Mau Sukses dalam Bekerja? Begini Caranya!

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 09 Juli 2017 - 14:00 WIB

Ilustrasi Pengusaha Sukses
Ilustrasi Pengusaha Sukses

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pemutusan Hubungan Kerja menjadi sebuah pilihan yang semakin banyak diambil bagi perusahaan-perusahaan yang berjuang untuk tetap menguntungkan dalam perekonomian kita yang sedang lesu. Walaupun begitu, pada akhirnya menerima surat pemutusan hubungan kerja juga sama tidak menyenangkannya. Akan tetapi, hal yang familiar adalah konsepnya. Ketika Anda mungkin tidak berada dalam situasi tersebut, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan agar situasi tersebut tidak terjadi pada Anda.

Seberapa sukseskah kita mempersingkat waktu untuk melakukan pendekatan akan tantangan yang ada, dan bagaimana tekad kita untuk membuatnya berhasil.

Ya, terdapat banyak bisnis yang gagal di luar sana, sebagaimana halnya teman-teman kreatif yang berjuang untuk hidup. Akan tetapi, terdapat banyak juga wirausahawan yang sukses dan individu-individu artistik yang memanfaatkan talenta mereka untuk memberikan nilai dan yang telah menemukan cara membangun karir alternatif yang berkelanjutan secara finansial.

Jadi, apakah pendekatan yang tepat untuk dilakukan?

1.Pola Pikir

Membahas hal ini membuat kita tahu bahwa hal ini akan sama menantangnya sebagaimana hal ini akan membawa hasil. Hal ini akan menantang karena Anda akan menjadi satu-satunya orang yang tepat. Baik Anda sedang mencari suatu karir yang menawarkan Anda otonomi kreatif, rasa penuh arti, keseimbangan kerja/ hidup atau sesuatu yang lain, penting halnya untuk tetap membumi dan bijaksana.

Jika mimpi Anda adalah menjadi seorang seniman ternama akan tetapi belum pernah tampil di depan umum sebelumnya, siapkan diri Anda untuk penolakan (hal ini adalah bagian dari proses!), akan tetapi eksplorlah semua jalan untuk mengamankan pertunjukan Anda.

2.Prioritas & Tujuan

Ketahui prioritas Anda sebelum Anda mengambil langkah. Bagaimanakah sukses itu menurut Anda? Apa sajakah hal yang Anda tidak bisa hidup tanpanya? Apakah komitmen financial yang Anda punya? Mempunyai kejelasan akan prioritas dan tujuan Anda akan memungkinkan Anda untuk berjalan dengan sebuah rencana aksi yang mempunyai fokus pada mencapai hasil-hasil tersebut sementara juga membantu Anda mengatur pengharapan Anda selama masa transisi.

3.Riset

Lakukan dengan benar. Riset, riset, riset. Kenalilah beberapa individu yang sukses yang sedang melakukan apa yang ingin Anda lakukan dan cari tahu bagaimana mereka melakukannya. Jika mungkin, hubungilah mereka dan mintalah saran. Dapatkan sebanyak mungkin informasi yang Anda bisa tentang cara-cara terbaik untuk melakukan pendekatan akan karir impian Anda dan buatlah rencana untuk membuatnya terwujud.

Anda tidak bisa mempunyai sebuah rencana yang sangat mudah, akan tetapi Anda bisa meniru mereka yang sudah sukses sebelum Anda dan belajar dari kesalahan-kesalahan mereka.

4.Fokus

Mudah untuk merasa rendah diri selama beberapa bulan pertama (dan tahun pertama) dalam berusaha untuk menetapkan diri Anda dalam suatu bidang professional baru. Keluar dari zona nyaman seseorang seringkali menakutkan dan mengerikan, akan tetapi di dalamnya terletak motivasi untuk maju. Fokuslah pada gambaran besarnya. Ingatkan diri Anda sendiri alasan mengapa Anda melakukan hal yang sedang Anda lakukan dan tetapkan pandangan Anda pada hasilnya.

