Gairahkan Perekonomian Daerah, STC 2023 dan Festival Budaya Biak Jadi Daya Tarik Bagi Wisatawan

Oleh : Herry Barus | Minggu, 19 Maret 2023 - 09:39 WIB

Gairahkan Perekonomian Daerah, STC 2023 dan Festival Budaya Biak Jadi Daya Tarik Bagi Wisatawan
Gairahkan Perekonomian Daerah, STC 2023 dan Festival Budaya Biak Jadi Daya Tarik Bagi Wisatawan

INDUSTRY.co.id - Biak Numfor - Sail Teluk Cenderawasih 2023 atau STC 2023 menjadi ajang memperkenalkan warisan budaya dan adat Papua. Event nasional ini akan diselenggarakan pada awal November 2023 dan ada empat kabupaten pelaksana mengisi rangkaian acara ini, di antaranya Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Yapen, Kabupaten Waropen, dan Kabupaten Sarmi.

Rangkaian acara STC 2023 telah dimulai pada 16-20 Maret 2023. Menjadi kick off STC 2023, Pemerintah Kabupaten Biak Numfor menggelar Festival Budaya Biak yang diisi dengan pameran UMKM dan berbagai kegiatan adat, seperti rangkaian adat pernikahan Biak, sausiber yang merupakan pemberian gelar bagi anak adat Biak, lomba makan papeda, atraksi memanggil kuskus dari hutan, dan atraksi pemanggilan ular moni moni.

Acara Festival Budaya Biak dibuka secara resmi oleh Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, pada Kamis, 16 Maret 2023. Bupati Herry mengajak seluruh masyarakat Biak Numfor untuk menyukseskan rangkaian kegiatan ini, serta menampilkan budaya dan adat Biak Numfor agar lebih dikenal lagi.

"Mari masyarakat semuanya, kita sama-sama hadir dan saksikan Festival Budaya Biak ini, kita sukseskan bersama, agar juga menjadi daya tarik bagi orang di luar Biak, dari luar Papua bahkan wisatawan mancanegara juga bisa datang untuk menyaksikan adat dan budaya Biak. Kita sukseskan rangkaian event Sail Teluk Cenderawasih Papua 2023, Torang Hebat," ujarnya.

Mewakili Panglima TNI, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III atau Kogabwilhan III, Letnan Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa mengapresiasi kegiatan Festival Budaya Biak sebagai salah satu rangkaian event Sail Teluk Cenderawasih (STC) Papua 2023.

Menurutnya, event ini mempunyai banyak manfaat, selain mengangkat dan memperkenalkan budaya dan adat Kabupaten Biak Numfor, kegiatan ini juga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di setiap kabupaten yang terlibat dalam STC 2023 ini, yaitu Kabupaten Biak Numfor, Sarmi, Yapen, dan Waropen.

“Saya berharap melalui kegiatan Festival Budaya Biak seperti ini akan memberikan manfaat yang luar biasa, memberikan dampak baik, informasi adat budaya serta tempat wisatanya bisa lebih dikenal sehingga mendatangkan wisatawan kemudian bisa meningkatkan perekonomian,” ucapnya kepada media saat kick off Festival Budaya Biak, di Hanggar Lanud Manuhua Biak Numfor, Sabtu (18/3/2023).

Ia pun meminta kepada seluruh masyarakat Biak Numfor untuk mengangkat terus upaya pelestarian budaya, sehingga pertumbuhan ekonomi semakin maju.

“Semoga melalui Festival Budaya Biak ini akan makin banyak orang yang datang ke Biak, Yapen, Sarmi, dan Waropen, khususnya di wilayah Saireri. Kalau orang datang pasti dia belanja, pasti dia beli oleh-oleh, makan, pasti nginep dan lain-lain, sehingga uang ini akan berputar dan masyarakat juga akan lebih maju," katanya.

Dalam sambutannya, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Odo R.M. Manuhutu, menyampaikan kegiatan STC 2023 ini merupakan upaya untuk mempromosikan bangga berwisata di Indonesia aja dengan target perjalanan 1,2-1,4 miliar rupiah yang setara dengan nilai ekonomi sebesar Rp3.200 triliun.

“Kalau acara Sail Teluk Cenderawasih dilakukan setiap tahun, kemudian acara Festival Budaya Biak ini dilakukan setiap tahun dengan baik tentu akan menghasilkan dampak ekonomi yang luar biasa,” tuturnya menambahkan.

Menurutnya, kegiatan ini mempunyai potensi yang luar biasa karena seluruh masyarakat terlibat. Jadi ke depannya perlu dikemas lebih baik lagi sehingga bisa di-repackage dan dijual ke travel jadi akan mendorong banyak perjalanan ke sini.

“Tapi ‘ingredient’-nya sudah bagus hanya sekarang tinggal mengadakanrepackaging-nya,” ucapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Workshop dan Raker Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:23 WIB

Indonesia Diproyeksi Menjadi Negara Produsen Wakaf di Dunia

Dengan potensinya yang besar, Indonesia diproyeksi menjadi salah satu negara produsen wakaf terbesar di dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah bahkan telah memasukan keuangan syariah…

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:54 WIB

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) bersama dengan Fimela, Otoasia.com, dan KIS FM, menghadirkan edukasi tentang pencapaian hidup optimal melalui hobi dan kesejahteraan finansial.…

Big Bad Wolf Books gelar Pekan Grosir di ITC Kuningan Jakarta.

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:50 WIB

Big Bad Wolf Books Gelar Pekan Grosir Perdana di Jakarta

Big Bad Wolf Books (BBW) hadirkan Pekan Grosir BBW di ITC Kuningan Jakarta. Hadirkan koleksi buku-buku berkualitas dari berbagai genre dengan harga grosir yang mencengangkan.

Peserta Raker dan Workshop Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:09 WIB

Wakaf Uang Perlu Akselerasi Agar Potensinya yang Sebesar Ro 180 Triliun Terserap

Wakaf uang merupakan salah satu jenis wakaf yang memiliki potensi sangat besar di Indonesia. Potensinya mencapai RP 180 triliun per tahun. Meski begitu sejak dicanangkan sejak 2010, potensi…

Petugas memberikan vaksinasi ke Sapi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 14:46 WIB

Kementan Kendalikan PMK di Pasuruan, Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Rutin

Menindaklanjuti adanya pemberitaan terkait kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Pasuruan, Jawa Timur, Kementerian Pertanian melalui Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen…