Begini Tips dan Trik Impor Barang Mewah dari Eropa dengan Bantuan Freight Forwarder

Oleh : Hariyanto | Selasa, 07 Februari 2023 - 13:23 WIB

Ilustrasi Impor
Ilustrasi Impor

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Meski dibanderol dengan harga yang fantastis, barang mewah impor dari Eropa masih sangat diminati oleh shopaholic dan kolektor. Bisnis barang mewah Eropa pun semakin menggeliat dan menjanjikan. Meski begitu, mengimpor barang mewah dari Eropa juga disertai dengan risiko serta kesulitannya tersendiri. 

Untuk bisa menjalani bisnis barang mewah Eropa, pebisnis perlu menggunakan jasa perusahaan freight forwarding, seperti Indoexim.id yang merupakan jasa impor barang atau lebih tepatnya adalah jasa freight forwarder dari Eropa ke Indonesia. 

Bukan hanya mengurus proses logistik impor dari Eropa ke Indonesia saja, jasa forwarder juga mengurus keseluruhan proses impor. Seperti yang telah disinggung, mengimpor barang mewah Eropa memiliki risiko dan kesulitan tersendiri. Adapun risiko dan kesulitan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Persyaratan perdagangan yang beragam

Beberapa negara di Eropa mungkin memiliki peraturan perdagangan yang berbeda dalam mengimpor produk tertentu. Untuk bisa mengimpor barang dari Eropa dengan lancar, pebisnis perlu memahami berbagai peraturan dagang dan regulasi impor dari tiap-tiap negara asal impor barang mewah.

2. Biaya impor yang tinggi

Mengimpor barang mewah dari Eropa jelas membutuhkan biaya impor yang tinggi. Untuk itu, pebisnis diharapkan bisa mencari solusi paling efisien untuk menghemat biaya.

3. Risiko kerusakan atau kehilangan barang di tengah perjalanan

Perjalanan impor dari Eropa ke Indonesia cukup jauh sehingga berisiko barang mewah bisa rusak atau hilang selama perjalanan. Untuk itu, diperlukan pengurusan asuransi selama pengiriman barang impor dari Eropa ke Indonesia.

4. Risiko proses impor yang lama dan rumit

Barang mewah biasanya akan melalui proses persyaratan yang ketat. Di negara asal, barang mewah akan melewati uji kualitas dan standar yang ketat. Sedangkan di negara tujuan, bisa jadi ada pembatasan barang mewah masuk yang ketat untuk melindungi produsen dalam negeri. Diperlukan pengetahuan tentang peraturan perdagangan dan kepabeanan agar proses impor tidak memakan waktu lama dan melewati proses rumit.

Risiko dan kesulitan yang telah disebutkan tersebut bisa diatasi dengan bantuan jasa forwarder import. Jasa forwarder memiliki wawasan terkait regulasi impor, peraturan perdagangan, dan peraturan kepabeanan sehingga proses impor bisa berlangsung dengan mudah dan cepat. 

Jasa freight forwarder juga bisa mengurus seluruh tahapan impor, mulai dari mengatur pengiriman dengan biaya yang paling efisien, mengurus asuransi selama proses pengiriman barang impor, serta mengurus dokumen dan persyaratan yang diperlukan.

“Jasa freight forwarder itu sebenarnya dibutuhkan untuk semua lingkup bisnis. Jadi, pebisnis bisa fokus jalani bisnis tanpa pusing urus impor lagi. Apalagi bisnis barang impor Eropa yang butuh penanganan khusus, sebenarnya sangat butuh jasa freight forwarder. Mulai dari urus biaya kirim paling efisien sampai asuransi barang, bisa dengan jasa forwarder seperti Indoexim.id,” kata Agus, Manajer Operasional Indoexim.id yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (7/2/2023).

Jika pebisnis ingin menggunakan jasa freight forwarder dalam mengimpor barang mewah dari Eropa, ada lagi hal yang harus diperhatikan, yaitu memastikan jasa freight forwarder yang dipilih merupakan jasa forwarder terpercaya. Sebabnya, untuk bisa mengurus keseluruhan impor dari Eropa, diperlukan wawasan dan pengalaman impor yang mumpuni. 

“Untuk menekan budget biaya impor barang mewah, biasanya pebisnis pakai jasa forwarder yang asal murah, padahal harusnya pilih jasa forwarder murah terpercaya. Misalnya, di Indoexim.id, dengan harga terjangkau, pengiriman dari Eropa pasti aman. Soalnya kita punya track record pengalaman impor Eropa dan juga sudah berkerja sama dengan mitra kurir nasional hingga internasional yang profesional,” ungkap Agus. 

Selain memilih jasa forwarder terpercaya, pebisnis juga bisa memilih jasa impor yang memberikan beragam penawaran menarik. Seperti misalnya di Indoexim.id, ada layanan gratis penjemputan barang hingga layanan bisa impor barang dari Eropa mulai dari 1 kg saja. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mobil listrik

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:57 WIB

Strategi Marketing Dalam Penjualan Kendaraan Listrik atau EV

Dunia transportasi tengah mengalami transformasi besar dengan kemunculan kendaraan listrik (EV) sebagai pemain utama. Hal ini menandakan pergeseran menuju era baru dalam mobilitas manusia, di…

Prescon HI Drone Dragrace 2 di PIK 2

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:27 WIB

HOGERS Indonesia Gelar Balapan Motor Besar Harley Davidson

HOGERS Indonesia menggelar lomba balapan dan ketangkasan motor Harley terbesar di Indonesia. Event berskala Nasional buatan HOGERS Indonesia Drag Race of National Event 2 (HIDRONE2) ini dilaksanakan…

Implementasi IoT untuk pertanian

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:02 WIB

Jadi Mitra Kemkominfo, MSMB Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT untuk 7 Green House di Temanggung

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), start up agritech dari Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini menjadi mitra layanan implementasi teknologi berbasis IoT (Internet of Things) Kementerian…

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:37 WIB

Telkomsat dan Starlink Tandatangani Kerja Sama Layanan Segmen Enterprise di Indonesia

Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia.

Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), menggelar talkshow Bincang Dekranas yang mengusung tema “Fashion dan Kriya Indonesia Mendunia” dalam rangkaian agenda Perayaan HUT Dekranas ke-44 di Kota Surakarta.

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:31 WIB

Bikin Bangga! Produk Industri Fesyen dan Kriya RI Mampu Bersaing di Pasar Global

Kementerian Perindustrian berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan sektor industri kerajinan dan fesyen di tanah air karena potensi pasarnya yang besar dan diyakini dapat berdaya saing…