SWA Apresiasi Pemilik Customer Experience Terbaik di Indonesia

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 25 Februari 2023 - 05:14 WIB

Para penerima apresiasi SWA
Para penerima apresiasi SWA

INDUSTRY.co.id-Jakarta- Dalam beberapa tahun kebelakang, customer experience menjadi kata kunci penting bagi pemilik merek untuk membangun loyalitas serta engagement pelanggan.

Dengan memberikan pengalaman yang positif dan menyenangkan maka akan tercipta loyalitas bagi para pelanggannya. Tidak hanya itu, pelanggan juga bisa menjadi evangelist bagi perusahaan untuk menyebarluaskan jasa dan produk kepada kerabat secara lebih luas. Melihat peran customer experience yang semakin krusial, SWA Media dan Business Digest  menyelenggarakan ajang penghargaan Indonesia Customer Experience Awards 2023 untuk mengapresiasi perusahaan dalam menjalankan customer experience di perusahaanya.

Survei ini dilakukan di 6 kota yakni Medan, Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya dan Makassar dengan metodologi wawancara face to face kepada 5000 pengguna merek yang merupakan user dari berbagai sektor produk dan jasa. Hasil survei tersebut didapat dengan menilai pengalaman responden terhadap merek yang pernah digunakan. Adapun acuan penilaian yang digunakan meliputi aspek kognitif, afektif, perilaku, dan sosial.

Acara puncak webinar sharing session hasil survei dilakukan secara online dengan mengangkat tema “The Power of Customer Experience in Driving Customer Engagement & Business Growth”. Pembicara handal pun dihadirkan untuk memberikan inspirasi best practice customer experience di bidangnya masing-masing yang mewakili produk dan jasa yang berbeda. Keempat narasumber yang disebut di awal adalah Dr. Rudy C Susilo, CEO KMN EyeCare; Dr. Rini Setiowati, MBA, Dean of Binus Business School Master Program; Utaminingsih Udjang, Vice President Transaction Banking Retail Sales PT Bank Mandiri (Persero), Tbk, dan Rudy Dalimunthe, SVP of Sales Operation and Product Tokopedia. Kemal E Gani, Group Chief Editor SWA Media Group menjelaskan bahwa memberikan service yang excellence kepada pelanggan adalah sesuatu yang tak bisa ditawar lagi.

Selain fokus pada peningkatan pengalaman pelanggan di setiap touch point yang dijelajahi, membangun user experience di aplikasi juga penting dilakukan. Sebab, perusahaan harus bisa menjembatani layanan offline dan online untuk meningkatkan customer experience di era kiwari. “Pelanggan sudah terbiasa dengan model hybrid service. Online dan offline sudah menjadi satu kesatuan sehingga customer journey harus prima dan seemless,” kata dia dalam webinar yang diselenggarakan Kamis (23/02/2023).

Selain itu, penggunaan big data juga harus dioptimalkan untuk memperoleh data pelanggan sehingga perusahaan bisa mengetahui lebih detail kebiasaan pelanggan. Kemal Gani melanjutkan, perusahaan juga harus mengembangkan layanan home service dan drive thru agar pengalaman yang didapat pelanggan bisa lebih luas dan beragam. Namun, layanan tersebut harus dikombinasikan dengan aplikasi sehingga pengisian formulir dan pembayaran bisa dilakukan secara digital. Hal ini tentu akan lebih mempermudah journey pelanggan.

“Penting juga untuk menghandle komplain dengan menyiapkan telekonsultasi dan chat di mobile dengan experience terbaik. Hal penting lain juga adalah memperbesar contact center,” ujarnya. Lebih jauh, dia memaparkan, konsumen bisa membeli produk dan jasa dengan loyal karena pengalaman customer experience yang dialami. Hal ini penting untuk menjaga engagement dan loyalitas pelanggan sehingga bisnis bisa terus berkelanjutan.

“Selamat kepada perusahaan yang sudah memperoleh skor yang tinggi dalam survei yang diselenggarakan di masing-masing kategori dan berhak memperoleh predikat Indonesia Customer Experience Awards 2023,” kata dia.

Berdasarkan hasil survei yang dikumpulkan, berikut beberapa perusahaan atau brand yang menerima penghargaan Indonesia Customer Experience Awards 2023. Mamikos, AXA Mandiri Financial Services, Manulife, Asuransi Perjalanan AXA (AXA Travel Insurance), Telkomsel, Telkomsel GraPARI, Telkomsel Orbit, OVO, BINUS BUSINESS SCHOOL, Modena, J&T Express, BNI Life Insurance (B-Life Link), Sasa, KMN EyeCare, OPPO, Dompet Dhuafa, Kopi ABC, Prodia, LM Antam, Indocafe Coffeemix, Kalla Toyota, Tokopedia, PHILIPS, Solaria, dan Mandiri e-money.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kerjasama Fasset dan MBSB

Rabu, 24 April 2024 - 16:33 WIB

Fasset dan MBSB Jajaki Solusi Perbankan Berbasis Blockchain di Malaysia

Penyedia platform aset digital, Fasset menandatangani LOI dengan Malaysia Building Society Berhad (MBSB) pada KTT KL20, Senin, 22 April 2024. Kemitraan ini menandai masuknya Fasset ke Malaysia,…

BRI pastikan narasi ini hoax

Rabu, 24 April 2024 - 15:35 WIB

BRI Pastikan Hoax Berita Uang Nasabah Hilang Akibat Bansos Saat Pemilu

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) kembali diterpa hoax. Itu dipastikan narasi di media sosial tidaklah benar.

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Kusnanto Saidi

Rabu, 24 April 2024 - 12:05 WIB

Salah Sebut Data LHKPN Kusnanto Saidi, Ini Kata Pengamat

Muncul pemberitaan Direktur RSUD Chasbullah Abdul Majid Kota Bekasi Dr. dr. Kusnanto Saidi, MARS yang tidak melaporkan harta kekayaan dalam 2 tahun terakhir. Menyikapi hal tersebut, pengamat…