Dorong Ekosistem Digital Dan Kembangkan Potensi Startup, Kemenparekraf Luncurkan BEKUP

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 03 Maret 2023 - 00:45 WIB

Kick off peluncuran BEKUP oleh Kemenparekraf.
Kick off peluncuran BEKUP oleh Kemenparekraf.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Untuk mendorong ekosistem startup digital dan mengembangkan potensi kewirausahaan serta meningkatkan jumlah statup digital berkualitas, Kemenparekraf/Baparekraf meluncurkan program BEKUP.

BEKUP, singkatan dari Baparekraf for Startup, adalah program yang telah berjalan sejak 2016 di lebih dari 25 kota di Indonesia. Tahun 2023 ini, BEKUP digelar secara daring dengan diakses melalui bekup.kemenparekraf.go.id.

“BEKUP sebagai program inkubasi yang berkelanjutan membuka kesempatan bagi para founders startup agar dapat memanfaatkan potensi ekonomi digital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam "Kick-off BEKUP 2023", Kamis (2/3/2023).

Program BEKUP yang telah berjalan sejak 2016 di lebih dari 25 kota di seluruh Indonesia, di tahun 2023 ini akan diselenggarakan secara daring yang bisa diakses melalui bekup.kemenparekraf.go.id.

Pendaftar dapat berasal dari seluruh wilayah di Indonesia, dengan rangkaian kegiatan yang dimulai dari Kick Off pada tanggal 2 Maret 2023 di Jakarta, dilanjutkan dengan roadshow offline di Bandung pada 10 Maret 2023, Semarang tanggal 14 Maret 2023 dan Surabaya pada 17 Maret 2023.

Mengusung tiga pilar utama yang menjadi peran penting terlaksananya BEKUP 2023, yaitu Accelerate, Grow the Ecosystem, dan Collaboration, Program BEKUP memiliki harapan besar atas perkembangan startup digital sehingga dapat mendongkrak perekonomian Indonesia kedepannya.

BEKUP 2023 secara resmi telah diluncurkan dengan Kick Off yang dilaksanakan pada 2 Maret 2023 secara hybrid di Jakarta melalui akun Youtube resmi Kemenparekraf RI.

“Saya berharap melalui program ini kita semua dapat mengambil peran dalam penciptaan solusi inovatif dan modern untuk menghadapi setiap tantangan yang ada, guna mendukung dan mendorong ekosistem startup digital Indonesia dalam merealisasikan optimisme ekonomi nasional di 2023,” lanjut Sandiaga Uno.

Kick Off dibuka oleh Sandiaga Uno, serta Muhammad Neil El Himam, selaku Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sesi panel Kick Off BEKUP 2023 mendiskusikan terkait program dan perkembangan startup bersama Yuana Rochma Astuti selaku Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf, Makka Kesuma selaku CTO Startups Microsoft, dan Syifa Alsakina selaku Co-Founder & CMO Mecapan, serta dimoderatori oleh Amalia Aini selaku Chief Business & Ecosystem KUMPUL.ID.

"Saya ingin teman-teman memanfaatkan momen ini mumpung BEKUP sedang dibuat. Ayp daftarkan diri Anda, karena banyak kesempatan untuk maju. selain kami siapkan ekosistemnya, kami juga temukan calon investor. Yang penting networking," kata Yuana.

"Manfaatkan peluang yang ada karena kita nggak akan tahu sampai kita coba lebih dahulu. Karena BEKUP ini akan banyak teman-teman mentor yang handal," tambah Yuana.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…