Latinusa Mampu Mengoptimalkan Kemampuan Produksi, Ini Segmen yang jadi Fokus Latinusa di 2022

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 07 April 2023 - 08:39 WIB

Jajaran direksi PT Pelat Timah Nusantara Tbk (Latinusa) di Jakarta Kamis (6/3/2023): foto: Latinusa
Jajaran direksi PT Pelat Timah Nusantara Tbk (Latinusa) di Jakarta Kamis (6/3/2023): foto: Latinusa

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Dunia antusias menyambut 2022 dengan ekspektasi kondisi pandemi semakin baik dan kondusif bagi kelanjutan pemulihan ekonomi global. Berbagai negara, termasuk Indonesia, secara bertahap mempertahankan pengendalian dampak pandemi dengan baik, serta meningkatkan mobilitas masyarakat dan bisnis, sehingga terlihat berbagai indikasi arah pergerakan menuju fase endemi.

Industri baja dunia terus mengalami uptrend semenjak akhir 2020 hingga setidaknya semester pertama 2022, dengan fluktuasi akibat tekanan market shock terus terjadi sepanjang 2022.

Keterbatasan suplai yang terjadi selama pandemi dan diikuti dengan gangguan rantai pasokan, diperparah dengan adanya konflik antara Rusia dan Ukraina yang membuat gejolak besar pada kondisi perekonomian dunia, termasuk di antaranya mendorong kenaikan harga baja hingga akhir semester pertama 2022.

Kondisi berbalik secara drastis disaat pelemahan ekonomi dunia terjadi yang sangat berimbas pada tingkat konsumsi masyarakat. Pelemahan konsumsi di seluruh dunia cenderung terjadi karena kekhawatiran masyarakat dalam menghadapi penurunan prospek kondisi ekonomi di 2023 dibandingkan 2022. Pelemahan tingkat konsumsi dan belanja masyarakat di Indonesia terdampak oleh perubahan perilaku konsumen dalam menyikapi tekanan inflasi serta ketidakpastian prospek ekonomi ke depan.

Laba bersih

Pada 2022, PT Pelat Timah Nusantara Tbk (NIKL) membukukan nilai penjualan sebesar USD255.347.224, atau meningkat 21,17 persen dari perolehan USD210.736.463 pada 2021. Realisasi nilai penjualan pada 2022 berhasil melampaui target yang telah ditetapkan.

Di tengah fluktuasi kondisi pasar, perseroan senantiasa konsisten dalam mengoptimalkan diversifikasi segmen pasar yang dilayani. Hal ini dilakukan dengan fokus untuk memaksimalkan penjualan pada segmen pasar premium, sekaligus memanfaatkan kelanjutan tren kenaikan harga untuk meraih tingkat penjualan yang optimal dalam upaya mendorong tingkat profitabilitas yang diraih oleh Perusahaan.

Pada 2022, realisasi produksi mencapai 97 persen dari sasaran target yang telah ditetapkan. Meskipun menghadapi tantangan pasar yang dinamis, Latinusa mampu mengoptimalkan kemampuan produksi selaras momentum pasar dan tren harga yang positif dengan merespons tuntutan konsumen, khususnya berfokus pada segmen premium yang membutuhkan standar kualitas lebih tinggi dengan marjin harga yang lebih baik untuk menunjang kinerja dan pencapaian laba.

Direktur Utama NIKL Jetrinaldi mengatakan meskipun menghadapi tantangan pasar yang dinamis, perseroan mampu mengoptimalkan kemampuan produksi selaras momentum pasar dan tren harga yang positif dengan merespons tuntutan konsumen, khususnya berfokus pada segmen premium yang membutuhkan standar kualitas lebih tinggi dengan marjin harga yang lebih baik untuk menunjang kinerja dan pencapaian laba. 

“Hasilnya, Latinusa mencatat perolehan laba sebelum pajak sebesar USD9.150.691 dibandingkan dengan kinerja 2021 yang tercatat sebesar USD11.079.660, namun dengan perhitungan pajak, perolehan laba bersih tahun berjalan mengalami peningkatan sebesar 21,57 persen dengan USD7.127.218 dibandingkan USD5.862.823 pada 2021," katanya dalam paparan, Kamis, 6 April 2023.

Tak bagikan dividen

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) memutuskan tidak membagikan dividen tahun buku 2022, guna memperkuat struktur keuangan.

Direktur Keuangan NIKL Abdul Haris Suhadak menjelaskan RUPST memutuskan untuk menempatkan sebanyak USD3,1 juta atau 42 persen dari laba bersih 2022 sebagai cadangan wajib sesuai ketentuan Undang-Undang Perseroan terbatas. Selebihnya, sebanyak USD4,13 juta atau 58 persen dari laba bersih akan ditempatkan sebagai saldo laba ditahan.

“Jadi, pada posisi ini, dengan kondisi ini perseroan mencatakan utang bank sangat besar senilai USD95 juta. Dengan mempertimbangkan prospektus perusahaan untuk memperkuat keuangan, maka 2022 tidak membagikan dividen,” jelas dia dalam paparan publik secara daring, Kamis, 6 April 2023.

Menurutnya, perseroan tengah memperkuat struktur keuangan dengan meningkatkan saldo laba ditahan, sehingga tahun ini tidak membagikan dividen.

“Kalau tahun lalu kita membagikan dividen karena sudah lama tidak membagikan dividen. Tapi tahun ini kita perlu memperkuat struktur keuangan,” kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…