Peningkatan Kualitas Kompetisi dan Geliat Ekonomi, Serta Penggunaan Energi Ramah Lingkungan dalam OnePrix 2023 Putaran 1

Oleh : Herry Barus | Selasa, 21 Maret 2023 - 06:38 WIB

Peningkatan Kualitas Kompetisi dan Geliat Ekonomi, Serta Penggunaan Energi Ramah Lingkungan dalam OnePrix 2023 Putaran 1
Peningkatan Kualitas Kompetisi dan Geliat Ekonomi, Serta Penggunaan Energi Ramah Lingkungan dalam OnePrix 2023 Putaran 1

INDUSTRY.co.id - Jakarta - OnePrix 2023 telah menyelesaikan putaran pertamanya pada Sabtu (18/3) dan Minggu (19/3) di Sirkuit Karting Sentul. Selama dua hari, ratusan pebalap turut berpartisipasi dalam kejuaraan nasional level tertinggi balap motor underbone tanah air tersebut.

PT. Merah Putih Berkibar (MPB), selaku konglomerasi usaha yang menaungi PT. OMM selaku penyelenggara OnePrix, mengapresiasi gelaran Putaran 1 di Sirkuit Karting Sentul. Chairman PT. MPB, Anindra Ardiansyah Bakrie, senang dengan animo penonton yang hadir langsung ke sirkuit.

“Ini merupakan putaran pertama OnePrix tahun ini dan saya sangat senang melihat antusiasme penonton,” ucapnya setelah menonton langsung balapan Race 2 kelas Expert. “Ada ribuan orang yang mengisi tribun. Semoga menjadi awal yang baik untuk putaran-putaran selanjutnya. Tentu saya juga berterima kasih untuk semua pihak yang sudah ikut mendukung balapan putaran pertama sejak Sabtu (18/9/2023) dan hari ini.”

Selain menarik antusiasme penonton, OnePrix 2023 Putaran 1 kali ini juga dihadiri oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang memenuhi area parkir Sirkuit Sentul Karting. CEO PT. OMM, Arlan Lukman Perkasa, berharap Putaran 1 di Sentul jadi awal yang baik dalam menggandeng para pelaku UMKM di berbagai daerah.

 

“Ini sudah sejalan dengan komitmen OMM dalam meningkatkan geliat ekonomi kreatif di sejumlah daerah tanah air,” kata Arlan. “Kami harapkan di putaran-putaran selanjutnya, akan semakin banyak pelaku UMKM yang bergabung untuk menyemarakkan OnePrix di berbagai daerah.”

Dalam kesempatan tersebut juga hadir Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf, Dra. Dessy Ruhiati, MM.Par. Dessy terlihat memantau jalannya acara yang tahun ini mendapat dukungan langsung dari Kemenparekraf. Bahkan dirinya juga ikut naik ke podium untuk menyerahkan trofi kepada para juara ke beberapa pebalap.

OnePrix tahun ini memang mengusung konsep yang agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Setidaknya ada beberapa kota dan kabupaten yang dijadwalkan menjadi tuan

rumah gelaran kejuaraan level tertinggi balap motor underbone tanah air tersebut. Mulai dari Kabupaten Bogor, Kota Palangkaraya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Musi Banyuasin, dan Kota Semarang. Kolaborasi dengan Kemenparekraf diharapkan bisa menggerakkan tidak hanya geliat pariwisata di wilayah yang didatangi, tetapi juga menaikkan taraf ekonomi kedaerahan.

OnePrix 2023 Putaran 1 kali ini memperkenalkan dua konsep baru yakni Superpole Race dan Safety Bike. Sebagaimana yang diterapkan pada sejumlah event balap internasional, Superpole merupakan balapan ekstra dengan tujuan untuk menentukan posisi start terdepan.

Pemilihannya berdasarkan sembilan teratas dari hasil qualifying practice. Sembilan pebalap tersebut kembali diadu dalam Superpole untuk menentukan susunan akhir dari sembilan nama terdepan yang mengisi starting grid.

