Menteri Longuinhos Ungkap Dua Alasan Kirim Mahasiswa Timor Leste Timba Ilmu di Presuniv

Oleh : Ridwan | Kamis, 23 Februari 2023 - 10:25 WIB

Menteri Pendidikan Tinggi, Sains dan Kebudayaan Timor Leste, Longuinhos dos Santos melalukan kunjungan ke President University (Presuniv)
Menteri Pendidikan Tinggi, Sains dan Kebudayaan Timor Leste, Longuinhos dos Santos melalukan kunjungan ke President University (Presuniv)

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Menteri Pendidikan Tinggi, Sains dan Kebudayaan Timor Leste, Longuinhos dos Santos melalukan kunjungan ke President University (Presuniv) di Jababeka Education Park, Kota Jababeka, Cikarang, Bekasi, Selasa (14/2) pekan lalu. 

Dalam kunjungan tersebut, dirinya merasa senang dapat menyaksikan mahasiswa-mahasiswa Timor Leste bisa kuliah di Presuniv.

"Semoga kelak setelah lulus mereka bisa segera kembali untuk membangun negaranya, Timor Leste," kata Longuinhos.

Dalam kesempatan kunjungan tersebut Menteri Longuinhos dos Santos mengungkapkan alasannya mengapa Pemerintah Timor Leste memilih mengirimkan para mahasiswanya untuk kuliah di Presuniv.

"Ada dua alasan. Pertama, sistem pendidikan di Presuniv yang mengombinasikan teori dan praktek secara bersamaan. Ini terutama didukung oleh perusahaan-perusahaan yang ada di kawasan industri Jababeka. Kedua, penggunaan bahasa Inggris dalam perkuliahan. Semua itu pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan mahasiswa Timor Leste," terangnya.

Banyak hal yang didiskusikan dalam kunjungan tersebut, diantaranya, Menteri Longuinhos dos Santos juga menanyakan kendala yang dihadapi mahasiswa Timor Leste selama mengikuti perkuliahan di Presuniv.

Rektor Presuniv Prof. Dr, Chairy dalam sambutannya mengaku bangga Presuniv menjadi pilihan dari Pemerintah Timor Leste dalam mengembangkan sumber daya manusianya.

"Kami akan bekerja keras untuk mendidik mahasiswa-mahasiswa dari Timor Leste agar kelak menjadi pemimpin-pemimpin yang unggul dan mampu berkontribusi dalam pembangunan di negaranya," katanya.

Mengenai kendala, ungkap Chairy, secara umum yang dihadapi oleh sebagian besar mahasiswa ketika kuliah di Presuniv adalah kemampuan dalam berbahasa Inggris. 

"Namun, khusus untuk mahasiswa Timor Leste, saya melihat mereka cukup cepat dalam belajar bahasa dan menunjukkan keinginan yang kuat untuk terus berkembang. Jadi, kemampuan berbahasa Inggris bukan kendala besar bagi mereka," ucap Prof. Chairy.

Kunjungan Menteri Longuinhos dos Santos adalah salah satu bentuk kegiatan yang mewarnai hubungan kerja sama antara Presuniv dengan Pemerintah Timor Leste. Kerja sama ini sudah terjalin sejak tujuh tahun silam. 

Ada berbagai kegiatan yang mewarnai hubungan kerja sama tersebut, salah satunya adalah Cultural Festival 2022 yang bertema Inclusive Journey in Diversity yang dilaksanakan akhir November tahun lalu di Hollywood Junction di Jl. H. Usmar Ismail, Jababeka, Cikarang.

Para mahasiswa Timor Leste ikut aktif berpartisipasi dalam kegiatan festival budaya internasional yang diselenggarakan oleh Presuniv tersebut. Kegiatan festival budaya ini juga melibatkan seluruh mahasiswa asing dari berbagai negara di dunia, seperti China, Vietnam, Fiji, Pakistan, Peru, Kazakhstan, Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya.

Sebelumnya pada Juli 2022, delegasi dari Timor Leste juga berkunjung ke kampus Presuniv. Mereka terdiri dari Antonio Verdial de Sousa, Ketua Komisi G Parlemen Nasional Timor Leste, Gabriela Alves yang menjadi Sekretaris Komisi G, Aderito Manuel Aves Guterres, Atase Pendidikan Timor Leste untuk Republik Indonesia, serta jajaran lainnya.

Kehadiran mereka diterima oleh Chairy, Direktur Penerimaan Mahasiswa Asing Michael Rino, dan anggota tim Presuniv lainnya.

Kemudian, Presuniv juga memfasilitasi mahasiswa Timor Leste untuk membentuk asosiasi mahasiswa Timor Leste di Presuniv. Organisasi tersebut dinamai President University Timorese Student Association atau PUTSA. 

Peresmian PUTSA pada akhir Mei 2019 di D’Khayangan, Jababeka, tersebut dilakukan oleh Handa S. Abidin, Wakil Rektor Bidang Akademik, dan dihadiri oleh Hitu de Jesus dari Kedutaan Besar Timor Leste beserta staf.

Mahasiswa Timor Leste tercatat juga ikut berpartisipasi dalam lomba Imlek Festival pada pertengahan Februari beberapa tahun lalu. Salah satu bentuk kegiatan dalam festival ini adalah lomba menyanyi dan drama dengan menggunakan bahasa Mandarin.

Saat ini tercatat ada ratusan mahasiswa asal Timor Leste yang kuliah di Presuniv. Mereka datang dari berbagai sekolah terbaik yang ada di Timor Leste, seperti St. Magdalena Canossa, San Pedro, St. Jude Thadeus International School, San Jose, Collegio De Santo Inacio De Lolola, dan Collegio Paulo. 

Dalam kunjungannya kali ini juga dilakukan penandatanganan perpanjangan perjanjian kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara pihak Timor Leste dengan Presuniv. 

Perpanjangan MoU yang berlaku untuk tahun 2023 hingga 2028 tersebut menyepakati beberapa hal, diantaranya, Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Kebudayaan Timor Leste akan secara reguler mengirimkan siswa lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas-nya (SLTA) untuk melanjutkan pendidikannya di Presuniv melalui berbagai skema. 

Baik pihak Timor Leste maupun Presuniv menilai positif perpanjangan perjanjian kesepahaman tersebut. 

Kami menyambut baik perpanjangan MoU ini. Kami selalu siap untuk berpartisipasi dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia dari Timor Leste," tutup Prof. Chairy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…