Komunitas Bengkel Las Indonesia Gelar Pelatihan Las MIG Gratis di 25 Kota

Oleh : Herry Barus | Selasa, 24 Januari 2023 - 09:42 WIB

Komunitas Bengkel Las Indonesia
Komunitas Bengkel Las Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sumber daya manusia unggul kiranya membutuhkan pembinaan terus menerus agar keahlian yang dimiliki tak lenyap ditelan waktu.

Pada masa pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung saat ini, untuk menyegarkan kembali ingatan para insan pengelasan tanah air.

KBLI (Komunitas Bengkel Las Indonesia) dengan menggandeng mitra pendukungnya akan mengadakan Pelatihan Las MIG Gratis di 25 kota.

"Gebrakan awal tahun 2023 ini semoga bisa disambut antusias kalangan UMKM Bengkel Las yang kemarin banyak gulung tikar terimbas pandemi," ujar Ketum KBLI, Heru Kusumo penuh optimis.

Bicara soal besi memang tak ada habisnya, oleh sebab itu didorong oleh perkembangan teknologi, maka cara pemotongan, penyambungan dan pengelasan besi pun mengalami perubahan.

"Kami akan memberi pemahaman secara teori dan praktek pengelasan MIG atau metal inert gas, sebuah perkembangan teknologi pengelasan tanpa menggunakan kawat elektronik untuk hasil yang lebih cepat, bersih dan rapih," jelas Norsaiful Anuar, Staf Sus Direktur Bidang Pendidikan API (Asosiasi Pengelasan Indonesia)

Dukungan lantas berdatangan dari PT. Multi Mayaka Indonesia yang memproduksi mesin las MultiPro, dengan memfasilitasi agenda pelatihan nanti.

"Ini peluang bagi UMKM dalam meningkatkan keahlian seiring dengan perkembangan teknologi terkini," ungkap Dedi Riyanto, Direktur Pemasaran  PT. Sinar Indah Jaya Abadi yang memproduksi aneka batu gerinda di Cikarang.

Selain itu, ISSC (Indonesian Society of Steel Construction) atau Perhimpunan Masyarakat Baja Indonesia turut mendukung kegiatan ini. "Setidaknya, kelak kami bisa  memberi prioritas kerja pada tenaga lokal yang handal bidang pengelasan," papar Sekjen ISSC, Singgih Wasesa di ruang kerja.

Adapun 25 kota yang kali pertama bakal disambangi adalah, Bekasi, bertempat di Fakultas Tehnik Unisma 45 Bekasi. Selanjutnya Madiun, Sragen, Tangerang, Pekanbaru, Samarinda, Makassar, Palembang, Riau, Lombok, Malang, Kediri, Sidoarjo, Banjarmasin, DKI Jakarta, Pangkalan Bun, Bandung, Surabaya, Tegal, Bandar Lampung, Klaten, Cilegon, Kuningan, Purwokerto dan Medan.

Pelatihan sehari ini, terbatas hanya 50 peserta, yang mendaftar via online, akan mendapat sertifikat, teori dan praktek, kopi, teh dan snak, buku panduan, serta souvenir.

"Tidak menutup kemungkinan selain 25 kota tadi, kami juga bisa memberi pelatihan di kota lain jika ada permintaan dan kesanggupan calon peserta," tandas Sekjen KBLI, Nirwan Lesmana sambil memberikan link pendaftarannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…