Direktur Kompetisi OnePrix, Mago Sarwono optimistis konsep ini merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas kompetisi. Salah satu faktornya adalah para pebalap harus melewati dua fase untuk berjuang.

“Tujuannya adalah selain menyajikan tontonan balap yang semakin menarik bagi penonton, Superpole Race ini juga bisa meningkatkan kualitas kompetisi itu sendiri. Jadi, meski berhasil jadi yang tercepat dalam qualifying race, mereka harus bersaing lagi memperebutkan posisi terdepan di starting grid.”

OnePrix menguji coba prototipe motor listrik untuk track inspection sebelum memulai balapan. Konsep ini merupakan yang pertama kali dilakukan pada turnamen balap underbone di Indonesia. Selain diharapkan meningkatkan daya tarik penyelenggaraan, juga sebagai bentuk kepedulian OnePrix terhadap karya anak bangsa dan keberlangsungan lingkungan hidup.

Selain itu, pada Putaran 1 jumlah lap untuk balapan di setiap kelasnya juga mengalami perubahan. Seperti pada kelas Expert yang musim ini menerapkan regulasi 24 lap. Hal ini mendapat sambutan positif dari pebalap Expert, M. Faerozi. “Menurut saya peraturan ini membawa efek positif bagi pebalap,” ucap pemilik akun Instagram @faerozkuncir tersebut. “Dengan bertambahnya jumlah lap, kami lebih bisa mengatur strategi untuk meraih hasil maksimal. Kami harus memperhitungkan ketahanan ban, fisik, dan juga strategi yang matang.”

 

5 Besar OnePrix 2023 Putaran 1 kelas Expert - Race 1

1. Husni Zainul Fuadzy

2. Hafid Pratama

3. M. Faerozi

4. M. Gilang Akbar Roland

5. Dimas Juliatmoko

3 Besar OnePrix 2023 Putaran 1 kelas Expert - Race 2

1. Hafid Pratama

2. M. Faerozi

3. Husni Zainul Fuadzy

5 Besar OnePrix 2023 Putaran 1 kelas Novice - Race 1

1. Chandra Hermawan

2. Fahmi Basam

3. Akbar Abud Abdalah

4. M. Yudi

5. Ahmad Saifullah

5 Besar OnePrix 2023 Putaran 1 kelas Novice - Race 2

1. Fahmi Basam

2. Jorhan Richard Josua Mbeo

3. Ahmad Saifullah

4. Akbar Abud Abdalah

5. Bintang N.H

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Workshop dan Raker Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:23 WIB

Indonesia Diproyeksi Menjadi Negara Produsen Wakaf di Dunia

Dengan potensinya yang besar, Indonesia diproyeksi menjadi salah satu negara produsen wakaf terbesar di dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah bahkan telah memasukan keuangan syariah…

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:54 WIB

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) bersama dengan Fimela, Otoasia.com, dan KIS FM, menghadirkan edukasi tentang pencapaian hidup optimal melalui hobi dan kesejahteraan finansial.…

Big Bad Wolf Books gelar Pekan Grosir di ITC Kuningan Jakarta.

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:50 WIB

Big Bad Wolf Books Gelar Pekan Grosir Perdana di Jakarta

Big Bad Wolf Books (BBW) hadirkan Pekan Grosir BBW di ITC Kuningan Jakarta. Hadirkan koleksi buku-buku berkualitas dari berbagai genre dengan harga grosir yang mencengangkan.

Peserta Raker dan Workshop Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:09 WIB

Wakaf Uang Perlu Akselerasi Agar Potensinya yang Sebesar Ro 180 Triliun Terserap

Wakaf uang merupakan salah satu jenis wakaf yang memiliki potensi sangat besar di Indonesia. Potensinya mencapai RP 180 triliun per tahun. Meski begitu sejak dicanangkan sejak 2010, potensi…

Petugas memberikan vaksinasi ke Sapi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 14:46 WIB

Kementan Kendalikan PMK di Pasuruan, Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Rutin

Menindaklanjuti adanya pemberitaan terkait kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Pasuruan, Jawa Timur, Kementerian Pertanian melalui Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen…