Indonesia Digital Platinum Award 2022: Ini Jajaran Brand Populer di Ranah Digital Selama Lima Tahun Berturut-Turut

Oleh : Hariyanto | Jumat, 20 Januari 2023 - 13:25 WIB

Indonesia Digital Platinum Award 2022
Indonesia Digital Platinum Award 2022

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pentingnya popularitas brand di ranah digital semakin disadari oleh pelaku brand dan bisnis di Indonesia. Terbukti, seiring perkembangan teknologi digital, pelaku brand dan bisnis berlomba-lomba memanfaatkan platform digital, seperti media online, media sosial, dan website, untuk mendongkrak bahkan mempertahankan popularitasnya di ranah digital.

Hadirnya brand-brand populer dan sukses mempertahankan eksistensinya di ranah digital, INFOBRAND.ID sebagai media brand dan bisnis, bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia, perusahaan consulting yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, menghadirkan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Platinum Award 2018 – 2022, sebagai apresiasi spesial dan penghargaan bergengsi bagi brand-brand yang berhasil menjaga konsistensinya dalam meraih Indonesia Digital Popular Brand Award selama lima tahun berturut-turut.

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID mengungkapkan, Indonesia Digital Popular Brand Award sendiri, telah digelar sejak tahun 2015, dan hingga tahun 2022 telah diselenggarakan sebanyak 29 kali. Penghargaan tersebut bertujuan untuk memberikan pemeringkatan pada brand-brand di Indonesia yang telah berhasil meningkatkan dan mempertahankan popularitas brand-nya di era digital. Serta memberikan apresiasi kepada brand-brand yang telah berhasil meraih Digital Popular Brand di mata konsumen, terutama netizen. Dengan demikian memudahkan para netizen dalam menentukan pilihan terhadap brand yang akan dibeli.

“Selanjutnya bagi brand-brand yang telah sukses mempertahankan popularitasnya di ranah digital selama lima tahun berturut-turut, kami berikan penghargaan secara khusus, Indonesia Digital Popular Brand Platinum Award ini,” ungkap Susilowati Ningsih, dalam sesi press conference Indonesia Digital Popular Brand Platinum Award 2018 – 2022, di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (18/1/2022).

Adapun beberapa brand yang berhasil meraih Indonesia Digital Popular Brand Platinum Award 2018 – 2022, diantaranya; CAMPINA untuk kategori Ice Cream, McDonald’s untuk kategori Resto Fried Chicken, ARTCO kategori Gerobak Dorong, PRENAGEN kategori Susu Ibu Hamil, ETERNA untuk kategori Kabel Listrik, BETADINE untuk kategori Obat Luka, dan YKK AP untuk kategori Kusen Alumunium.

Perwakilan brand peraih Indonesia Digital Popular Brand Platinum Award 2018 – 2022, dalam press conference, mengungkapkan strategi yang dijalankan dalam membangun serta mempertahankan popularitas di ranah digital, di antaranya memanfaatkan media sosial untuk mengedukasi market tentang produk yang dimiliki, mutu, kualitas, manfaat, hingga keunggulan yang dimiliki sebuah brand.

Menariknya, beberapa brand, seperti Betadine, Artco, dan YKK AP merupakan kategori produk non consumer goods, dan merupakan brand-brand lama yang telah berusia lebih dari 30 tahun. Brand-brand tersebut memanfaatkan media sosial untuk mempertegas eksistensinya di tengah persaingan dengan brand-brand baru, dan mampu memenangkan persaingan berkat pengalaman yang dimiliki dan kualitas yang telah diakui.

Popularitasnya di ranah digital pun terbukti telah berkontribusi pada pertumbuhan bisnis perusahaan. Pertumbuhan signifikan terutama dapat dirasakan di masa pandemi, ketika masyarakat mengandalkan teknologi internet untuk memenuhi kebutuhan, keberhasilan konsumen dalam menemukan brand-brand ternama di ranah digital, membuatnya tidak ragu untuk membeli brand-brand tersebut.

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia menambahkan, peraih Indonesia Digital Popular Brand Platinum Award 2018 – 2022, merupakan brand-brand yang masuk jajaran brand-brand populer di Indonesia berdasarkan riset Indonesia Digital Popular Brand Index, yang digelar secara rutin setiap tahun, sejak tahun 2015. Riset mengacu tiga parameter penilaian Website Based, Social Media Based & Search Engine Based.

Lebih lanjut Tri menjelaskan, Search Engine Based, untuk mengukur dan mengetahui popularitas sebuah brand dicari oleh pengguna internet dan di ulas di berbagai halaman internet dengan menggunakan keyword planner brand di kategori tertentu. Kemudian Social Media Based, untuk mengetahui engagement yang terjalin antara brand dan pengguna sosial media melalui 3 sosial media teratas yaitu Facebook, Instagram dan Youtube. Dan Website Based, mengukur kecepatan akses dan traffic website brand, meliputi speed loading, user friendly, dan traffic website.

Menurut Tri Raharjo, popularitas brand di ranah digital, merupakan salah satu bukti sebuah brand dipercaya oleh masyarakat, karena banyak dicari atau diulas oleh masyarakat. Terlebih lagi sebuah brand mampu mempertahankan populaitasnya dalam jangka waktu yang lama, sebuah brand akan mampu membangun brand awareness, yang berujung pada meningkatkan minat konsumen terhadap suatu produk sebuah brand, bahkan membangun hubungan erat antara brand dengan pelanggan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…