Penting Bagi Mahasiswa, Tujuh Bangun Mindset Berwirausaha

Oleh : Herry Barus | Senin, 27 Maret 2023 - 13:03 WIB

Tujuh Bangun Mindset Berwirausaha
Tujuh Bangun Mindset Berwirausaha

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta – Sukses berwirausaha sebelum wisuda menjadi impian sebagian mahasiswa. Mahasiswa harus bisa mengatur waktu antara kuliah dan berwirausaha, agar impiannya bisa menjadi kenyataan.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif memiliki wadah atau lembaga pengembangan kewirausahaan yaitu BSI Entrepreneur Center (BEC) yang mencetak wirausaha muda bagi mahasiswa. BEC memberikan pendampingan berupa seminar, workshop dan coaching bagi mahasiswa yang berwirausaha.

Koordinator BEC Universitas BSI kampus Yogyakarta, Noor Hasan, memberikan beberapa tips dalam membangun mindset berwirausaha. Berikut adalah beberapa tips untuk membangun mindset berwirausaha:

1.            Menentukan Tujuan yang Jelas

Mulailah dengan menentukan tujuan yang spesifik dan jelas dalam berwirausaha. Hal ini membantu mahasiswa untuk lebih fokus dalam mengejar tujuan dan mengukur kemajuan bisnisnya.

 

2.            Mengembangkan Keterampilan

Seorang wirausaha harus memiliki keterampilan yang relevan dengan bisnis yang dijalankan, seperti kemampuan manajemen, pemasaran, atau keuangan. Dalam mengembangkan keterampilan, bisa memanfaatkan pelatihan atau kursus yang tersedia atau membaca buku atau artikel yang berkaitan.

3.            Memiliki Keyakinan dan Optimisme

Seorang wirausaha harus memiliki keyakinan dan optimisme bahwa bisnisnya akan berhasil. Hal ini memungkinkan untuk tetap bersemangat meskipun menghadapi tantangan atau kegagalan.

 

4.            Menjadi Pengambil Risiko yang Cerdas

Wirausaha harus bisa mengambil risiko, namun tetap mempertimbangkan segala hal dengan matang dan cerdas. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan analisis risiko dan membuat rencana cadangan untuk mengatasi kemungkinan masalah.

5.            Mengembangkan Jaringan

Seorang wirausaha perlu mengembangkan jaringan yang kuat dengan orang-orang yang memiliki pengalaman atau keahlian yang relevan dengan bisnisnya. Jaringan yang kuat dapat membantu dalam memperoleh sumber daya atau informasi penting yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis.

 

6.            Menjaga Fokus dan Disiplin

Wirausaha harus mampu menjaga fokus dan disiplin dalam menjalankan usahanya. Hal ini termasuk membuat jadwal yang efektif, menyelesaikan tugas-tugas yang penting, dan menghindari hal-hal yang tidak perlu atau tidak mendukung bisnis.

 

7.            Belajar dari Kegagalan

Wirausaha harus bisa belajar dari kegagalan dan menggunakannya sebagai pelajaran untuk meningkatkan bisnis di masa depan. Seorang wirausaha yang sukses tidak pernah menyerah meskipun mengalami kegagalan.

Menurut Noor, dengan mengikuti tips di atas dan berkomitmen untuk terus belajar, diharapkan dapat membangun mindset berwirausaha yang kuat dan siap menghadapi segala tantangan dalam menjalankan bisnis.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…