Begini Tips dan Trik Impor Barang Mewah dari Eropa dengan Bantuan Freight Forwarder

Oleh : Hariyanto | Selasa, 07 Februari 2023 - 13:23 WIB

Ilustrasi Impor
Ilustrasi Impor

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Meski dibanderol dengan harga yang fantastis, barang mewah impor dari Eropa masih sangat diminati oleh shopaholic dan kolektor. Bisnis barang mewah Eropa pun semakin menggeliat dan menjanjikan. Meski begitu, mengimpor barang mewah dari Eropa juga disertai dengan risiko serta kesulitannya tersendiri. 

Untuk bisa menjalani bisnis barang mewah Eropa, pebisnis perlu menggunakan jasa perusahaan freight forwarding, seperti Indoexim.id yang merupakan jasa impor barang atau lebih tepatnya adalah jasa freight forwarder dari Eropa ke Indonesia. 

Bukan hanya mengurus proses logistik impor dari Eropa ke Indonesia saja, jasa forwarder juga mengurus keseluruhan proses impor. Seperti yang telah disinggung, mengimpor barang mewah Eropa memiliki risiko dan kesulitan tersendiri. Adapun risiko dan kesulitan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Persyaratan perdagangan yang beragam

Beberapa negara di Eropa mungkin memiliki peraturan perdagangan yang berbeda dalam mengimpor produk tertentu. Untuk bisa mengimpor barang dari Eropa dengan lancar, pebisnis perlu memahami berbagai peraturan dagang dan regulasi impor dari tiap-tiap negara asal impor barang mewah.

2. Biaya impor yang tinggi

Mengimpor barang mewah dari Eropa jelas membutuhkan biaya impor yang tinggi. Untuk itu, pebisnis diharapkan bisa mencari solusi paling efisien untuk menghemat biaya.

3. Risiko kerusakan atau kehilangan barang di tengah perjalanan

Perjalanan impor dari Eropa ke Indonesia cukup jauh sehingga berisiko barang mewah bisa rusak atau hilang selama perjalanan. Untuk itu, diperlukan pengurusan asuransi selama pengiriman barang impor dari Eropa ke Indonesia.

4. Risiko proses impor yang lama dan rumit

Barang mewah biasanya akan melalui proses persyaratan yang ketat. Di negara asal, barang mewah akan melewati uji kualitas dan standar yang ketat. Sedangkan di negara tujuan, bisa jadi ada pembatasan barang mewah masuk yang ketat untuk melindungi produsen dalam negeri. Diperlukan pengetahuan tentang peraturan perdagangan dan kepabeanan agar proses impor tidak memakan waktu lama dan melewati proses rumit.

Risiko dan kesulitan yang telah disebutkan tersebut bisa diatasi dengan bantuan jasa forwarder import. Jasa forwarder memiliki wawasan terkait regulasi impor, peraturan perdagangan, dan peraturan kepabeanan sehingga proses impor bisa berlangsung dengan mudah dan cepat. 

Jasa freight forwarder juga bisa mengurus seluruh tahapan impor, mulai dari mengatur pengiriman dengan biaya yang paling efisien, mengurus asuransi selama proses pengiriman barang impor, serta mengurus dokumen dan persyaratan yang diperlukan.

“Jasa freight forwarder itu sebenarnya dibutuhkan untuk semua lingkup bisnis. Jadi, pebisnis bisa fokus jalani bisnis tanpa pusing urus impor lagi. Apalagi bisnis barang impor Eropa yang butuh penanganan khusus, sebenarnya sangat butuh jasa freight forwarder. Mulai dari urus biaya kirim paling efisien sampai asuransi barang, bisa dengan jasa forwarder seperti Indoexim.id,” kata Agus, Manajer Operasional Indoexim.id yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (7/2/2023).

Jika pebisnis ingin menggunakan jasa freight forwarder dalam mengimpor barang mewah dari Eropa, ada lagi hal yang harus diperhatikan, yaitu memastikan jasa freight forwarder yang dipilih merupakan jasa forwarder terpercaya. Sebabnya, untuk bisa mengurus keseluruhan impor dari Eropa, diperlukan wawasan dan pengalaman impor yang mumpuni. 

“Untuk menekan budget biaya impor barang mewah, biasanya pebisnis pakai jasa forwarder yang asal murah, padahal harusnya pilih jasa forwarder murah terpercaya. Misalnya, di Indoexim.id, dengan harga terjangkau, pengiriman dari Eropa pasti aman. Soalnya kita punya track record pengalaman impor Eropa dan juga sudah berkerja sama dengan mitra kurir nasional hingga internasional yang profesional,” ungkap Agus. 

Selain memilih jasa forwarder terpercaya, pebisnis juga bisa memilih jasa impor yang memberikan beragam penawaran menarik. Seperti misalnya di Indoexim.id, ada layanan gratis penjemputan barang hingga layanan bisa impor barang dari Eropa mulai dari 1 kg saja. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sujith Abraham, Senior Vice President dan General Manager Salesforce ASEAN

Rabu, 17 April 2024 - 17:44 WIB

Salesforce Perkenalkan Inovasi AI dan Data Tepercaya untuk Bisnis di Innovation Day Jakarta

AI CRM, Salesforce memperkenalkan inovasi terbaru dari AI dan data terpercaya di Salesforce Innovation Day Jakarta, termasuk Einstein Copilot, Einstein 1 Studio, dan rilis Data Cloud Spring…

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong

Rabu, 17 April 2024 - 16:29 WIB

Registrasi Media Dibuka, Indonesia Dorong Jurnalis Promosikan Pengelolaan Air Berkelanjutan di World Water Forum ke-10

World Water Forum ke-10 akan menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk mendorong dan menginspirasi dunia melalui inisiatif tingkat tinggi dalam mengatasi masalah air global.

BTN: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. masuk dalam Top 3 perusahaan untuk pengembangan karier di Indonesia tahun 2024.

Rabu, 17 April 2024 - 15:54 WIB

Wow Keren! Tancap Gas Dalam Pengembangan Karyawan, BTN Tempati Posisi Top 3 Untuk Pengembangan Karier

Jakarta- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menempati posisi Top 3 tempat kerja terbaik untuk pengembangan karir di Indonesia versi Linked in tahun 2024.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Northeastern University di Boston

Rabu, 17 April 2024 - 11:52 WIB

Menparekraf Jajaki Peluang Kerja Sama dengan Northeastern University Boston

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Northeastern University di…

Hutama Karya Catat 1.560.000 Kendaraan Lintasi Jalan Tol Trans Sumatera Selama Mudik Lebaran 2024

Rabu, 17 April 2024 - 11:36 WIB

Hutama Karya Catat 1.560.000 Kendaraan Lintasi Jalan Tol Trans Sumatera Selama Mudik Lebaran 2024

Selama periode Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 (3-16 April 2024), PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mencatat Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan yang melintas di Jalan Tol Trans Sumatera…