Sinar Mas Agribusiness and Food Edukasi Manfaat Minyak Kelapa Sawit

Oleh : Wiyanto | Kamis, 02 Maret 2023 - 15:54 WIB

Salah satu proses pengembangan minyak kelapa sawit di R&D Sinar Mas Agribusiness and Food. Minyak kelapa sawit bisa menjadi bahan pembuatan cokelat.
Salah satu proses pengembangan minyak kelapa sawit di R&D Sinar Mas Agribusiness and Food. Minyak kelapa sawit bisa menjadi bahan pembuatan cokelat.

INDUSTRY.co.id- Jakarta – Kelapa sawit adalah salah satu tanaman perkebunan yang dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis. Tanaman ini banyak dijumpai di berbagai wilayah Indonesia, terutama di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan.

Kelapa sawit terkenal dengan buahnya yang menghasilkan minyak nabati, yang biasa disebut minyak kelapa sawit. Saat ini Indonesia merupakan produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Minyak kelapa sawit menawarkan berbagai manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Namun, untuk mengoptimalkan potensi minyak kelapa sawit, diperlukan serangkaian proses penyulingan menggunakan teknologi mutakhir. Proses tersebut akan mengubah minyak kelapa sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) menjadi bermacam produk turunan.

Sinar Mas Agribusiness and Food, salah satu perusahaan perkebunan dan pengolahan kelapa sawit terbesar di Indonesia, mengajak (nama media) hadir ke Marunda R&D Centre and Refinery, Kamis (2/3). Perusahaan menjelaskan bagaimana minyak kelapa sawit diteliti, dikembangkan, serta diolah sehingga menjadi produk yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Proses pengolahan CPO berlangsung di kilang minyak (refinery). Di sana, CPO melalui beberapa tahap pemrosesan mulai dari analisis kualitas CPO, pemisahan getah dan pengotor dari minyak (degumming), penambahan bahan pemucat untuk menyerap pigmen warna dalam minyak (bleaching), serta proses filtrasi (filtration) untuk menghilangkan sisa kandungan bahan pemucat tersebut.

Setelah mendapatkan warna minyak sawit yang dikehendaki, proses selanjutnya adalah deodorisasi (deodorisation) untuk menghilangkan bau dan asam lemak bebas. Dari proses inilah dihasilkan Palm Fatty Acid Destilate (PFAD) yang dapat digunakan untuk produksi biodiesel, bahan bakar nabati ramah lingkungan sebagai alternatif pengganti bahan bakar minyak (BBM) jenis diesel.

PFAD juga dapat digunakan untuk produksi oleokimia. Ratusan produk kebutuhan rumah tangga seperti sabun, deterjen, dan kosmetik, berasal dari bahan tersebut. Oleokimia juga dibutuhkan oleh industri lainnya seperti farmasi, pelumas, plastik, karet, dan pakan hewan. Selain serbaguna, oleokimia berbasis kelapa sawit juga mudah terurai dan terbarukan.

Proses deodorisasi tak hanya menghasilkan PFAD, tetapi juga menghasilkan Refined Bleached Deodorised Palm Oil (RBDPO). Bentuk cair RBDPO disebut olein yang biasa digunakan sebagai minyak goreng, sementara fraksi padatnya disebut stearin yang dipasarkan dalam bentuk margarin dan shortening. Pemisahan zat tersebut dikenal dengan istilah fraksionasi (fractionation).

Head of Corporate Communications Sinar Mas Agribusiness and Food, Wulan Suling, mengatakan bahwa minyak kelapa sawit erat kaitannya dengan produk konsumen yang biasa dipakai dalam keseharian. Semakin luas penggunaan produk minyak kelapa sawit, maka semakin besar pula tanggung jawab yang perlu dipenuhi oleh pihak produsen.

“Kita perlu memastikan bahwa produk minyak kelapa sawit yang digunakan oleh konsumen berasal dari praktik perkebunan dan pengolahan yang baik, bertanggung jawab, dan berkelanjutan. Di Sinar Mas Agribusiness and Food, kami berupaya memenuhi hal tersebut melalui penerapan Kebijakan Sosial Dan Lingkungan perusahaan dalam seluruh lini bisnis,” ujarnya.

Dalam kunjungan ke Sinar Mas Agribusiness and Food, terdapat pula lokakarya pembuatan sabun padat menggunakan minyak kelapa sawit. Minyak inti sawit mengandung asam lemak yang memiliki sifat membersihkan, melembutkan, dan menghasilkan busa yang dibutuhkan dalam pembuatan sabun. Kegiatan ini memperkuat pesan bahwa minyak kelapa sawit dapat digunakan untuk banyak keperluan, dalam hal ini sabun yang dipakai sehari-hari.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…