Ketum HKI Ungkap Persoalan Klasik yang Masih jadi 'Momok' Investasi di Kawasan Industri

Oleh : Ridwan | Senin, 06 Februari 2023 - 17:35 WIB

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri Sanny Iskandar
Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri Sanny Iskandar

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Himpunan Kawasan Industri (HKI) mencatat luasan area kawasan industri yang terserap oleh industri manufaktur mencapai seluas 519,3 hektare pada tahun 2022.

"Angka ini sedikit mengalami penurunan dari serapan tahun 2021 seluas 627 hektare," kata Ketua Umum HKI, Sanny Iskandar di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Hingga saat ini, berdasarkan catatan HKI, sudah terdapat 111 kawasan industri di Indonesia. Dari ratusan kawasan tersebut, total luasan kawasan industri sudah mencapai 108.563 hektare.

Adapun, seluruh kawasan industri saat ini telah berkembang di 23 provinsi yang dikelola oleh swasta maupun BUMN dan BUMD.

Sanny mengatakan, tren industri ke depan akan sangat mempengaruhi iklim investasi di kawasan industri. Namun, iklim investasi di kawasan industri bukan tanpa tantangan. 

Ia mengatakan dinamika permasalahan oleh dunia usaha saat ini masih banyak yang harus dibenahi dan disempurnakan.

Persoalan klasik yang masih menjadi momok dari para pelaku usaha yakni soal regulasi yang masih harus diharmonisasi. 

Selain itu juga soal ketersediaan infrastruktur dasar yang sangat penting untuk mendukung perkembangan kawasan industri yang saat ini masih banyak belum teratasi.

Sebagai contoh seperti kebutuhan air baku untuk industri yang masih terkendala oleh regulasi. Yakni Undang-Undang Nomor 3 Tentang Perindustrian dan Undang-Undang Nomor 17 tentang Sumber Daya Air.

"Di undang-undang perindustrian jelas memprioritaskan kebutuhan air baku untuk industri. Namun di undang-undang sumber daya air terkesan ada pembatasan. Jadi dua hal ini kurang sinkron," terangnya.

Selain itu, persoalan daerah yang masih banyak belum menyelesaikan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Hal itu lantas menghambat iklim investasi di kawasan industri baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…