TOP! Dua Tahun Berturut-turut, Menteri Bahlil Sukses Tarik Investasi Lebihi Target Jokowi

Oleh : Ridwan | Rabu, 25 Januari 2023 - 08:22 WIB

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi sepanjang Januari - Desember 2022 tembus Rp 1.207,2 triliun atau melampaui 100,6% dari target yang ditentukan sebesar Rp1.200 triliun.

Capaian tersebut meningkat 34,0% dibanding dengan periode yang sama pada tahun 2021 dan berhasil menyerap 1.305.001 Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

“Alhamdulillah kita mampu mencapai sebesar Rp1.207,2 triliun, secara y-o-y tumbuh 34%. Ini salah satu pertumbuhan investasi yang terbesar. Saya terima kasih kepada teman-teman Kementerian Investasi dan DPMPTSP Provinsi, Kabupaten/Kota. Ini kerja kalian semua dan kerja kita semua mencapai 100,6% dan mencapai target,” kata Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam konferensi pers yang diselenggarakan sore ini (24/1).

Sementara itu, realisasi investasi sepanjang periode Oktober–Desember (triwulan IV) tahun 2022 mencapai Rp314,8 triliun atau meningkat sebesar 2,3% dibanding dengan periode sebelumnya dan berhasil menyerap 339.879 Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Dijelaskan Bahlil, besarnya kontribusi Penanaman Modal Asing (PMA) pada triwulan IV 2022 yaitu sebesar Rp175,2 triliun atau 55,6% yang melebihi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yaitu Rp139,6 triliun atau 44,4% dari total capaian realisasi investasi. 

Menurutnya, data ini membuktikan pulihnya tingkat kepercayaan dunia usaha global kepada pemerintah Indonesia dengan terus meningkatnya iklim investasi di Indonesia pascapandemi Covid-19 ini.

"Kita harus bersyukur bahwa di tengah kegelapan ekonomi global, FDI (Foreign Direct Investment) yang masuk ke Indonesia masih tetap tumbuh sebesar 44,2%. Inilah sebuah kepercayaan yang harus diakui baik kepada yang suka maupun yang tidak suka terhadap pemerintahan ini. Bahwa realisasi investasi tumbuh. Itu adalah dampak dari apa yang menjadi kebijakan pemerintah di bawah pemerintahan pak Jokowi dan sekaligus melahirkan trust bagi para investor yang masuk ke Indonesia,” papar Bahlil.

Mengikuti tren pada triwulan sebelumnya, sebaran realisasi investasi di luar pulau Jawa pada triwulan IV 2022 ini kembali mendominasi dengan kontribusi sebesar Rp164,2 triliun atau 52,2% dari total capaian realisasi investasi. Angka ini meningkat 28,7% dari periode yang sama di tahun 2021. 

Adapun untuk total realisasi investasi pada triwulan IV 2022 ini, provinsi Jawa Barat masih menjadi posisi tertinggi yaitu Rp 46,2 triliun, yang diikuti oleh Sulawesi Tengah, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Banten. 

Sedangkan, khusus untuk PMA, realisasi investasi di provinsi Sulawesi Tengah mengungguli Jawa Barat pada peringkat tertinggi, yaitu sebesar USD 2,4 miliar yang diikuti oleh Jawa Barat; Maluku Utara; Banten; dan Jawa Timur.

“Jadi, bahwa kalau kita lihat FDI, Sulawesi Tengah nomor 1, Maluku Utara nomor 3, dan lihat rata-rata pertumbuhan dari daerah ini, pertumbuhan ekonominya pasti akan jauh lebih baik. Karena selain didorong dari belanja konsumsi dalam negeri, investasi juga cukup bagus,” jelas Bahlil.

Dikesempatan yang sama, Kementerian Investasi/BKPM merilis data Usaha Mikro dan Kecil (UMK) yang tercatat selama tahun 2022 pada sistem OSS (Online Single Submission). Tercatat sebanyak 1.895.021 NIB (Nomor Induk Berusaha) dengan nilai komitmen investasi sebesar Rp318,6 triliun diterbitkan tahun 2022.

Dari data tersebut, tercatat sebanyak 1.733.234 NIB dimiliki oleh pelaku usaha skala mikro dengan nilai komitmen investasi sebesar Rp132,7 triliun. Sedangkan sebanyak 161.787 NIB dimiliki  oleh pelaku usaha skala kecil dengan nilai komitmen investasi sebesar Rp185,9 triliun. 

Pencatatan data investasi untuk UMK tersebut sejalan dengan semangat Presidensi G20 Indonesia pada tahun 2022 yang di mana investasi harus membawa pembangunan yang benar-benar adil, tangguh, dan inklusif untuk semua. 

“Bapak Presiden dalam berbagai arahannya, meminta kami sebagai Menteri Investasi untuk jangan hanya mengurus investor yang besar-besar, yang kecil-kecil juga harus diurus. Dalam rangka menerjemahkan itu, maka kami urus betul,” tutup Bahlil. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).