Greeneration Foundation dan Bank Mandiri Luncurkan Program 'Waste to Energy', Ciptakan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan di Banyuwangi

Oleh : Nina Karlita | Senin, 27 Maret 2023 - 22:14 WIB

Greeneration Foundation dan Bank Mandiri Luncurkan Program 'Waste to Energy' di Banyuwangi.
Greeneration Foundation dan Bank Mandiri Luncurkan Program 'Waste to Energy' di Banyuwangi.

INDUSTRY.co.id - Banyuwangi – Greeneration Foundation kembali menghadirkan inisiatif dalam mengatasi permasalahan sampah di Indonesia, khususnya untuk sampah jenis organik. Melalui program unggulan bernama EcoRanger, Greeneration Foundation bekerja sama dengan Bank Mandiri dalam program Waste to Energy di Kabupaten Banyuwangi.

Program yang telah bergulir sejak 2022 ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan sampah di daerah Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi dan mengubahnya menjadi energi yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar gas alam.

Rangkaian acara bertajuk "EcoRanger: Waste to Energy Dissemination" digelar sebagai perayaan dalam memperingati Hari Strategi Konservasi Sedunia sekaligus memperkenalkan pencapaian program.

Acara hari pertama (15/3) bertempat di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi dibuka secara resmi dengan sambutan Kepala Dinas Pariwisata,

Setelah pemaparan hasil program Waste to Energy, dilakukan seremonial serah terima fasilitas biogas dan 1 rumah BSF kepada penerima manfaat, serta penyerahan trofi sebagai simbolisasi berdirinya Emvitrust Indonesia untuk Sentra Kelola Sampah (SEKOLA).

Sementara, untuk hari kedua (16/3) diisi dengan kunjungan ke instalasi biogas, kebun buah naga, dan Sentra Kelola Sampah serta ditutup dengan aksi penanaman pohon di area Dusun Pancer.

Area Head Jember Bank Mandiri, Bambang Purnomo Poncokaryo mengatakan Bank Mandiri mendukung penuh kegiatan EcoRanger sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, hal ini didukung dengan kesamaan visi untuk Bank Mandiri menjadi mitra eksklusif EcoRanger melalui program Waste to Energy dengan harapan lingkungan yang kondusif dapat memberikan manfaat untuk masyarakat.

“Sejalan dengan komitmen kami untuk membangun keberlanjutan bisnis dan sosial yang saling menguntungkan, program ini berfokus pada pemberdayaan masyarakat di daerah pariwisata untuk menangani pengelolaan sampah,” ujar Bambang.

Program EcoRanger ini sudah berjalan selama 1 tahun bersama Bank Mandiri yang memiliki tiga hal utama yang sesuai dengan Greeneration yang dijelaskan oleh Nur Almira Rahardyan, selaku Community Empowerment Project Leader.

"Selain hasil yang sudah dicapai, program Waste to Energy EcoRanger bersama Kabupaten Banyuwangi dan didukung oleh Bank Mandiri ini juga memiliki semangat pada tiga fokus Greeneration Foundation, yakni pariwisata berkelanjutan, pengelolaan sampah bertanggung jawab, dan pemberdayaan masyarakat, yang kali ini diwujudkan melalui kolaborasi dengan Kabupaten Banyuwangi," tutur Almira

Sejauh ini, sebanyak 250 ton sampah yang telah dikelola terbagi kedalam beberapa program yang sudah dijalankan. Tujuannya untuk mengelola sampah yang ada di kawasan pariwisata Banyuwangi. Di antaranya, lebih dari 27.100 kilogram dikelola dalam tiga program kerja utama.

Melalui program ini, Greeneration Foundation bersama Bank Mandiri mampu menghasilkan dampak nyata berupa 1 instalasi maggot BSF, 10 instalasi biogas, 235.000 metric Kg CO2e emisi karbon yang tereduksi, lebih dari 27.100 kilogram sampah yang telah dikelola, serta lebih dari 300 KK warga telah diedukasi mengenai pemilahan sampah. Tak hanya itu, lebih dari 90 acara telah terselenggara mulai dari Beach Clean Uphingga EcoRanger Academy yang melibatkan lebih dari 2.000 partisipan.

Dengan pendekatan pemberdayaan komunitas, program ini mendorong masyarakat untuk berperan dalam mengembangkan aksi pengelolaan sampah.

“EcoRanger adalah program pendampingan komunitas di daerah khususnya daerah pariwisata untuk mendorong munculnya solusi atas permasalahan pengelolaan sampah. Mudah-mudahan segala torehan baik di Banyuwangi ini dapat menjadi berkah untuk Banyuwangi,” tutup Rian.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).