Simak! Ini 5 Tips Aman Menggunakan Stop Kontak di Rumah

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 Maret 2023 - 14:27 WIB

Ilustrasi Stop Kontak
Ilustrasi Stop Kontak

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Stop kontak sangat dibutuhkan di rumah buat mengalirkan listrik. Akan tetapi, kamu juga harus berhati-hati saat menggunakannya, lho. Soalnya, stop kontak bisa menyebabkan luka bakar, korsleting listrik, hingga kebakaran.

Untuk itulah, kamu perlu memasang stop kontak dengan aman. Tenang saja, cukup ikuti beberapa cara berikut ini.

1. Gunakan terminal

Masih banyak orang yang menggunakan satu stop kontak buat beberapa kabel ekstensi. Namun, hindari kebiasaan ini karena bisa menyebabkan overloading, kebakaran, atau kerusakan pada peralatan elektronik.

Lebih baik langsung gunakan terminal stop kontak yang terdiri dari 3-5 colokan sekaligus.

2. Periksa kabel secara rutin

Pastikan memeriksa kondisi kabel stop kontak secara rutin.Kalau kabelnya sudah terkelupas, lebih baik ganti dengan yang baru. Soalnya, hal ini bisa menimbulkan risiko kebakaran.

3. Ketahui daya listrik

Setiap rumah memiliki daya listrik yang berbeda-beda, mulai dari 450 VA, 1300 VA, hingga 6600 VA. Nah, kamu harus menyesuaikan daya listriknya supaya stop kontak tidak menanggung beban berlebih atau overloading. Kalau daya listriknya kecil, sebaiknya hindari menyalakan vacuum cleaner, AC, dan TV secara bersamaan, ya.

4. Cabut kabel perlahan

Saat mencabut kabel dari stop kontak, pegang bagian bawah stekernya dan tarik kabel secara perlahan. Kalau tidak hati-hati, kamu bisa merusak kabel atau stop kontak itu sendiri, lho.

5. Gunakan pelindung stop kontak

Punya anak kecil atau hewan peliharaan di rumah? Bila ya, kamu harus menggunakan pelindung stop kontak berbahan plastik. Jadi, si kecil tidak akan bisa mengaksesnya. Kamu juga bisa memasang pelindung stop kontak di area yang rawan terkena air biar lebih aman dari risiko korsleting.

Itu dia lima tips aman menggunakan stop kontak di rumah. Kamu bisa membeli berbagai model stop kontak dan alat perkakas listrik lainnya di toko online resmi ACE melalui ruparupa. Di sini, kamu juga bisa menemukan perlengkapan rumah tangga lainnya, yaitu lampu LED, alat pembersih debu, dan masih banyak lagi. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Workshop dan Raker Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:23 WIB

Indonesia Diproyeksi Menjadi Negara Produsen Wakaf di Dunia

Dengan potensinya yang besar, Indonesia diproyeksi menjadi salah satu negara produsen wakaf terbesar di dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah bahkan telah memasukan keuangan syariah…

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:54 WIB

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) bersama dengan Fimela, Otoasia.com, dan KIS FM, menghadirkan edukasi tentang pencapaian hidup optimal melalui hobi dan kesejahteraan finansial.…

Big Bad Wolf Books gelar Pekan Grosir di ITC Kuningan Jakarta.

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:50 WIB

Big Bad Wolf Books Gelar Pekan Grosir Perdana di Jakarta

Big Bad Wolf Books (BBW) hadirkan Pekan Grosir BBW di ITC Kuningan Jakarta. Hadirkan koleksi buku-buku berkualitas dari berbagai genre dengan harga grosir yang mencengangkan.

Peserta Raker dan Workshop Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:09 WIB

Wakaf Uang Perlu Akselerasi Agar Potensinya yang Sebesar Ro 180 Triliun Terserap

Wakaf uang merupakan salah satu jenis wakaf yang memiliki potensi sangat besar di Indonesia. Potensinya mencapai RP 180 triliun per tahun. Meski begitu sejak dicanangkan sejak 2010, potensi…

Petugas memberikan vaksinasi ke Sapi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 14:46 WIB

Kementan Kendalikan PMK di Pasuruan, Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Rutin

Menindaklanjuti adanya pemberitaan terkait kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Pasuruan, Jawa Timur, Kementerian Pertanian melalui Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen…