Dahsyat! Balkondes Wanurejo BNI Terbukti Dongkrak Ekonomi Warga dan UMKM

Oleh : Ridwan | Sabtu, 18 Maret 2023 - 18:35 WIB

Balkondes Wanurejo BNI
Balkondes Wanurejo BNI

INDUSTRY.co.id - Magelang - Siapa yang tak kenal Candi Borobudur? Candi Buddha yang dibangun pada abad ke-8 di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini telah menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara dan domestik.

Tak heran, jika keberadaannya mampu menggerakkan ekonomi warga di sekitar, salah satunya warga desa wisata Wanurejo. 

Wanurejo merupakan salah satu desa wisata yang menjadi pintu gerbang masuk ke kawasan Borobudur, sekaligus menjadi desa tertua di sekitar Borobudur yang memiliki lanskap alam sangat indah.

Untuk lebih meningkatkan pendapatan penduduk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mendorong warga Desa Wanurejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng) melalui Balai Ekonomi Desa (Balkondes).

Dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMdes), Balkondes menyuguhkan beragam atraksi budaya dan penginapan yang menyatu dengan alam.

Balkondes yang didukung oleh BNI ini telah dilengkapi dengan 20 kamar homestay yang didesain asli pedesaan. Meski demikian, fasilitasnya tidak kalah dari hotel berbintang.

"Fasilitas kita tidak kalah dengan hotel berbintang, Ada air panas, AC, kasur yang nyaman dan bersih. Standarnya tidak kalah dengan hotel," kata Joko Sulistiyo selaku SPV Balkondes Wanurejo di Magelang, Sabtu (18/3).

Lebih lanjut, Joko menyebut bahwa pondok ini juga memiliki ruang rapat berbentuk gazebo, restoran, outbond area, hingga embung untuk pengairan sawah.

Selain membangun kamar dalam pondokan, Balkondes juga menyediakan ruang yang digunakan untuk kegiatan ekonomi serta budaya. 

Pegiat seni dan budaya diberi ruang dan waktu untuk menampilkan gamelan, musik, dan tari-tarian.

Fasilitas yang dibangun BNI tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan BUMNdes Wanurejo sebagai pengelola Balkondes.

Saat ini pendapatan Balkondes Wanurejo mencapai Rp 90 juta per bulan.

Balkondes juga diharapkan dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi, sosial, budaya, dan pariwisata.

"Balkondes ini sekaligus sebagai TIC (Tourist Information Center) Desa. Sehingga ekonomi warga jadi terangkat, turis juga punya akses ke UMKM binaan di sekitar Balkondes," terangnya.

Berkaitan dengan sudah berakhirnya pandemi, Joko meyakini pada musim mudik kali ini, pariwisata akan meningkat pesat dari tahun sebelumnya.

"Tahun lalu, penginapan kami okupansi di atas 70%. Untuk resto hampir selalu penuh. Tahun ini kami yakin akan sangat meningkat karena pandemi sudah selesai dan pariwisata sudah menggeliat lagi," tutupnya.

Adapun, tujuan BNI melengkapi fasilitas homestay di Balkondes Wanurejo dalam rangka mengembangkan pariwisata sekaligus turut meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Didimax raih sertifikat ISO/IEC 27001

Sabtu, 27 Juli 2024 - 15:40 WIB

Hadirkan Layanan Berkualitas, Didimax Raih Sertifikasi ISO Internasional

Komitmen Didimax Menjadi Platform Investasi Trading yang Aman membawanya untuk mendapatkan Sertifikasi ISO/IEC 27001.

Planet Print

Sabtu, 27 Juli 2024 - 14:01 WIB

Rainbow Cemerlang Mandiri Beri Edukasi Masyarakat Jadi Pelaku Usaha Printing dan Ciptakan Lapangan Kerja

Dengan makin meningkatnya industri textile dan baju kaos di indonesia tahun ke tahun, PLANET PRINT sebagai anak Perusahaan dari PT Rainbow Cemerlang Mandiri memberikan EDUKASI untuk masyarakat…

BRI insurance saat menerima penghargaan

Sabtu, 27 Juli 2024 - 12:56 WIB

BRI Insurance Sabet Tiga Penghargaan Sekaligus

BRI Insurance (BRINS) kembali berhasil menorehkan prestasinya dengan memboyong tiga penghargaan di acara 25th Insurance Award tahun 2024, dengan kategori sebagai The Excellent Performance General…

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…