 199.288 data.

“Total perbincangan netizen dari semua sumber ada sebanyak 199.288 data. Terbanyak pertama diduduki oleh Erick Thohir dengan jumlah perbincangan 81.106. kemudian disusul Sandiaga Uno jumlah 44.780 perbincangan, Muhaimin Iskandar jumlah 34.397, Agus Harimurti Y jumlah 19.391, Khofifah Indar P jumlah 17.956, dan Susi Pudjiastuti jumlahnya 1.758 data perbincangan,” jelas Anthony pada keterangannya (14/4).

Urutan persentase perbincangan netizen terhadap keenam kandidat ialah pertama Erick Thohir sebesar 40.6%, Kedua Sandiaga Uno 22.5%, Ketiga Muhaimin Iskandar 17.3%, Keempat Agus Harimurti Yudhoyono 9.7%, Kelima Khofifah Indar P 9%, dan Keenam Susi Pudjiastuti 0.9%.

"Berdasarkan persentase tersebut Erick Thohir kokoh dipuncak, kemudian disusul Sandiaga Uno,” sambungnya.

Hal unik dalam riset big data menurut Anthony, meskipun AHY posisinya berada di urutan keempat dan Khofifah berada di urutan kelima. Akan tetapi sentimen positif kepada Khofifah lebih besar daripada AHY. Dimana jumlah sentimen Agus sebesar 14.661 sedangkan Khofifah sebesar 144.835. Demikian juga sentimen negatifnya, dimana Khofifah lebih kecil 2.276 data daripada AHY sebesar 3.637 data.

 

Selain jumlah dan persentase perbincangan, CEO Menara Digital itu menambahkan terkait topik-topik perbincangan mengenai tiga kandidat calon wakil presiden yang teratas. Topik perbincangan mengenai Erick Thohir seputar Erick berpasangan dengan Prabowo Subianto. Topik perbincangan Sandiaga Uno seputar deklarasikan PPP terhadap Sandiaga Uno sebagai calon presiden. Sedangkan topik perbincangan Muhaimin seputar ideologi partai terkait Politik Kesetaraan PKB oleh Gus Muhaimin Iskandar.

"Hasil riset kami juga menganalisa distribusi data provinsi perbincangan netizen terkait keenam kandidat. Posisi data perbincangan Erick Thohir hampir mendominasi di semua provinsi terkecuali di wilayah Provinsi Jawa Timur yaitu Khofifah Indar Parawansa. Kemudian distribusi sebaran data perbincangan Sandiaga Uno kedua yang mendominasi pada semua provinsi. Ini momentum dan masih banyak waktu untuk para kandidat capres cawapres memberikan konsep besar dalam hadirkan solusi terbaik untuk masyarakat," ujar Mahasiswa Program Doktoral Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran itu

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kemenparekraf Dukung BTN JAKIM 2024

Rabu, 19 Juni 2024 - 20:00 WIB

Kemenparekraf Dukung BTN JAKIM 2024

Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyambut positif penyelenggaraan BTN Jakarta International Marathon (BTN JAKIM) 2024 yang akan berlangsung pada Minggu,…

KKP Tugaskan PSDKP Tangkap Gembong Penyelundupan BBL

Rabu, 19 Juni 2024 - 19:05 WIB

Kerugian Negara Imbas Penyelundupan Lobster Capai Triliunan Rupiah, KKP Tugaskan PSDKP Tangkap Gembong Penyelundupan

Jakarta- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan perang dengan para pelaku penyelundupan bening bening lobster (BBL). Operasi pengawasan akan ditingkatkan untuk membidik gembong…

BSI Internasional Expo 2024

Rabu, 19 Juni 2024 - 18:45 WIB

Libatkan Potential Buyer dari 18 Negara Sahabat, BSI Siap Fasilitasi UMKM Akses Pasar Global

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) siap memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam negeri untuk mengakses pasar global melalui business matching dengan potential buyer…

Pemeriksaan fisik hewan kurban yang akan dibagikan SIG oleh tim Dinas Kesehatan Tuban di Dusun Koro, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Rabu, 19 Juni 2024 - 18:45 WIB

Iduladha 2024, SIG Bagikan 331 Hewan Kurban di 23 Provinsi

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), pada Iduladha 1445 H ini membagikan hewan kurban sebanyak 331 ekor yang tersebar…

Kawasan Kemayoran

Rabu, 19 Juni 2024 - 18:38 WIB

Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran Gelar Turnamen Golf

Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) dengan bangga merayakan ulang tahunnya yang ke-39.