Kemenperin Ajak Jenawa Lokal Alas Kaki Mejeng di Ajang Jakarta Sneaker Day

Oleh : Ridwan | Senin, 27 Februari 2023 - 18:57 WIB

Jakarta Sneaker Day
Jakarta Sneaker Day

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong para pelaku industri alas kaki dalam negeri untuk meningkatkan daya saing dan merebut peluang pasar. 

Salah satu upayanya adalah dengan menggandeng jenama (brand) lokal untuk tampil dalam berbagai ajang yang diselenggarakan penggiat alas kaki di Tanah Air.

Dukungan terhadap industri alas kaki tersebut diwujudkan oleh Balai Besar Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) dengan keikutsertaan dalam Jakarta Sneaker Day  Solebration 2023. 

Lewat ajang tersebut, BPIPI mengajak beberapa jenama lokal alas kaki untuk tampil pada agenda Sneaker Show dalam rangkaian Jakarta Sneaker Day Solebration 2023, yang juga merupakan kolaborasi antara komunitas Jakarta Sneaker Day (JSD) dengan ESMOD.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program dari kampanye #IndonesiaMelangkah yang bertujuan untuk mengajak para pelaku industri alas kaki di Indonesia bersama-sama saling mendukung dan berkolaborasi," jelas Kepala BPIPI Kemenperin Syukur Idayati saat pelaksanaan Sneaker Show di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Sabtu (25/02).

Upaya ini didasari oleh keinginan untuk membawa industri alas kaki agar semakin berdaya saing. Sebagai salah satu subsektor industri yang berperan terhadap perekonomian, industri alas kaki semakin memiliki tempat di hati masyarakat dan berpeluang  besar untuk mengisi pasar dalam negeri. 

Data Badan Pusat Statistik menunjukkan, pada triwulan IV - 2022, pertumbuhan industri alas kaki mencapai Rp30,8 triliun, dengan nilai ekspor sebesar USD7,7 miliar.

"Pasar domestik luar biasa, namun begitu brand lokal masih kewalahan untuk memenuhi pasar ini. Misalnya, ada beberapa yang belum memiliki workshop sendiri. Maka perlu kolaborasi antara para pelaku industri alas kaki sendiri," jelas Kepala BPIPI Kemenperin.

BPPI merupakan satuan kerja di bawah Kemenperin yang fokus mengembangkan industri kecil dan menengah (IKM) alas kaki. 

BPIPI membina IKM alas kaki untuk dapat meningkatkan kualitas produknya. Gerakan #IndonesiaMelangkah mendorong keterlibatan para pelaku usaha alas kaki dari hulu ke hilir dengan mengusung semangat kebersamaan, kecintaan pada profesi, dan komitmen untuk terus berkembang.

BPIPI telah aktif bersinergi dengan Jakarta Sneaker Day sejak tahun 2018 dengan terus menghadirkan  jenama-jenama lokal. Dalam kesempatan ini, BPIPI menghadirkan jenama lokal pada sneaker show, antara lain Artemis Ethereal, Bitka, Brundi, Footwear Emba, Kanky, Ortuseight, Pijakbumi, dan Prabu Indonesia.

CEO Kanky, Alfonsus Ivan Kurniadi memberikan apresiasi kepada pemerintah terhadap dukungan yang diberikan untuk IKM alas kaki melalui program pelatihan, penyuluhan hingga gelaran pameran untuk memperkenalkan jenama lokal.

"Kami berharap bisa menjadi tuan di negeri sendiri. Banyak support pemerintah dan penggiat sneakers untuk menggaungkan produk lokal ini," lanjut Alfonsus yang juga menggelar booth di JSD  Solebration 2023 lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.