Pertamina Patra Niaga-Kirana Mitraabadi Bermitra Produksi Paraffin Wax Dalam Negeri

Oleh : Wiyanto | Kamis, 23 Februari 2023 - 20:24 WIB

Direktur Utama PT Kirana Mitraabadi, Edo Karina Lesmana bersama Vice President Petrochemical Industry Business, PT Pertamina Patra Niaga, Oos Kosasih berserta jajarannya.
Direktur Utama PT Kirana Mitraabadi, Edo Karina Lesmana bersama Vice President Petrochemical Industry Business, PT Pertamina Patra Niaga, Oos Kosasih berserta jajarannya.

INDUSTRY.co.id- PT Pertamina Persero melalui Sub-Holding Commercial and Trading, yakni Patra Niaga, dan PT Kirana Mitraabadi melanjutkan kerja sama produksi paraffin wax dalam negeri dengan menandatangani kontrak kemitraan di kantor PT Kirana Mitraabadi di Cikupa, Kab. Tangerang.

Kontrak kerja sama ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari kontrak-kontrak periode sebelumnya, tapi dengan penajaman kemitraan terkait produksi paraffin wax dalam negeri. Kedua pihak sepakat untuk melakukan peningkatan volume kerja sama dan memperluas varian produk yang akan dihasilkan.

Penajaman kemitraan ini dilandasi visi yang sama dari PT Pertamina Patra Niaga dan PT Kirana Mitraabadi: peningkatan produksi paraffin wax dalam negeri untuk memperkuat penyediaan bahan baku untuk beragam industri domestik yang selama ini bergantung pada impor.

Paraffin wax adalah sebuah produk yang diserap oleh banyak industri, baik domestik maupun luar negeri. Sebagai sebuah komoditas, paraffin wax menjadi bahan baku yang digunakan dan ikut menentukan kualitas banyak produk: ban, pupuk, dan lilin hingga produk-produk perawatan diri dan farmasi, bahkan batik dan garmen. Dengan demikian, paraffin wax bisa menjadi strategis dalam keseluruhan kerangka industri Indonesia.

PT Pertamina Patra Niaga di dalam penandatanganan kerja sama ini diwakili oleh Vice President Petrochemical Industry Business, Oos Kosasih. Oos mengungkapkan betapa strategisnya bisnis ini untuk PT Pertamina Patra Niaga dan dunia industri Indonesia. Ia juga menyinggung soal hilirisasi yang dilakukan lewat kerja sama PT Pertamina Patra Niaga dan PT Kirana Mitraabadi ini.

“PT Pertamina Patra Niaga selalu berusaha melakukan pengembangan lewat kemitraan-kemitraan seperti ini. Kami berharap kemitraan seperti ini mampu meningkatkan kapasitas bisnis kami serta menjadi cara untuk melakukan hilirisasi yang meningkatkan nilai pemanfaatan sebuah komoditas. Tak hanya itu, kemitraan ini secara khusus juga akan bermanfaat bagi banyak industri yang membutuhkan paraffin wax,” ujar Oos.

Edo Krisna Lesmana, Direktur Utama PT Kirana Mitraabadi, yang mewakili perusahaannya di dalam penekenan kontrak kerja sama ini, mengungkapkan hal senada. Edo menyebut penajaman dan perluasan kemitraan ini akan meningkatkan kemampuan perusahaannya untuk memenuhi kebutuhan lebih banyak industri.

“Dengan semakin banyaknya ketersediaan bahan baku yang kami peroleh, akan semakin banyak luas variasi produksi yang bisa kami sediakan untuk banyak industri di Indonesia. Ini merupakan cita-cita yang kami usung dalam memproduksi paraffin wax ini,” tutur Edo.

Oos dan Edo sama-sama berharap bahwa kemitraan ini akan menjadi awal dari sesuatu yang lebih besar lagi yang akan menguntungkan banyak pihak, termasuk banyak industri di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Kamis, 18 April 2024 - 06:27 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP., menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Perhubungan Angkatan Darat (Kapushubad)…

Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha

Kamis, 18 April 2024 - 06:18 WIB

Panglima TNI : Hati-Hati dan Teliti Dalam Bertindak, Serta Selalu Menjaga Kewaspadaan Dimanapun Berada

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar upacara bendera 17 April 2024, dengan Inspektur upacara Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Kamis, 18 April 2024 - 06:11 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., bersama para Pejabat utama Mabes TNI, dan segenap Prajurit serta PNS Mabes TNI, melaksanakan Apel Khusus dalam rangka Halal Bihalal 1445…

Tokoh Muda Marianus Wilhelmus Lawe

Kamis, 18 April 2024 - 06:04 WIB

Tokoh Muda Marianus Wilhelmus Lawe Digadang Maju Pilkada Lembata

Tokoh masyarakat Lembata sekaligus politisi senior Herman Yosef Loli Wutun menyambut baik munculnya sejumlah figur muda dalam perhelatan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Lembata pada Pemilihan…

Loker Perpusnas Jl Medan Merdeka Selatan Jakarta

Rabu, 17 April 2024 - 22:20 WIB

Perpusnas Mohon Maaf Atas Kehilangan Barang di Loker Perpusnas Jl Medan Merdeka Selatan

Perpusnas mengimbau kepada pemustaka baik secara langsung maupun melalui pengeras suara untuk selalu membawa ponsel, laptop, dompet serta barang berharga lainnya dan tidak meninggalkannya di…