Ketidakpastian dan ketidakstabilan finansial selama fase awal mungkin akan tidak menyenangkan, akan tetapi hal tersebut merupakan harga untuk menantang status quo, dan merupakan hal yang tak terpisahkan dari perjalanan ini. Hal ini merupakan alasan mengapa hal ini wajib untuk memiliki prioritas dan tujuan yang jelas dari awal. Mampu untuk memenuhi persyaratan hidup minimal akan mempermudah transisi Anda selama tahap-tahap awal tersebut.

5.Rasa Bersyukur

Kita memerlukan uang untuk hidup, itu adalah sebuah fakta. Akan tetapi, seberapa banyak uang yang kita butuhkan untuk bahagia? Apakah kita benar-benar membutuhkan baju baru setiap bulan? iPhone terbaru? Sebuah mobil sport yang mencolok untuk mengesankan kolega dan tetangga kita? Hal yang mudah untuk terbawa oleh keinginan materialistis kita, akan tetapi hal ini merupakan hal yang sederhana untuk membuat pilihan yang pintar.

Jika kita memberikan lebih banyak rasa syukur dalam kehidupan kita dan mengingat bahwa terdapat jutaan kebutuhan dasar terampas seperti air bersih dan makanan, mungkin hal ini mengubah hubungan kita dengan uang dan kepemilikan materi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi kantong plastik

Selasa, 23 April 2019 - 20:45 WIB

Perda Larangan Kantong Plastik Ganggu Perekonomian Nasional

Pemerintah pusat melalui Kementrian Perindustrian (Kemenperin) meminta seluruh pemerintah daerah tidak menerbitkan peraturan daerah (perda) yang melarang peredaran kantong dan kemasan plastik.…

Kedua dari kiri: Alexander marwata - Wakil Ketua KPK, Muhammad Sigit - Deputi Bid Pencegahan dan paling kanan: S. Alexander Sianturi dari Treasure ACFE

Selasa, 23 April 2019 - 20:31 WIB

Jakpro Leaders Talk: BUMD DKI Jakarta Perkuat GCG Tegakkan Integritas

Jakarta– PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menginisiasi kebersamaan lintas BUMD se-DKI Jakarta untuk memperkuat Good Corporate Governance (GCG) sebagai upaya preventif berkelanjutan agar terhindar…

Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Muffidah Jusuf Kalla didampingi Yanti Isfandiary Airlangga serta Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih saat meninjau stan pameran kerajinan

Selasa, 23 April 2019 - 20:30 WIB

IKM Jadi Tonggak Penggerak Ekonomi Kerakyatan

Industri kecil dan menengah (IKM) merupakan salah satu sektor penggerak ekonomi nasional berbasis kerakyatan. Hal ini lantaran para pelaku IKM membuka lapangan kerja bagi masyarakat di sekitarnya…

Unilever Berbagi Ramadhan

Selasa, 23 April 2019 - 19:47 WIB

Unilever Indonesia Lanjutkan Dukungan Untuk Lombok, Palu dan Donggala Melalui “Ramadhan Berbagi: Beli Kebutuhanmu, Beri Kebaikanmu”

PT Unilever Indonesia Tbk. kembali memberikan dukungan untuk membantu pemulihan pasca bencana di wilayah Lombok, Palu serta Donggala melalui program “Ramadhan Berbagi: Beli Kebutuhanmu, Beri…

Redoxon

Selasa, 23 April 2019 - 19:30 WIB

Bayer Luncurkan Redoxon Triple Action untuk Mengatasi Tantangan Daya Tahan Tubuh saat Berpuasa Ramadan

Tantangan terhadap daya tahan tubuh bisa dialami saat menjalani puasa Ramadan karena terbatasnya asupan nutrisi sementara menjalani aktivitasberintensitas sama dengan hari-hari biasa. Tanpa…