Kemenperin Ajak Jenawa Lokal Alas Kaki Mejeng di Ajang Jakarta Sneaker Day

Oleh : Ridwan | Senin, 27 Februari 2023 - 18:57 WIB

Jakarta Sneaker Day
Jakarta Sneaker Day

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong para pelaku industri alas kaki dalam negeri untuk meningkatkan daya saing dan merebut peluang pasar. 

Salah satu upayanya adalah dengan menggandeng jenama (brand) lokal untuk tampil dalam berbagai ajang yang diselenggarakan penggiat alas kaki di Tanah Air.

Dukungan terhadap industri alas kaki tersebut diwujudkan oleh Balai Besar Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) dengan keikutsertaan dalam Jakarta Sneaker Day  Solebration 2023. 

Lewat ajang tersebut, BPIPI mengajak beberapa jenama lokal alas kaki untuk tampil pada agenda Sneaker Show dalam rangkaian Jakarta Sneaker Day Solebration 2023, yang juga merupakan kolaborasi antara komunitas Jakarta Sneaker Day (JSD) dengan ESMOD.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program dari kampanye #IndonesiaMelangkah yang bertujuan untuk mengajak para pelaku industri alas kaki di Indonesia bersama-sama saling mendukung dan berkolaborasi," jelas Kepala BPIPI Kemenperin Syukur Idayati saat pelaksanaan Sneaker Show di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Sabtu (25/02).

Upaya ini didasari oleh keinginan untuk membawa industri alas kaki agar semakin berdaya saing. Sebagai salah satu subsektor industri yang berperan terhadap perekonomian, industri alas kaki semakin memiliki tempat di hati masyarakat dan berpeluang  besar untuk mengisi pasar dalam negeri. 

Data Badan Pusat Statistik menunjukkan, pada triwulan IV - 2022, pertumbuhan industri alas kaki mencapai Rp30,8 triliun, dengan nilai ekspor sebesar USD7,7 miliar.

"Pasar domestik luar biasa, namun begitu brand lokal masih kewalahan untuk memenuhi pasar ini. Misalnya, ada beberapa yang belum memiliki workshop sendiri. Maka perlu kolaborasi antara para pelaku industri alas kaki sendiri," jelas Kepala BPIPI Kemenperin.

BPPI merupakan satuan kerja di bawah Kemenperin yang fokus mengembangkan industri kecil dan menengah (IKM) alas kaki. 

BPIPI membina IKM alas kaki untuk dapat meningkatkan kualitas produknya. Gerakan #IndonesiaMelangkah mendorong keterlibatan para pelaku usaha alas kaki dari hulu ke hilir dengan mengusung semangat kebersamaan, kecintaan pada profesi, dan komitmen untuk terus berkembang.

BPIPI telah aktif bersinergi dengan Jakarta Sneaker Day sejak tahun 2018 dengan terus menghadirkan  jenama-jenama lokal. Dalam kesempatan ini, BPIPI menghadirkan jenama lokal pada sneaker show, antara lain Artemis Ethereal, Bitka, Brundi, Footwear Emba, Kanky, Ortuseight, Pijakbumi, dan Prabu Indonesia.

CEO Kanky, Alfonsus Ivan Kurniadi memberikan apresiasi kepada pemerintah terhadap dukungan yang diberikan untuk IKM alas kaki melalui program pelatihan, penyuluhan hingga gelaran pameran untuk memperkenalkan jenama lokal.

"Kami berharap bisa menjadi tuan di negeri sendiri. Banyak support pemerintah dan penggiat sneakers untuk menggaungkan produk lokal ini," lanjut Alfonsus yang juga menggelar booth di JSD  Solebration 2023 lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jackson Suwargo memberi sambutan di ajang Jackson Kids Star 2024 yang digelar di Senayan Park Jakarta (20/7/2024)

Sabtu, 20 Juli 2024 - 23:52 WIB

Jackson Kids Star 2024 Lakukan Pencarian Ambassador Cilik di Senayan Park

Jackson Kids Star 2024 adalah ajang tahunan yang digelar untuk mencari brand ambassador Jakcson Kids.

Hakim Mahkamah Konstitusi Arsul Sani, salah satu pendiri Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi (PADSK) memberikan sambutan penutup International Conference bertajuk "Synchronizing the application of FIDIC Contracts with specific related project country's regulation to avoid disputes", di Jakarta

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:47 WIB

Hakim MA Berharap Penyelesaian Sengketa Konstruksi Bisa Lebih Baik

Hakim Mahkamah Konstitusi Arsul Sani sebagai salah satu pendiri Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi (PADSK) mengingatkan agar PADSK selaku stakeholder APS dapat menyampaikan usulan perbaikan…

Peragaan Busana Muslim dan Audisi Model MUFFEST+ di Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta.

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:13 WIB

MUFFEST+ Gelar Peragaan Busana dan Audisi Model di Stasiun MRT Bundaran HI

MUFFEST+ ditargetkan menjadi jendela dunia yang memperlihatkan perkembangan industri fesyen muslim Indonesia yang siap merambah pasar global dari segi kualitas, kuantitas, inovasi bisnis, teknologi,…

Ustadz Bachtiar Nasir bersama jajarannya menyatakan persiapan konvoi Bela Palestina

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:42 WIB

Bela Palestina Segera Digelar dengan Konvoi Kendaraan

Membela Palestina sangat banyak ragamnya. Untuk membuktikan kepedulian Indonesia, para Ustadz mengajak masyarakat membela Palestina. Ajakan berupa Konvoi menggunakan kendaraan.

Feng shui (foto ilustrasi)

Sabtu, 20 Juli 2024 - 17:37 WIB

Tips Memaksimalkan Feng Shui Rumah Agar Bawa Keberuntungan

Home Feng Shui merupakan teknik menganalisa rumah. Terlebih di dalam rumah terdapat aliran energi. Aliran ini bisa memancarkan energi positif maupun negatif. Hal itu tergantung dari arah letak…