CamScanner Inovasi Tiada Henti dari OCR ke Peningkatan Potret

Oleh : Wiyanto | Senin, 16 Januari 2023 - 12:52 WIB

CamScanner (istimewa)
CamScanner (istimewa)

INDUSTRY.co.id-Jakarta- CamScanner telah menjadi aplikasi penting bagi semua penggunanya. Aplikasi ini bisa membantu anda menyusun dokumen sekolah atau kantor, memindai dokumen penting seperti kartu identitas dan paspor, tiket, struk belanja dan kupon.

Terdapat banyak aplikasi pemindai lain, tetapi di antara semua itu CamScanner tentunya menjadi salah satu aplikasi pemindai yang paling canggih dalam penyusunan dokumen.

“CamScanner akan terus berinovasi dan tidak akan berhenti memberikan fitur-fitur terbaiknya untuk pengguna.” kata juru bicara CamScanner, Kevin Smith dalam siaran persnya, Senin (6/1/2023)

Namun, daya tarik CamScanner bukan hanya saja fitur pemindainya. Saat pengguna membuka aplikasi CamScanner, mereka disambut oleh berbagai fitur tepat di tengah layar, yang terlihat seperti workshop multifungsi dengan banyak fitur produktivitas untuk mengolah dan menyunting dokumen. Dari OCR ke Peningkatan Potret, CamScanner unggul di pasar dengan inovasi teknologi yang non-stop dan sekaligus memberikan pengalaman pengguna yang terbaik.

Teknologi OCR Terkemuka Milik CamScanner OCR adalah singkatan dari Optical Character Recognition. Singkatnya, OCR adalah fitur praktis yang mendeteksi teks dalam gambar digital. CamScanner sudah melakukan penelitian dari berbagai sumber untuk mempelajari dan mengembangkan teknologi ini dan pengaplikasiannya. Kini, CamScanner menduduki posisi pertama dalam teknologi OCR dan sudah menggunakan teknologi ini untuk fitur-fiturnya. Contohnya, fitur konversi PDF CamScanner menggunakan teknologi ini untuk mendeteksi dan mengekstrak semua konten dari dokumen berbentuk PDF, termasuk teks, foto, dan tabel, lalu mengubahnya menjadi Word, Excel, atau PowerPoint yang bisa di edit tanpa mengubah format asli.

Dikarenakan, aplikasi ini menggunakan OCR dan teknologi deep learning untuk meningkatkan akurasi pengenalan gambar dan mengambil teks dari gambar dan mengubah PDF yang telah dipindai menjadi PPT atau spreadsheet Excel. Sebagai tambahan, fitur OCR ini bekerja sama dengan fitur pencarian cepat bertujuan untuk memudahkan pengguna mencari teks spesifik dari gambar dan catatan yang mereka simpan.

Peningkatan Potret Inovatif dari CamScanner Bagi sebagian besar orang, mengembalikan foto lama terdengar sangat rumit dan memakan banyak waktu. Mereka mengira hanya ahli dengan alat professional dan skill tertentu yang bisa melakukan itu.

Namun, kini semua orang bisa mengembalikan foto lama mereka dengan CamScanner, berkat fitur baru, "Peningkatan Potret". Berikut adalah fitur yang termasuk dalam "Peningkatan Potret" CamScanner: Memperbaiki dan menambah ketajaman portrait; Mendeteksi dan melakukan perbaikan goresan otomatis; Memperjelas tekstur kulit dan menyempurnakan fitur wajah; Memperjelas pembesaran pada gambar berukuran kecil; Dan, mewarnai foto hitam putih.

CamScanner telah memudahkan pengguna dalam mencoba fitur baru ini. Setelah mengunduh atau memperbarui aplikasi CamScanner, pengguna bisa mengakses fitur ini dengan menekan ikon kamera dan menggulir ke halaman "Peningkatan Potret". Pengguna bisa mengunggah atau mengambil gambar, memeriksa area yang ingin dipotong, lalu tekan mulai untuk memulai proses restorasi.

Ketika proses perbaikan selesai, CamScanner akan menampilkan pratinjau di mana pengguna dapat menggunakan bilah penggeser untuk membandingkan foto yang telah diperbaiki dengan foto aslinya. Jika pengguna merasa puas dengan hasilnya, mereka bisa menyimpan foto yang sudah diwarnai dan diperbaiki.Akun versi gratis memberikan akses ke semua fitur CamScanner untuk sepuluh kali pemindaian. Sedangkan, pengguna bisa mengakses semua fitur tanpa batas bagi yang berlangganan premium.

Usaha CamScanner dalam Inovasi Teknologi CamScanner pertama kali dirilis pada tahun 2011. Aplikasi ini memungkinkan pengguna ponsel iOS dan Android untuk memindai dokumen dan gambar. Aplikasi ini memiliki fitur penyunting lengkap seperti konversi ke berbagai format dokumen, mengekstrak teks, menambah kutipan, watermark atau tanda tangan ke dalam dokumen mereka. Dengan fitur "Peningkatan Potret", CamScanner memegang komitmennya dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan penggunanya.

Terkenal karena pemindaian kualitas tinggi, teks ekstraksi, dan pemrosesan gambar, CamScanner digunakan oleh lebih dari 550 juta pengguna dari 200 negara. Pengguna yang memiliki akun CamScanner akan diberi penyimpanan awan sebesar 200 hingga 300MB. Pengguna bisa mensinkronisasi data mereka dengan penyimpanan awan dan mengakses dokumen dari manapun, tanpa harus membawa banyak dokumen. Pengguna senang memindai dokumen mereka menggunakan CamScanner untuk merasakan alur kerja dan manajemen dokumen digital yang efisien.

Dengan berlangganan akun premium, pengguna bisa mengakses fitur yang lebih canggih, seperti OCR yang lebih kuat dengan akurasi lebih tinggi, penyimpanan awan yang lebih besar, penambahan waktu untuk mengembalikan data yang tidak sengaja dihapus, menambah watermark, dan lain lain.

Demi memenuhi kebutuhan pengguna, CamScanner terus berinovasi menciptakan fitur terbaru. CamScanner berambisi untuk mengubah semua ponsel pintar menjadi alat pemindai all-in-one. “Peningkatan Potret” menjadi bukti terbaik dari kesuksesan inovasi Camscanner, yang menunjukan bahwa CamScanner tidak pernah berhenti berinovasi dan mencari teknologi baru. CamScanner akan tetap melakukan inovasi teknologi terbaik kedepannya untuk memudahkan kehidupan sehari-hari pengguna dengan fitur-fitur yang canggih.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…