Begini Tips dan Trik Impor Barang Mewah dari Eropa dengan Bantuan Freight Forwarder

Oleh : Hariyanto | Selasa, 07 Februari 2023 - 13:23 WIB

Ilustrasi Impor
Ilustrasi Impor

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Meski dibanderol dengan harga yang fantastis, barang mewah impor dari Eropa masih sangat diminati oleh shopaholic dan kolektor. Bisnis barang mewah Eropa pun semakin menggeliat dan menjanjikan. Meski begitu, mengimpor barang mewah dari Eropa juga disertai dengan risiko serta kesulitannya tersendiri. 

Untuk bisa menjalani bisnis barang mewah Eropa, pebisnis perlu menggunakan jasa perusahaan freight forwarding, seperti Indoexim.id yang merupakan jasa impor barang atau lebih tepatnya adalah jasa freight forwarder dari Eropa ke Indonesia. 

Bukan hanya mengurus proses logistik impor dari Eropa ke Indonesia saja, jasa forwarder juga mengurus keseluruhan proses impor. Seperti yang telah disinggung, mengimpor barang mewah Eropa memiliki risiko dan kesulitan tersendiri. Adapun risiko dan kesulitan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Persyaratan perdagangan yang beragam

Beberapa negara di Eropa mungkin memiliki peraturan perdagangan yang berbeda dalam mengimpor produk tertentu. Untuk bisa mengimpor barang dari Eropa dengan lancar, pebisnis perlu memahami berbagai peraturan dagang dan regulasi impor dari tiap-tiap negara asal impor barang mewah.

2. Biaya impor yang tinggi

Mengimpor barang mewah dari Eropa jelas membutuhkan biaya impor yang tinggi. Untuk itu, pebisnis diharapkan bisa mencari solusi paling efisien untuk menghemat biaya.

3. Risiko kerusakan atau kehilangan barang di tengah perjalanan

Perjalanan impor dari Eropa ke Indonesia cukup jauh sehingga berisiko barang mewah bisa rusak atau hilang selama perjalanan. Untuk itu, diperlukan pengurusan asuransi selama pengiriman barang impor dari Eropa ke Indonesia.

4. Risiko proses impor yang lama dan rumit

Barang mewah biasanya akan melalui proses persyaratan yang ketat. Di negara asal, barang mewah akan melewati uji kualitas dan standar yang ketat. Sedangkan di negara tujuan, bisa jadi ada pembatasan barang mewah masuk yang ketat untuk melindungi produsen dalam negeri. Diperlukan pengetahuan tentang peraturan perdagangan dan kepabeanan agar proses impor tidak memakan waktu lama dan melewati proses rumit.

Risiko dan kesulitan yang telah disebutkan tersebut bisa diatasi dengan bantuan jasa forwarder import. Jasa forwarder memiliki wawasan terkait regulasi impor, peraturan perdagangan, dan peraturan kepabeanan sehingga proses impor bisa berlangsung dengan mudah dan cepat. 

Jasa freight forwarder juga bisa mengurus seluruh tahapan impor, mulai dari mengatur pengiriman dengan biaya yang paling efisien, mengurus asuransi selama proses pengiriman barang impor, serta mengurus dokumen dan persyaratan yang diperlukan.

“Jasa freight forwarder itu sebenarnya dibutuhkan untuk semua lingkup bisnis. Jadi, pebisnis bisa fokus jalani bisnis tanpa pusing urus impor lagi. Apalagi bisnis barang impor Eropa yang butuh penanganan khusus, sebenarnya sangat butuh jasa freight forwarder. Mulai dari urus biaya kirim paling efisien sampai asuransi barang, bisa dengan jasa forwarder seperti Indoexim.id,” kata Agus, Manajer Operasional Indoexim.id yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (7/2/2023).

Jika pebisnis ingin menggunakan jasa freight forwarder dalam mengimpor barang mewah dari Eropa, ada lagi hal yang harus diperhatikan, yaitu memastikan jasa freight forwarder yang dipilih merupakan jasa forwarder terpercaya. Sebabnya, untuk bisa mengurus keseluruhan impor dari Eropa, diperlukan wawasan dan pengalaman impor yang mumpuni. 

“Untuk menekan budget biaya impor barang mewah, biasanya pebisnis pakai jasa forwarder yang asal murah, padahal harusnya pilih jasa forwarder murah terpercaya. Misalnya, di Indoexim.id, dengan harga terjangkau, pengiriman dari Eropa pasti aman. Soalnya kita punya track record pengalaman impor Eropa dan juga sudah berkerja sama dengan mitra kurir nasional hingga internasional yang profesional,” ungkap Agus. 

Selain memilih jasa forwarder terpercaya, pebisnis juga bisa memilih jasa impor yang memberikan beragam penawaran menarik. Seperti misalnya di Indoexim.id, ada layanan gratis penjemputan barang hingga layanan bisa impor barang dari Eropa mulai dari 1 kg saja. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…

YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:44 WIB

Kemenag RI Menyerahkan SK Izin Operasional Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional Kepada YBM BRILiaN

Yayasan Baitul Maal BRILiaN atau YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Skala Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia…

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…