Dahsyat! Balkondes Wanurejo BNI Terbukti Dongkrak Ekonomi Warga dan UMKM

Oleh : Ridwan | Sabtu, 18 Maret 2023 - 18:35 WIB

Balkondes Wanurejo BNI
Balkondes Wanurejo BNI

INDUSTRY.co.id - Magelang - Siapa yang tak kenal Candi Borobudur? Candi Buddha yang dibangun pada abad ke-8 di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini telah menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara dan domestik.

Tak heran, jika keberadaannya mampu menggerakkan ekonomi warga di sekitar, salah satunya warga desa wisata Wanurejo. 

Wanurejo merupakan salah satu desa wisata yang menjadi pintu gerbang masuk ke kawasan Borobudur, sekaligus menjadi desa tertua di sekitar Borobudur yang memiliki lanskap alam sangat indah.

Untuk lebih meningkatkan pendapatan penduduk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mendorong warga Desa Wanurejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng) melalui Balai Ekonomi Desa (Balkondes).

Dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMdes), Balkondes menyuguhkan beragam atraksi budaya dan penginapan yang menyatu dengan alam.

Balkondes yang didukung oleh BNI ini telah dilengkapi dengan 20 kamar homestay yang didesain asli pedesaan. Meski demikian, fasilitasnya tidak kalah dari hotel berbintang.

"Fasilitas kita tidak kalah dengan hotel berbintang, Ada air panas, AC, kasur yang nyaman dan bersih. Standarnya tidak kalah dengan hotel," kata Joko Sulistiyo selaku SPV Balkondes Wanurejo di Magelang, Sabtu (18/3).

Lebih lanjut, Joko menyebut bahwa pondok ini juga memiliki ruang rapat berbentuk gazebo, restoran, outbond area, hingga embung untuk pengairan sawah.

Selain membangun kamar dalam pondokan, Balkondes juga menyediakan ruang yang digunakan untuk kegiatan ekonomi serta budaya. 

Pegiat seni dan budaya diberi ruang dan waktu untuk menampilkan gamelan, musik, dan tari-tarian.

Fasilitas yang dibangun BNI tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan BUMNdes Wanurejo sebagai pengelola Balkondes.

Saat ini pendapatan Balkondes Wanurejo mencapai Rp 90 juta per bulan.

Balkondes juga diharapkan dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi, sosial, budaya, dan pariwisata.

"Balkondes ini sekaligus sebagai TIC (Tourist Information Center) Desa. Sehingga ekonomi warga jadi terangkat, turis juga punya akses ke UMKM binaan di sekitar Balkondes," terangnya.

Berkaitan dengan sudah berakhirnya pandemi, Joko meyakini pada musim mudik kali ini, pariwisata akan meningkat pesat dari tahun sebelumnya.

"Tahun lalu, penginapan kami okupansi di atas 70%. Untuk resto hampir selalu penuh. Tahun ini kami yakin akan sangat meningkat karena pandemi sudah selesai dan pariwisata sudah menggeliat lagi," tutupnya.

Adapun, tujuan BNI melengkapi fasilitas homestay di Balkondes Wanurejo dalam rangka mengembangkan pariwisata sekaligus turut meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Marketing Innovation (Ilustrasi)

Minggu, 19 Mei 2024 - 22:10 WIB

Innovation in Marketing Strategies That You Need to do!

In an era that continues to develop rapidly, it is important for us to always follow developments in trends to find effective marketing strategies. An effective marketing strategy must be dynamic…

Industri kesehatan

Minggu, 19 Mei 2024 - 21:35 WIB

Strategic Development of Health-Related Assistance Services in Post-Covid-19 Indonesia using PESTLE Analysis

The Covid-19 pandemic has dramatically reshaped the global healthcare landscape, highlighting both vulnerabilities and opportunities within health-related services. As Indonesia emerges from…

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:35 WIB

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Jakarta–Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-497, Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BTN) akan menyelenggarakan…

Wahdah Islamiah dukung Palestina merdeka

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:24 WIB

Wahdah Islamiyah Kecam Israel atas Genosida Rakyat Palestina

Ormas Islam Wahdah Islamiyah ikut mengecam penjajahan dan genosida yang dilakukan zionis Israel di Gaza Palestina, yang kini telah memasuki hari ke 225 sejak oktober 2023 yang lalu.

Emak emak aksi palestina

Minggu, 19 Mei 2024 - 15:10 WIB

Emak-Emak Ikut Aksi Bela Palestina di Kedubes Amerika Serikat

Aksi Damai didepan kedubes Amerika Serikat, dan di rumah Dubes Mesir, dari pagi hingga siang hari, diikuti sejumlah Kekuatan Masa dari berbagai Wilayah Jakarta dan sekitarnya. Nampak yang turut…