Begini Strategi Allianz Indonesia Kembangkan Bisnis Syariah

Oleh : Hariyanto | Senin, 06 Maret 2023 - 10:04 WIB

Asuransi Allianz
Asuransi Allianz

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Unit Syariah PT Asuransi Allianz Life Indonesia terus memperkuat strategi untuk mengembangkan bisnis syariah, dengan konsisten memberikan edukasi untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai asuransi syariah.

“Allianz Syariah didukung oleh pengalaman Allianz, sebagai perusahaan asuransi yang besar di dunia beserta semua infrastruktur yang ada, untuk membantu setiap inisiatif edukasi asuransi syariah di Indonesia,” kata Achmad Kusna Permana, Managing Director Sharia Allianz Life Indonesia yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (6/3/2023).

Komitmen Allianz Life Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis syariah dimulai dari pelatihan dan pemantapan tenaga pemasar, yang akan mengedukasi dan meneruskan informasi mengenai asuransi syariah kepada nasabah. 

Di fase awal, tenaga pemasar akan diberikan rangkaian training intensif. Setelah mendapatkan lisensi resmi dari Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia, para tenaga pemasar juga akan mendapatkan workshop dan training lanjutan untuk terus menambah pengetahuan mereka.

Rangkaian workshop online dan offline ke berbagai kota di Indonesia, diselenggarakan untuk para tenaga pemasar, baik untuk kanal distribusi keagenan maupun bancassurance. Salah satu contoh adalah sosialisasi mengenai kinerja subdana (fund) syariah untuk mengetahui dengan lebih baik mengenai seluk-beluk investasi pada asuransi jiwa unit link syariah.

Untuk lebih memperdalam pengetahuan secara mandiri, tersedia booklet digital dan video yang dapat diakses kapanpun menggunakan platform digital khusus tenaga pemasar. Dengan pelatihan dan pemantapan yang disediakan Allianz, sampai akhir tahun 2022 agen asuransi jiwa berlisensi syariah meningkat 107,4% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Allianz Life Indonesia juga melakukan berbagai inisiatif edukasi asuransi syariah melalui platform yang mudah diakses, untuk meningkatkan pemahaman masyarakat. Di channel Youtube Allianz Indonesia, tersedia video-video edukasi mengenai asuransi syariah. Beberapa di antaranya menampilkan pakar di bidang syariah, seperti K.H. Muhammad Cholil Nafis.

Selain itu, baru-baru ini ada talk show melalui platform Instagram live yang membahas perencanaan keuangan ala syariah, yang menampilkan pakar keuangan syariah, Greget Kalla Buana.

Agar menjangkau masyarakat secara lebih luas lagi dalam memahami konsep asuransi syariah, Allianz Life Indonesia dalam beberapa tahun terakhir juga mengadakan kampanye di media sosial untuk mengajak siapapun saling berbagi kebaikan. 

Konsep ini sangat relevan dengan asuransi syariah, yang bersifat adil, transparan, universal, dan saling tolong-menolong antar peserta. Di tahun 2022, kegiatan edukasi asuransi syariah untuk masyarakat luas ini, telah menjangkau lebih dari 33 juta orang.

Dampak kegiatan edukasi terhadap peningkatan produktivitas Allianz Syariah ini tercermin pada pertumbuhan jumlah polis baru sebesar 21,3% dan peningkatan jumlah peserta sebesar 9,2% sampai akhir tahun 2022.

“Dengan berbagai inisiatif yang kami lakukan secara berkelanjutan, harapan kami pemahaman, minat, dan kepercayaan masyarakat akan asuransi syariah terus meningkat. Hal ini sejalan dengan komitmen Allianz untuk melindungi lebih banyak lagi masyarakat Indonesia, dan upaya kami mendukung bertumbuhnya ekonomi syariah.” tutup Permana.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…