LAZNAS Mandiri Amal Insani Gelar Public Exposse 2023, Mandiri Dan Tumbuh Bersama Ekosistem Kebaikan

Oleh : Nina Karlita | Minggu, 26 Maret 2023 - 01:24 WIB

LAZNAS Mandiri Amal Insani Gelar Public Exposse 2023.
LAZNAS Mandiri Amal Insani Gelar Public Exposse 2023.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Public Expose LAZNAS Mandiri Amal Insani 2023 diselenggarakan secara langsung di Assembly Hall lantai 9 - Gedung Menara Mandiri Jakarta dengan tema “Mandiri dan Tumbuh bersama Ekosistem Kebaikan”.

LAZNAS Mandiri Amal Insani (MAI) sebagai lembaga philanthropy melakukan banyak upaya dengan menghadirkan program-program unggulan yang kreatif dan inovatif.

Hal ini tentu tidak terlepas dari berbagai elemen yang merangkul dan bersinergi menyebarkan manfaat dalam jangkauan yang lebih luas untuk tercapainya Indonesia yang lebih baik.

LAZNAS Mandiri Amal Insani mengajak, merangkul, dan bersinergi dengan semua elemen untuk berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan dan menjadi solusi bagi permasalahan sosial di seluruh penjuru negeri.

Dalam acara tersebut, Ketua MAI Foundation, Tedi Nurhikmat, menyampaikan bahwa sebagai LAZNAS, MAI foundation memiliki beberapa kewajiban.

"Salah satunya adalah sistem akuntansi berbasis syariah dan penerapan GCG secara menyeluruh. Hal ini dilakukan sebagai persiapan MAI untuk menghadapi tantangan di masa depan," kata Tedi.

Memasuki tahun ke-9, MAI Foundation telah mampu menunjukkan kapasitasnya sebagai lembaga yang secara professional mampu menyelesaikan masalah sosial. Hal ini berdasarkan indicator CAGR yang menunjukkan angka peningkatan penghimpunan tahunan yakni sebesar 12% selama tahun 2021-2022 sehingga angka pertumbuhannya menjadi 82%.

Ini tentu merupakan bagian dari pencapaian atas program-program unggulan yang dicangangkan oleh Mandiri Amal Insani. Adapun program tersebut diantaranya Program Sedekah Bonus, Ramadhan Bareng MAI, Khitan Massal, Tanggap Bencana, dan Event Muharram (Bahagiakan Yatim).

Selain penghimpunan yang mengalami peningkatan, tahun 2022 pendistribusian dan pendayagunaan LAZNAS Mandiri Amal Insani juga mengalami peningkatan sebesar 66%. Tercatat jumlah penerima manfaat melalui program yang dijalankan mencapai 222.854 jiwa.

Dalam acara Public Expose 2023, Mandiri Amal Insani melakukan penghimpunan dana ZISWAF dengan melebarkan sayap kolaborasi bersama ekosistem kebaikan Mandiri Grup baik Bank Mandiri sebagai induk, anak perusahaan dan customer terutama nasabah prioritas.

Agus Dwi Handaya, Direktur SDM dan Kepatuhan PT Bank Mandiri Persero Tbk. yang juga merupakan Pembina MAI Foundation dan Penasehat UPZ Bank Mandiri, mengungkapkan bahwa tata kelola ZISWAF yang baik dan efektif harus didasarkan pada prinsip pertanggungjawaban dan transparansi dalam pengumpulan, penyaluran, dan pengelolaan dana umat.

Hal ini penting untuk membangun kepercayaan dan keamanan di antara umat, serta memastikan ketaatan pada regulasi dan ketentuan dalam tata kelola ZISWAF yang diatur oleh pemerintah.

Selain itu, dalam Public Expose 2023, LAZNAS Mandiri Amal Insani juga merilis Sustainability Report (SR) Tahun 2022 dan melakukan serah terima laporan tersebut kepada pemangku kepentingan yang diterima oleh Kepala Subdirektorat Akreditasi dan Audit Lembaga Zakat, Muhibbudin, S.fil.I., ME serta kepada Rizaludin Kurniawan S.Ag, M.Si selaku Pimpinan BAZNAS bidang pengumpulan yang dilakukan oleh Erwin Setiawan selaku Direktur MAI Foundation.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prof Satyanegara diangkat sebagai MWA dan dihadiri SD Darmono pendiri Jababeka di President University

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:47 WIB

Fakultas Kedokteran, President University, Angkat Prof. Satyanegara sebagai Ketua Wali Amanat

President University secara resmi mengangkat Prof. Dr. dr. Satyanegara, Sp.BS (K) sebagai Chairman of the Board of Trustees atau Ketua Wali Amanat Fakultas Kedokteran. Prosesi pengangkatan dilakukan…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah di Kalimantan Timur Senilai Rp561 Miliar.

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:25 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah di Kalimantan Timur Senilai Rp561 Miliar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perbaikan 10 ruas jalan dan 1 jembatan di Kalimantan Timur yang dilaksanakan…

Presiden Jokowi Lakukan Topping-Off Hunian ASN-Hankam di IKN

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:18 WIB

Presiden Jokowi Lakukan Topping-Off Hunian ASN-Hankam di IKN

Menter Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan Topping Off Hunian ASN dan Hankam di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan…

Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Jumat, 01 Maret 2024 - 18:09 WIB

Cegah miskonsepsi, Novo Nordisk Indonesia Dorong Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Obesitas dan obesitas sentral merupakan salah satu masalah kesehatan yang mengkhawatirkan di Indonesia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) 2018, prevalensi obesitas di kalangan…

Presiden Jokowi (ist)

Jumat, 01 Maret 2024 - 17:30 WIB

Dahsyat! IKN Magnet Baru Investasi, Jokowi: Yang Antre Banyak...

Ibu Kota Negara (IKN) tengah menjadi incaran para investor. Bak gadis cantik, investor rela antre untuk menanamkan modalnya di IKN. “Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang…