Mengusung Tema Nusantara dalam Industri Pernikahan, Culinary Wedding Festival 2023 Kembali di Gelar

Oleh : Hariyanto | Jumat, 03 Februari 2023 - 20:09 WIB

Pembukaan Culinary Wedding Festival 2023
Pembukaan Culinary Wedding Festival 2023

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Event Culinary Wedding Festival #2 kembali digelar pada tanggal 3 hingga 5 Februari 2023. Penyelenggaraan event ini sekaligus memperlihatkan wajah baru TMII (Taman Mini Indonesia Indah) dan menjadi tolak ukur bangkitnya gairah industri pernikahan di Indonesia pasca pandemi covid 19. 

Sejalan dengan konsep Taman Mini Indonesia Indah sebagai Etalase Budaya Indonesia, Sasana Kriya sebagai penyelengara dan Venue yang berlokasi di TMII dalam Culinary Wedding Festival #2 mengusung tema “ Nusantara dalam Industri Pernikahan”.

“Dengan diadakannya Culinary Wedding Festival yang berlangsung mulai 03 sampai 05 Feb 2023 di Sasana kriya TMII ini dapat menumbuhkan kembali industri dunia pernikahan yang sempat turun di 2 tahun terakhir serta menunjukan wajah baru dari Taman Mini Indonesia Indah," kata Ivone Susiana, Direktur Utama dan pelaksana acara di Sasana kriya TMII, Jumat (3/2/2023).

Culinary Wedding Festival ini di buka dengan pencapaian Rekor Muri untuk yang kedua kali nya, sebuah perhelatan yang spektakuler dan luar biasa oleh sasana kriya untuk memperkenalkan ragam seni dan budaya di Indonesia, berupa memasak Aneka Sop Khas Daerah Nusantara Terbanyak, dengan partisipasi dari para peserta catering dan anjungan anjungan TMII. Setelah 2017 lalu penyelengara menorehkan sejarah dalam Penyajian Makanan dengan Rijstaffel dari daerah terbanyak .

Kolaborasi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Propinsi DKI Jakarta sebagai pembina hampir semua sektor industri pernikahan yang terlibat mulai dari Venue ,Catering ,Dekorasi, Musik,Busana,Rias dan Wedding Organiser dalam mengembangkan karya karya kreatif dan perajin di jakarta dapat membawa kegiatan pariwisata semakin meningkat, dukungan partisipasi Dewan kerajinan Nasional Daerah Propinsi DKI Jakarta ( Dekranasda ) DKI Jakarta dengan membuka booth dipameran dapat memudahkan pengunjung melihat hasil kerajinan yang dapat gunakan untuk pernikahan calon pengantin nantinya.

Abang None Jakarta turut memperagakan tampilan Busana Pengantin Nusantara klasik dari Zainal Songket sedangkan busana nusantara modern dari Redberry serta pagelaran kekayaan Wastra Nusantara (wastra nusantara berarti kain yang tidak dibuat dengan mesin dan tersebar di seluruh nusantara) Pagelaran Wastra nusantara tersebut disajikan oleh anjungan anjungan daerah TMII.

Beberapa tarian Nusantara akan ditampilkan yang biasa di gunakan untuk prosesi pernikahan adat daerah seperti dari Jakarta ada Palang Pintu dan tari topeng ,dari Jawa tengah dengan tari Bedoyo Setyo Bumi dan ada Tarian tradisional Kalimantan Timur Enggang Hudog sebagai ungkapan rasa syukur atas terlaksana acara ini dan untuk menyambut tamu-tamu yang hadir di SASANA KRIYA TMII .

Suasana Nusantara sangat melekat mulai memasuki Lobby Pengunjung akan dimanjakan dengan musik-musik tradisional sedangkan untuk dekorasi yang bertema seni kriya Nusantara dapat dilihat dari lorong Nusantara oleh Rumah Kampung Dekor.

Culinary Wedding Festival juga akan membuat trend baru yang kekinian bekerjasama dengan platform order online dari Bank Mandiri Yaitu Yokkebiz dimana para calon pengantin bisa memesan menu makanan secara online terlebih dahulu dari mana saja dan setelah memasuki area pameran akan langsung dilayani oleh penyelenggara untuk mencoba menu makanan yang sudah dipesan melalui online tadi.

"Mudah-mudahan acara ini juga dapat membawa dampak positif untuk bangkit dan maju bersama bagi para vendor, para pelaku ekonomi kreatif dari hilir ke hulu dan memudahkan pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan kedepannya. untuk informasi lebih lanjut mengenai sasana kriya dapat lihat www.sasanakriya.id atau hub 021-29389421 -22," pungkas Ivone.

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kanan kedua) bersama Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan pertama), Direktur Compliance Human Capital BSI Tribuana Tunggadewi (kiri kedua) dan SVP Corporate Secretary & Communication BSI Wisnu Sunandar (kiri pertama) saat konferensi pers BSI International Expo di Sentosa Senayan Jakarta.

Jumat, 14 Juni 2024 - 18:17 WIB

Wujudkan Komitmen Perkuat Ekosistem Halal Indonesia, BSI Gelar International Expo 2024

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) siap menggelar BSI International Expo 2024 yang akan diikuti lebih dari 270 tenant para pelaku usaha halal dalam dan luar negeri, serta potential buyer dari…

Press Conference Telapak

Jumat, 14 Juni 2024 - 17:09 WIB

Sebut Tak Ada Pelanggaran HAM di Kawasan Konsesi Blok Tanamalia PTVI, Telapak Sampaikan Rekomendasi

Perkumpulan Telapak Indonesia (Telapak), sebuah perkumpulan aktivis LSM, praktisi bisnis, akademisi, afiliasi media, serta masyarakat adat, menyampaikan rekomendasi kepada tiga pihak yakni PT…

Peran Multidisiplin untuk Penanganan Cedera Olahraga Secara Komprehensif

Jumat, 14 Juni 2024 - 16:42 WIB

Peran Multidisiplin untuk Penanganan Cedera Olahraga Secara Komprehensif

Cedera olahraga seringkali menjadi kendala yang menghalangi para atlet dan olahragawan, bahkan sport enthusiast, untuk mencapai performa terbaiknya. Namun, dengan pendekatan penanganan yang…

Ritel modern (Ist)

Jumat, 14 Juni 2024 - 16:10 WIB

Kemenperin Beberkan Sulitnya Produk IKM Masuk Ritel Modern

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membeberkan permasalahan sulitnya produk-produk hasil produksi Industri Kecil dan Menengah (IKM) masuk ke ritel modern di Tanah Air.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima CC Panglima US Indo-Pacom Bahas Kerja Sama Militer

Jumat, 14 Juni 2024 - 13:48 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima CC Panglima US Indo-Pacom Bahas Kerja Sama Militer

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima dari Courtesy Call (CC) Commanding General United States Army Pacific,Jenderal Samuel J. Paparo, yang menjadikan Indonesia sebagai tujuan pertamanya…