SWA Apresiasi Pemilik Customer Experience Terbaik di Indonesia

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 25 Februari 2023 - 05:14 WIB

Para penerima apresiasi SWA
Para penerima apresiasi SWA

INDUSTRY.co.id-Jakarta- Dalam beberapa tahun kebelakang, customer experience menjadi kata kunci penting bagi pemilik merek untuk membangun loyalitas serta engagement pelanggan.

Dengan memberikan pengalaman yang positif dan menyenangkan maka akan tercipta loyalitas bagi para pelanggannya. Tidak hanya itu, pelanggan juga bisa menjadi evangelist bagi perusahaan untuk menyebarluaskan jasa dan produk kepada kerabat secara lebih luas. Melihat peran customer experience yang semakin krusial, SWA Media dan Business Digest  menyelenggarakan ajang penghargaan Indonesia Customer Experience Awards 2023 untuk mengapresiasi perusahaan dalam menjalankan customer experience di perusahaanya.

Survei ini dilakukan di 6 kota yakni Medan, Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya dan Makassar dengan metodologi wawancara face to face kepada 5000 pengguna merek yang merupakan user dari berbagai sektor produk dan jasa. Hasil survei tersebut didapat dengan menilai pengalaman responden terhadap merek yang pernah digunakan. Adapun acuan penilaian yang digunakan meliputi aspek kognitif, afektif, perilaku, dan sosial.

Acara puncak webinar sharing session hasil survei dilakukan secara online dengan mengangkat tema “The Power of Customer Experience in Driving Customer Engagement & Business Growth”. Pembicara handal pun dihadirkan untuk memberikan inspirasi best practice customer experience di bidangnya masing-masing yang mewakili produk dan jasa yang berbeda. Keempat narasumber yang disebut di awal adalah Dr. Rudy C Susilo, CEO KMN EyeCare; Dr. Rini Setiowati, MBA, Dean of Binus Business School Master Program; Utaminingsih Udjang, Vice President Transaction Banking Retail Sales PT Bank Mandiri (Persero), Tbk, dan Rudy Dalimunthe, SVP of Sales Operation and Product Tokopedia. Kemal E Gani, Group Chief Editor SWA Media Group menjelaskan bahwa memberikan service yang excellence kepada pelanggan adalah sesuatu yang tak bisa ditawar lagi.

Selain fokus pada peningkatan pengalaman pelanggan di setiap touch point yang dijelajahi, membangun user experience di aplikasi juga penting dilakukan. Sebab, perusahaan harus bisa menjembatani layanan offline dan online untuk meningkatkan customer experience di era kiwari. “Pelanggan sudah terbiasa dengan model hybrid service. Online dan offline sudah menjadi satu kesatuan sehingga customer journey harus prima dan seemless,” kata dia dalam webinar yang diselenggarakan Kamis (23/02/2023).

Selain itu, penggunaan big data juga harus dioptimalkan untuk memperoleh data pelanggan sehingga perusahaan bisa mengetahui lebih detail kebiasaan pelanggan. Kemal Gani melanjutkan, perusahaan juga harus mengembangkan layanan home service dan drive thru agar pengalaman yang didapat pelanggan bisa lebih luas dan beragam. Namun, layanan tersebut harus dikombinasikan dengan aplikasi sehingga pengisian formulir dan pembayaran bisa dilakukan secara digital. Hal ini tentu akan lebih mempermudah journey pelanggan.

“Penting juga untuk menghandle komplain dengan menyiapkan telekonsultasi dan chat di mobile dengan experience terbaik. Hal penting lain juga adalah memperbesar contact center,” ujarnya. Lebih jauh, dia memaparkan, konsumen bisa membeli produk dan jasa dengan loyal karena pengalaman customer experience yang dialami. Hal ini penting untuk menjaga engagement dan loyalitas pelanggan sehingga bisnis bisa terus berkelanjutan.

“Selamat kepada perusahaan yang sudah memperoleh skor yang tinggi dalam survei yang diselenggarakan di masing-masing kategori dan berhak memperoleh predikat Indonesia Customer Experience Awards 2023,” kata dia.

Berdasarkan hasil survei yang dikumpulkan, berikut beberapa perusahaan atau brand yang menerima penghargaan Indonesia Customer Experience Awards 2023. Mamikos, AXA Mandiri Financial Services, Manulife, Asuransi Perjalanan AXA (AXA Travel Insurance), Telkomsel, Telkomsel GraPARI, Telkomsel Orbit, OVO, BINUS BUSINESS SCHOOL, Modena, J&T Express, BNI Life Insurance (B-Life Link), Sasa, KMN EyeCare, OPPO, Dompet Dhuafa, Kopi ABC, Prodia, LM Antam, Indocafe Coffeemix, Kalla Toyota, Tokopedia, PHILIPS, Solaria, dan Mandiri e-money.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sujith Abraham, Senior Vice President dan General Manager Salesforce ASEAN

Rabu, 17 April 2024 - 17:44 WIB

Salesforce Perkenalkan Inovasi AI dan Data Tepercaya untuk Bisnis di Innovation Day Jakarta

AI CRM, Salesforce memperkenalkan inovasi terbaru dari AI dan data terpercaya di Salesforce Innovation Day Jakarta, termasuk Einstein Copilot, Einstein 1 Studio, dan rilis Data Cloud Spring…

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong

Rabu, 17 April 2024 - 16:29 WIB

Registrasi Media Dibuka, Indonesia Dorong Jurnalis Promosikan Pengelolaan Air Berkelanjutan di World Water Forum ke-10

World Water Forum ke-10 akan menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk mendorong dan menginspirasi dunia melalui inisiatif tingkat tinggi dalam mengatasi masalah air global.

BTN: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. masuk dalam Top 3 perusahaan untuk pengembangan karier di Indonesia tahun 2024.

Rabu, 17 April 2024 - 15:54 WIB

Wow Keren! Tancap Gas Dalam Pengembangan Karyawan, BTN Tempati Posisi Top 3 Untuk Pengembangan Karier

Jakarta- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menempati posisi Top 3 tempat kerja terbaik untuk pengembangan karir di Indonesia versi Linked in tahun 2024.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Northeastern University di Boston

Rabu, 17 April 2024 - 11:52 WIB

Menparekraf Jajaki Peluang Kerja Sama dengan Northeastern University Boston

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Northeastern University di…

Hutama Karya Catat 1.560.000 Kendaraan Lintasi Jalan Tol Trans Sumatera Selama Mudik Lebaran 2024

Rabu, 17 April 2024 - 11:36 WIB

Hutama Karya Catat 1.560.000 Kendaraan Lintasi Jalan Tol Trans Sumatera Selama Mudik Lebaran 2024

Selama periode Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 (3-16 April 2024), PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mencatat Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan yang melintas di Jalan Tol Trans Sumatera…