Menteri PPPA Bintang Puspayoga Apresiai Program TPIBS, Berdayakan Perempuan Lewat Literasi

Oleh : Nina Karlita | Senin, 20 Maret 2023 - 08:12 WIB

Menteri PPPA Bintang Puspayoga Apresiai Program TPIBS dari Perpusnas.
Menteri PPPA Bintang Puspayoga Apresiai Program TPIBS dari Perpusnas.

INDUSTRY.co.id - Bali - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga bersama Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Adin Bondar melakukan peninjauan praktik baik pemberdayaan perempuan melalui penguatan literasi di Perpustakaan Desa Bukit, Karangasem Bali.

Menteri PPPA Bintang Puspayoga, mengapresiasi Perpusnas dalam upaya meningkatkan komitmen serta mengalokasikan segala sumber daya untuk meningkatkan kapasitas dan kemandirian ekonomi perempuan.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan ruang aman dan nyaman bagi perempuan untuk mengembangkan dirinya dan membuka kesempatan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga," ungkapnya, Minggu (19/3/2023).

Menteri Bintang mengatakan, perempuan menjadi kunci tumbuhnya literasi dalam keluarga. Maka sangat penting literasi bagi perempuan ditingkatkan dengan memberikan peluang dan ruang seluas-luasnya untuk berkembang.

"Literasi tidak sekadar baca saja, tetapi banyak aspek  dari literasi seperti di bidang ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Adin Bondar menuturkan, Perpusnas terus berinovasi membuat program yang lebih mendekatkan sumber informasi kepada masyarakat. Wujud dari inovasi tersebut adalah transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial (TPBIS).

"Konsep yang saat ini kami kembangkan adalah bagaimana perpustakaan bertransformasi. Perpustakaan tidak hanya berperan sebagai pusat informasi, tetapi juga sebagai ruang berkreasi, dan pengembangan kualitas dir," tuturnya.

Perpustakaan, lanjutnya, harus hadir di masyarakat untuk mendukung cita-cita pembangunan nasional melalui pembentukan SDM yang unggul, sebagaimana yang tertuang dalam RPJMN Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin tahun 2020-2024.

"Transformasi perpustakaan memiliki dampak ganda bagi masyarakat. Ketika seseorang membaca terjadi transfer pengetahuan yang harus diimplementasikan. Jika diimplementasikan maka dapat meningkatkan kualitas hidup," lanjutnya.

Dijelaskan, sebanyak enam desa di Kabupaten Karangasem telah mendapat program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Salah satunya, perpustakaan Desa Bukit yang berada di Kecamatan Karangasem.

Dalam program tersebut, masyarakat khususnya kaum perempuan mendapatkan berbagai pelatihan. Seperti, pelatihan membuat tusuk sate, kerajinan dari rotan dan ate, serta pembuatan minyak virgin coconut oil (VCO).

"Kami mohon kiranya pemerintah daerah dapat mereplikasi program ini dengan pendanaan dari APBD ataupun CSR, sehingga banyak komunitas masyarakat kita bisa tersentuh literasi," harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa saat membacakan sambutan Bupati Karangasem I Gede Dhana menyampaikan, perpustakaan Desa Bukit adalah sumber daya yang berharga bagi perempuan di Karangasem yang mungkin tidak memiliki akses ke peluang pendidikan atau pemberdayaan lainnya.

"Dengan menyediakan koleksi ilmu terapan, dan layanan komputer serta internet, kami dapat membantu mereka mendapatkan pengetahuan yang dibutuhkan untuk membuat perubahan positif dalam hidup mereka," katanya.

Wabup mengatakan, dengan eksistensi perpustakaan sebagai inkubator kreatifitas,  masyarakat dapat berkarya melalui edukasi atau pelatihan melalui pembinaan yang berkelanjutan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Karangasem.

"Atas berbagai kreasi itulah,  masyarakat dapat menghasilkan produk-produk yang bisa menambah pengasilan," ungkapnya.

Dia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Karangasem sangat mendukung kegiatan ini, yang bertujuan untuk meningkatkan keserasian, keterpaduan, sinkronisasi dan sinergitas antara pemerintah daerah dengan Pemerintah Pusat, khususnya di bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak serta Bidang  Perpustakaan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…