3.258 Kamar Tersedia, Pasokan Hotel Ekonomi di Bali Stagnan

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 12 Juli 2017 - 08:31 WIB

Hotel (Ilustrasi)
Hotel (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Konsultan properti Colliers International menyatakan pasokan untuk "budget hotel" atau hotel ekonomis di Bali relatif stagnan karena tidak ada pembangunan hotel ekonomis baru yang selesai pada kuartal I-2017.

"Total kamar 'budget hotel' yang terseda masih 3.258 kamar dari 29 hotel," kata Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, di Jakarta, Selasa (11/7/2017)

Kondisi tersebut, menurut dia, karena berdasarkan proyek pembangunan hingga tahun 2019, pasokan hotel di Pulau Dewata itu lebih didominasi hotel berbintang empat dan berbintang lima.

Secara keseluruhan, total proyek yang beroperasi di Bali saat ini terdiri atas 522 hotel yang terdiri atas 217 hotel berbintang tiga, 183 hotel berbintang empat, dan 122 hotel berbintang lima.

Ia juga mengungkapkan bahwa ke depannya, terdapat beberapa penerbangan internasional yang berencana untuk membuka rute tambahan ke Bandara Internasional Ngurah Rai, seperti Qantas dan Garuda Indonesia yang berupaya menangkap lebih banyak pasar Australia.

Selain itu, Qatar Airways dan EMirates juga direncanakan menambah lebih banyak penerbangan ke Bali pada kuartal III tahun ini.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra menyatakan, kunjungan mantan Presiden AS Barack Obama bersama anggota keluarganya telah melejitkan citra pariwisata Indonesia di mata dunia.

"Sejak liburan Obama ke Bali dan Yogya, trafik pencarian Google tentang daerah tersebut mengalami peningkatan luar biasa," kata Sutan Adil Hendra di Jakarta, Kamis (6/7).

Menurut politikus Partai Gerindra itu, momentum tersebut seharusnya juga dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk mempromosikan pariwisata nusantara di jagat mancanegara.

Dengan demikian, lanjutnya, maka target pemerintah yaitu 20 juta wisatawan pada tahun 2019 bisa terwujud dan juga hal tersebut dapat meningkatkan perekonomian nasional di Tanah Air.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap kedatangan mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dapat membangkitkan sektor pariwisata Indonesia.

"Harapan saya, kedatangan Obama bukan hanya sekedar kedatangan, tetapi setelah ini juga membangkitkan pariwisata Indonesia," kata Menhub di Jakarta, Sabtu (1/7).

Apalagi, selama berlibur di Tanah Air, Presiden AS ke-44 bersama keluarganya banyak mendatangi tempat-tempat wisata Indonesia.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta asosiasi biro perjalanan wisata yang tergabung dalam ASITA atau "online travel agent" (OTA) untuk mulai merancang paket wisata napak tilas Obama.

Arief mengatakan paket wisata tersebut bisa berisi perjalanan mengunjungi tempat-tempat istimewa yang pernah didatangi Barack Obama selama berlibur di Indonesia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Seminar Banten Outlook 2020

Kamis, 12 Desember 2019 - 19:42 WIB

Menteri Basuki: Pembangunan Infrastruktur Kerakyatan akan Kurangi Kesenjangan Antar Wilayah di Banten

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah di Provinsi Banten melalui penyediaan infrastruktur berbasis masyarakat (IBM).

Presiden Jokowi meresmikan Tol Layang Japek

Kamis, 12 Desember 2019 - 19:28 WIB

Diresmikan Presiden Jokowi, Jalan Tol Layang Japek Akan Kurangi Kemacetan Hingga 30 Persen

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusbandio dan Gubernur Jawa…

Presiden Joko Widodo saat melepas ekspor Isuzu Pick-up Traga (Foto: Setkab)

Kamis, 12 Desember 2019 - 19:10 WIB

Isuzu Bidik Target Ekspor 6.000 Unit Pick-up Traga Hingga Akhir 2020

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menargetkan ekspor 6.000 unit kendaraan medium pick-up Isuzu Traga ke Filipina. Target tersebut ditetapkan sejak Desember 2019 hingga akhir  2020.

12.12 realme Carnival

Kamis, 12 Desember 2019 - 18:19 WIB

12.12 realme Carnival Hadir dengan Diskon Hingga 60 Persen

Tanggal 12 Desember menjadi tanggal penting bagi yang ingin mendapatkan barang impian dengan harga khusus. Seperti realme yang memberikan kejutan kepada pelanggan dalam rangka meramaikan momentum…

Penandatanganan kerjasama Pos Indonesia dengan SiCepat dan Haistar di Gedung Filateli Jakarta, Kamis 12 Desember 2019. (Kiri ke kanan) CEO Haistar Donny Maya Wardhana, Direktur Komersial Pos Indonesia Charles Sitorus dan CEO SiCepat The Kim Hai (sumber foto: beritasatu)

Kamis, 12 Desember 2019 - 18:01 WIB

Digandeng Pos Indonesia, Sicepat Ekspres Bakal Lari Kencang

Jakarta-Bertempat di Pos Indonesia Cohive Filateli, Jakarta, pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) (12/12/2019), PT Pos Indonesia resmi menjalin kerja sama dengan SiCepat Ekspres dan…