Dukung Bulan Literasi Kripto 2023, Luno Perkuat Edukasi Seputar Investasi Aset Kripto untuk Pelanggan

Oleh : Herry Barus | Rabu, 22 Februari 2023 - 17:26 WIB

Luno Perkuat Edukasi Seputar Investasi Aset Kripto untuk Pelanggan
Luno Perkuat Edukasi Seputar Investasi Aset Kripto untuk Pelanggan

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Tren investasi aset kripto di Indonesia masih terus bertumbuh dan disambut positif oleh masyarakat di Indonesia. Pertumbuhan tersebut terlihat dari data yang dimiliki oleh Bappebti, di mana jumlah pelanggan atau investor aset kripto yang terdaftar di Indonesia sampai November 2022 tercatat sebanyak 16,55  juta pelanggan, yang didominasi milenial berusia antara 18-30 tahun sebesar 48,7 persen.  Seiring dengan pertumbuhan industri aset kripto di Indonesia, edukasi dan literasi kripto juga merupakan hal penting yang harus terus ditingkatkan agar masyarakat bisa lebih memahami tentang cara berinvestasi yang aman, bertanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada.

Melihat pentingnya edukasi dan literasi aset kripto, Luno sebagai aplikasi investasi aset kripto global yang memiliki misi untuk menghadirkan investasi kripto untuk siapa saja dan di mana saja, mendukung penuh program Bulan Literasi Kripto 2023 yang diinisiasi oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) bersama Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo).

Jay Jayawijayaningtiyas, Country Manager Luno Indonesia mengatakan, “Kami melihat Bulan  Literasi  Kripto  2023  ini merupakan momentum yang tepat untuk terus meningkatkan edukasi dan literasi masyarakat terhadap investasi aset kripto. Maka dari itu, Luno Indonesia berkomitmen untuk aktif berpartisipasi dan mendukung kegiatan Bulan Literasi Kripto melalui berbagai inisiatif yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan lebih banyak lagi kepada masyarakat tentang risiko, manfaat, dan potensi dari investasi aset kripto.”

Salah satu inisiatif yang dilakukan Luno Indonesia dalam mendukung Bulan Literasi   Kripto 2023 adalah dengan menyelenggarakan webinar yang bertajuk “Trading Kripto Saat Kondisi Pasar Tak Menentu” yang merupakan forum sharing session dari pemenang kompetisi Luno Wallet Festival 2022 mengenai strategi trading dalam menghadapi kondisi pasar kripto yang penuh tantangan.

Sebagai informasi, Luno Wallet Festival merupakan kompetisi trading pertama yang diselenggarakan oleh Luno pada tanggal 21 November 2022 - 19 Desember 2022 lalu. Dalam kegiatan tersebut, Luno mengajak para pelanggan untuk bertransaksi melalui fitur dompet instan Luno. Dalam kompetisi ini, Luno menyediakan total hadiah hingga Rp100 Juta bagi para pelanggan dengan volume transaksi terbesar.

Juara Pertama Luno Wallet Festival, Romi Rahmada Putra menyambut dengan sangat baik inisiatif Luno untuk terus mengedukasi para pelanggannya agar dapat memahami investasi atau trading kripto. “Dengan adanya kompetisi trading Luno Wallet Festival dapat membuat teman-teman trader kripto yang tadinya pasif dalam melakukan transaksi menjadi lebih aktif, terutama agar dapat memenangkan kompetisi Luno Wallet Festival. Sebab, sebelum memulai investasi atau trading kripto, masyarakat perlu memahami dengan baik seperti apa risikonya dan bagaimana cara melakukan analisis teknikal, serta apa saja berita-berita yang dapat mempengaruhi market. Sehingga, dengan begitu trader dapat menentukan dengan lebih bijak kapan waktunya membeli dan menjual” ujarnya.

Tidak jauh berbeda, Juara Kedua Luno Wallet Festival yang juga seorang Freelance Graphic Designer, Nanda Pradana, mengatakan, “Dalam dunia investasi kripto, kita dituntut untuk terus belajar, entah itu dari Youtube, buku, ataupun langsung dari sesama trader. Kemudian aplikasikan pengetahuan yang telah didapat dengan terus mengevaluasi strategi trading yang dilakukan. Bisa saja hasilnya tidak sesuai rencana dan tentunya harus bersiap untuk setiap risiko yang mungkin terjadi, karena market kripto penuh dengan kejutan. Namun, jangan pernah ragu untuk terus mencoba. Karena saat kita mulai investasi atau trading dan mengalami kerugian, di situlah kita mulai belajar dari kesalahan.

Luno menyadari, pada tahun 2022 banyak peristiwa dan tantangan di industri kripto. Meskipun demikian, antusiasme para trader Luno dalam kompetisi trading Luno Wallet Festival sangatlah tinggi. “Selain dalam rangka merayakan Bulan Literasi Kripto 2023, kegiatan edukasi dalam bentuk webinar ini juga bertujuan untuk mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada pelanggan, calon pelanggan, dan masyarakat umum mengenai implementasi, mekanisme dan institusi yang terlibat dalam perdagangan Pasar Aset Kripto di Indonesia. Melalui edukasi ini, kami berharap dapat semakin memperkenalkan aset kripto kepada masyarakat sebagai salah satu alternatif yang kuat dalam perdagangan komoditas,” tambah Jay.

Selain mengadakan inisiatif dalam bentuk kompetisi dan webinar, Luno juga menyediakan edukasi melalui Luno Discover (discover.luno.com/id/) yang menawarkan panduan komprehensif tentang kripto untuk membekali investor dengan pengetahuan yang tepat tentang investasi mereka sekaligus mengevaluasi potensi kripto jangka panjang dan bagaimana memitigasi risiko secara efektif.

“Aset Kripto mungkin masih dipandang rumit dan cukup berisiko dengan volatilitas yang relatif tinggi bagi kebanyakan orang, tetapi Luno selalu berupaya untuk mengedukasi bahwa investasi dan trading di aset kripto itu simpel serta membuatnya dapat mudah diakses oleh semua orang, kapan pun dan di mana pun. Untuk itu, Luno sangat senang dapat ikut mendorong percepatan adopsi kripto bagi masyarakat Indonesia,” tutup Jay.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Platform Teknologi Laboratorium di Indonesia Digelar untuk Ketujuh Kalinya

Rabu, 24 April 2024 - 17:56 WIB

Program Keberlanjutan dan Kecerdasan Buatan Menjadi Topik Hangat pada Pameran Lab Indonesia 2024

Jakarta– Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium ilmiah dan analisis pada tanggal 24 – 26 April 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pembukaan kantor baru Thermo Fisher Scientific

Rabu, 24 April 2024 - 17:50 WIB

Ekspansi di Asia Pasifik, Thermo Fisher Scientific Buka Kantor di Jakarta dan Jalin Kemitraan Baru

Perusahaan menandatangani dua Nota Kesepahaman (MoU) dengan National Battery Research Institute dan Mandaya Hospital Group sebagai bagian dari ekspansi strategisnya di Indonesia

Hannover Messe 2024: PIS Siap Jadi Agregator Transportasi dan Logistik CCS

Rabu, 24 April 2024 - 17:48 WIB

Hannover Messe 2024: PIS Siap Jadi Agregator Transportasi dan Logistik CCS

Hannover - CEO PT Pertamina International Shipping (PIS) Yoki Firnandi memaparkan sejumlah strategi dan kesiapan perusahaan untuk dekarbonisasi di Indonesia, salah satunya dengan mendukung implementasi…