2017, Jamkrida Bali Targetkan Pinjaman Rp1 Triliun

Oleh : Herry Barus | Selasa, 11 Juli 2017 - 13:18 WIB

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Denpasar- PT Jamkrida Bali Mandara mengargetkan penjaminan kredit Rp1 triliun selama tahun 2017 dengan alokasi sektor yang paling banyak dibidik yakni produktif.

Direktur Utama Jamkrida Bali Mandara I Ketut Widiana Karya di Denpasar, Selasa (11/7/2017  mengaku optimistis target penjaminan dapat terealisasi karena hingga Januari-Mei 2017 plafon penjaminan mencapai Rp731 miliar.

Penjamina tersebut, lanjut dia, sebagian besar tersebar di tiga kabupaten dan kota yakni Denpasar, Buleleng dan Jembrana.

Untuk mencapai target Rp1 triliun tahun ini pihaknya telah menyusun sejumlah upaya di antaranya menambah petugas pemasaran dan penjaminan lapangan atau "corporate guarantee officer (CGO)" di masing-masing kabupaten, menggabungkan produk (bundling) dengan rekanan dan mengembangkan kerja sama bersama perusahaan pembiayaan.

Selain itu melakukan penjaminan bersama atau "co-guarantee" dan "co-branding" atau pemasaran bersama dengan perusahaan asuransi dan lembaga penjaminan lain, mengembangkan teknologi dalam jaringan, hingga peningkatan kerja sama dengan agen pemasaran surity bond.

Sementara itu sejak berdiri tahun 2011, Jamkrida Bali Mandara telah memberikan penjaminan sebesar Rp4,4 triliun hingga 31 Mei 2017 dengan alokasi terbanyak terserap di sektor produktif mencapai 59 persen mencapai Rp2,4 triliun.

Sedangkan angka kredit bermasalah atau "non performing guarantee" (NPG) per Mei 2017 mencapai 0,74 persen, angka yang dinilai stabil.

Salah satu faktor yang membuat angka kredit bermasalah masih stabil atau tetap di bawah satu persen adalah karena tingkat kepatuhan debitur di Bali masih tergolong tinggi.

Selain itu pihaknya juga memiliki kemitraan dengan perbankan untuk mekanisme penjaminan, yakni melalui proses analisa yang ketat antara penjaminan dan perbankan

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Serah terima program beasiswa anak perusahaan MMSGI, MHU kepada mahasiswa Universitas Kutai Kertanegara Tenggarong.

Kamis, 02 Mei 2024 - 18:50 WIB

Hari Pendidikan Nasional, MMSGI Terus Tunjukkan Komitmennya Ciptakan Pendidikan Inklusif di Indonesia

MMSGI tunjukkan komitmennya pada dunia pendidikan Indonesia lewat serangkaian program CSR untuk pendidikan tinggi maupun pendidikan dasar menuju Indonesia Emas 2045.

WIR Group Hadir di ASEAN+ Youth Summit 2023

Kamis, 02 Mei 2024 - 17:36 WIB

Laba Bersih WIR Group Naik Sebesar 11,1% di Kuartal Pertama 2024

Pada kuartal pertama tahun 2024, WIR Group (PT WIR Asia Tbk) mencatat pertumbuhan yang signifikan atas pendapatannya yang mencapai Rp672,6 miliar, meningkat 8,1% dari kuartal pertama tahun sebelumnya.…

Bank BTPN

Kamis, 02 Mei 2024 - 17:18 WIB

Triwulan I-2024, Bank BTPN Catat Peningkatan Penyaluran Kredit Sebesar 24% YoY

PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) mencetak kinerja positif pada Triwulan I-2024 dengan mencatat peningkatan total penyaluran kredit sebesar 24% year-on-year (yoy) menjadi Rp186,56 triliun pada…

Living World Kota Wisata Cibubur

Kamis, 02 Mei 2024 - 16:59 WIB

Living World Kota Wisata Cibubur Berkolaborasi dengan Pemkab Bogor dan Pendopo Hadirkan UMKM Lokal

Living World, pusat perbelanjaan yang dikembangkan oleh PT Sahabat Kota Wisata yang merupakan perusahaan joint venture antara Kawan Lama Group dan Sinar Mas Land, berkolaborasi dengan Pemerintah…

Ilustrasi kelapa sawit

Kamis, 02 Mei 2024 - 16:40 WIB

GAPKI Kutuk Keras Tindakan Pencurian TBS Kelapa Sawit, Ganggu Iklim Investasi di Kalteng

Terbongkarnya aksi pencurian TBS perkebunan kelapa sawit yang marak terjadi di Kalimantan Tengah. Pencurian dilakukan dengan dalih Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat (FPKM) serta klaim…