Empat Pilar Kunci Sukses, Strategi Kanwil DJP Jakarta Barat Lampaui Target Penerimaan Pajak Tahun 2022

Oleh : Herry Barus | Selasa, 24 Januari 2023 - 16:16 WIB

Kantor Wilayah DIP Jakarta Barat
Kantor Wilayah DIP Jakarta Barat

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menutup tahun 2022, Kantor Wilayah DIP Jakarta Barat berhasil mengumpulkan penerimaan pajak sebesar Rp 59,609,642,155,255 atau 117,38 % dari target penerimaan pajak tahun 2022 sebesar Rp 50.781.861.665.000,-.

Realisasi penerimaan pajak tahun 2022 tersebut tumbuh sebesar 36,05% dibandingkan dengan penerimaan pajak tahun 2021.

Kontribusi Penerimaan Pajak Kanwil DJP Jakarta Barat tersebut ditopang oleh sector perdagangan sebesar 45% dan industri pengolahan sebesar 18%. Adapun sektor-sektor lain memberikan kontribusi yang relatif lebih kecil.

Kepala Kantor Wilyah DJP Jakarta Barat Suparno menjadikan Empat Pilar Kunci Sukses sebagai strategi keberhasilan pencapaian target penerimaan pajak. Keempat pilar tersebut adalah :

1. Jumlah WP Bayar Naik

Meningkatnya jumlah Wajib Pajak yang melakukan pembayaran diukur dengan CR (coverage ratio) antara jumlah WP Bayar terhadap WP Terdaftar.

2. Keteraturan WP Bayar Naik

Upaya Pengawasan Pembayaran Masa yang mendorong Wajib Pajak membayar teratur sesuai dengan jenis kewajiban pajaknya (payment of compliance)

3. Kewajaran WP Bayar Naik

Upaya Pengawasan Kepatuhan Material agar Wajib Pajak membayar wajar sesuai dengan keadaan yang sebesarnya (strength of figure)

4. Kenaikan Jumlah WP Terdaftar

Sebagai hasil upaya edukasi dan penyuluhan serta ekstensifikasi yang berkesinambungan akan meningkatkan jumlah Wajib Pajak dan Pengusaha Kena Pajak terdaftar

Sebagai enabler tools untuk mengimplementasikan Empat Pilar Kunci Sukses, atas inisiatif Kepala Kantor Wilayah DJP Jakarta Barat, digunakan aplikasi Engine090 dan Badak (Pengayaan Basis Data Perpajakan) dalam kegiatan edukasi dan penyuluhan, pengawasan (intensifikasi dan ekstensifikasi), pemeriksaan, penilaian dan penagihan.

Salah satu strategi pengamanan penerimaan pajak tahun 2023, sesuai amanah Direktur Jenderal Pajak, Kanwil DJP Jakarta Barat telah membentuk Komite Kepatuhan yang bertugas merencanakan, memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan peningkatan kepatuhan Wajib Pajak termasuk tata kelola teknologi informasi dan komunikasi serta data Wajib Pajak.

Kanwil DJP Jakarta Barat menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada para Wajib Pajak dan segenap stakeholder atas tercapainya target penerimaan pajak tahun 2022. Selanjutnya diharapkan adanya partisipasi, dukungan dan kerjasama yang terjalin baik dari seluruh Wajib Pajak dan stakeholder terkait.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…