Dibangunkan Gedung Perpustakaan Umum Megah, Wali Kota Banjar Harap Bisa Jadi Pusat Literasi

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 17 Maret 2023 - 23:32 WIB

Kepala Perpusnas M. Syarif Bando dan Wali Kota Ade UU Sukaesih resmikan gedung Perpustakaan Umum Daerah Kota Banjar.
Kepala Perpusnas M. Syarif Bando dan Wali Kota Ade UU Sukaesih resmikan gedung Perpustakaan Umum Daerah Kota Banjar.

INDUSTRY.co.id - Kota Banjar - Dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp10 miliar, Kota Banjar akhirnya punya gedung layanan perpustakaan umum setinggi 4 lantai.

Peresmian gedung Perpustakaan Umum Daerah Kota Banjar dilakukan pada 17 Maret 2023 ole Wali Kota Banjar Ade UU Sukaesih bersama Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnass) M. Syarif Bando.

Gedung Perpustakaan Umum Kota Banjar memiliki bangunan yang mengadaptasi ruang layanan Perpusnas. Yaitu dengan undakan-undakan dimodifikasi sebagai alas duduk dan buku-buku di setiap sisinya.

Wali Kota Banjar berharap gedung perpustakaan megah tersebut bisa menjadi pusat literasi dan kegiatan inklusi sosial yang mensejahterakan masyarakat.

"Inklusi sosial terbukti banyak membantu masyarakat pada aspek kemandirian dan kesejahteraan masyarakat," ujar Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih.

Membangun gedung perpustakaan menurut Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando seperti menghadirkan infrastruktur bagi generasi masa depan.

Generasi masa depan tidak cukup dibangun dengan hanya bermodal alam yang suatu saat habis. Mereka perlu dibekali modal pengetahuan yang diperoleh lewat membaca.

"Yang diperlukan adalah kesadaran masyarakat untuk mau membaca, karena literasi bermula dari kebiasaan membaca sehingga muncul kedalaman pemahaman terhadap ilmu pengetahuan tertentu yang pada akhirnya mampu memproduksi barang/jasa berkualitas dan bernilai tinggi," imbuh Syarif Bando.

Syarif bando mengharapkan Indonesia tidak boleh terus-menerus mengekspor bahan mentah lalu dieskpor dan kembali dalam bentuk jadi yang akhirnya mendorong masyarakat menjadi konsumen, bukan produsen.

"Kita memerlukan sumber daya manusia agar segala yang menajdi potensi devisa negara tidak kabur ke luar negeri. Dan tanpa membaca kita tidak bisa apa-apa," tambah Kepala Perpusnas.

Oleh karena itu, Kepala Perpusnas juga mengimbau agar peserta didik tidak diberikan buku pelajaran kurikulum terus, tapi berikan mereka buku-buku pengayaan pengetahuan. Itulah esensi dari merdeka belajar.

Selain meresmikan gedung perpustakaan baru, acara tersebut juga menggelar talkshow Peningkatan Indeks Literasi Nasional (PILM) yang membahas Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto kiri-kanan (Markus Rozano Antar Prasetyo - Bung Kepra selaku Ketua Koordinator Pergelaran; Dirjen Bimas Budha Supriyadi; Ketua Umum Panitia Acara Siddhartha The Musical, Sutina Irsan)

Sabtu, 25 Mei 2024 - 02:40 WIB

Keren! Hadir Kembali Setelah 17 Tahun, Siddhartha The Musical Sukses Hipnotis Warga Jakarta

Jakarta- Kerinduan warga Jakarta, khususnya umat Budha akan Siddhartha The Musical akhirnya terobati. Penampilan para seniman panggung Siddharta The Musical sukses menghipnotis warga yang memadati…

[Ki-Ka] M. Ade Kurniawan - CEO of ACSI, Jaja Ahmad Subarja - President Director of ACSI Corp, Yusup

Jumat, 24 Mei 2024 - 21:22 WIB

Kukuhkan Kepemimpinan Teknologi Lingkungan, Cetta Akuisisi EAS.ai

Akuisisi EAS.ai akan memperkuat posisi Cetta sebagai pemimpin dalam industri teknologi lingkungan di Indonesia dengan mengembangkan kemampuan teknologi AI-nya serta membuka peluang pasar baru.

Kegiatan CSR PT Krakatau Sarana Properti

Jumat, 24 Mei 2024 - 16:48 WIB

PT. Krakatau Sarana Properti Gelar Kegiatan CSR Bidang Pendidikan dan Lingkungan di Provinsi Banten

PT. Krakatau Sarana Properti (KSP) baru saja menggelar aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang rutin dilaksanakan di wilayah Cilegon maupun juga disekitar daerah Provinsi Banten.…

Apartemen

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:42 WIB

Sentimen Positif Dorong Permintaan Apartemen di Jakarta Selama Paruh Kedua Tahun 2024

Colliers memperkirakan permintaan apartemen di Jakarta akan mengalami peningkatan sepanjang sisa semester tahun ini, terutama pada paruh kedua dengan penetapan pemerintahan baru dan kondisi…

PT Charoen Pokphand Indonesia

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:18 WIB

Citi Indonesia Rampungkan Kesepakatan Fasilitas Kredit Sindikasi Bergulir untuk Charoen Pokphand

Citibank Indonesia (Citi Indonesia), bertindak sebagai Bank Koordinator Tunggal, telah sukses menyelesaikan kesepakatan fasilitas kredit sindikasi bergulir (syndicated revolving credit facilities)…