Fenomena Politisi Pindah Partai Makin Marak Terjadi

Oleh : Herry Barus | Selasa, 17 Januari 2023 - 07:58 WIB

Wakil Sekretaris DPD Partai Gerindra Jawa Barat, V Jenni Retno Mamusung
Wakil Sekretaris DPD Partai Gerindra Jawa Barat, V Jenni Retno Mamusung

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Fenomena politisi pindah partai seringkali tak terelakkan, dan hal itu lumrah dalam dunia politik yang dinamis. Banyak alasan yang mungkin melatari seorang politisi untuk mencari partai yang "lebih tepat", seperti karena masalah pribadi, . maupun perbedaan persepsi, prinsip, atau kepentingan politik. 

Minggu lalu salah satu politisi PSI Jawa Barat, Andra Wahyu Hartawanti memutuskan hengkang dari PSI dan bergabung dengan Partai Gerindra. Hal ini tentu menjadi krusial karena Andra merupakan salah satu tokoh muda PSI yang bergabung di PSI sejak pendirian dan cukup eksis perannya di Jabar.

Perpindahan itu disampaikan Wakil Sekretaris DPD Partai Gerindra Jawa Barat, V Jenni Retno Mamusung dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (17/1/2023).

"Saya tidak nawari Andra, tapi dia melihat bahwa Gerindra dan Pak Prabowo Subianto sangat layak menjadi role model untuk masa depan Indonesia, makanya Andra memilih Gerindra daripada partai-partai lain yang menawarinya untuk bergabung," kata Jenni.

Ditambahkannya, Sekarang Andra sudah menjadi kader Gerindra dan sekaligus menjadi Ketua Gekira DPC Kota Bandung yang akan meneruskan perjuangannya untuk Kota Bandung melalui kontestasi pencalegan dari Gerindra di Dapil 2 Kota Bandung. Gekira yang merupakan singkatan dari Gerakan Kristiani Indonesia Raya adalah salah satu sayap dari Partai Gerindra.

Sementara Andra Wahyu Hartawanti ketika dimintai keterangannya mengatakan bahwa PSI dimana dia telah ikut berjuang membesarkan, walaupun di lokal Jabar, ternyata tidak mampu menjadi "saluran" idealismenya. 

"Idealisme yang saya maksudkan adalah, politik cerdas dan politik muda atau progresif," kata Andra.

Oleh karena itu, lanjutnya, “tanpa bermaksud menjelekkan PSI, saya memilih Gerindra sebagai partai yang saya nilai lebih siap dalam infra struktur dan kultur internal, sebagai partai di mana saya akan lanjut memperjuangkan idealisme saya demi Kebangsaan Indonesia.”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…