Ke Prambanan, Menparekraf Sandi Tinjau Langsung Kesiapan Destinasi pada ATF 2023

Oleh : Hariyanto | Senin, 09 Januari 2023 - 20:20 WIB

Menparekraf Sandi Tinjau Kesiapan Destinasi pada ATF 2023
Menparekraf Sandi Tinjau Kesiapan Destinasi pada ATF 2023

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno, meninjau langsung kesiapan destinasi Ramayana Ballet Prambanan sebagai lokasi pembukaan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023, Minggu (8/1/2023). ATF dijadwalkan digelar pada 2-5 Februari 2023 dan saat opening ceremony akan dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Edy Setijono bersama Corporate Secretary PT TWC AY Suhartanto dan GM Teater dan Pentas Ramayana Chrisnamurti Adiningrum menyambut langsung kunjungan rombongan Kemenparekraf yang meninjau sejumlah lokasi untuk ATF 2023 ini. 

Menurutnya event tersebut mengulang momen 20 tahun yang lalu di mana Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah. Indonesia telah berperan dalam perkembangan kerja sama pariwisata di kawasan Asean sejak 1976 dan terlibat ATF sejak awal dibentuk atau pada 1981.

"Saya ingin mengajak seluruh masyarakat pariwisata dan ekonomi kreatif terutama yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mendukung dan mendukung ketuanrumahan Indonesia dalam ATF 2023," kata Sandiaga.

Ia menjelaskan ATF 2023 akan dihadiri 10 negera ASEAN ditambah India, Jepang, Cina, Korea Selatan, serta Rusia. Ia  berharap sebanyak 1.500-2.000 wisatawan mancanegara dapat berkunjung ke DIY yang terdiri dari delegasi dan juga komunitas bisnis di masing-masing negara.

Menparekraf juga berharap bahwa pada agenda internasional pertama di tahun 2023 ini akan berpartisipasi dalam peningkatan perekonomian negara dan juga ekosistem pariwisata regional. 

"Saat G20 sebagai perbandingan, di mana kita bisa meningkatkan dampak ekonomi sampai 500 juta dolar. Maka di level ASEAN yang ada 10 negara, kita akan sangat beruntung kalau bisa mencapai 100 juta dolar dari target dampak perputaran maupun juga potensi transaksi," imbuhnya.

Sandiaga juga menyinggung mengenai kelengkapan infrastruktur di Yogyakarta yang sudah memiliki Yogyakarta Internasional Airport serta hotel-hotel yang terkoneksi dengan destinasi prioritas. Baik itu destinasi wisata Borobudur dan Prambanan.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, menyampaikan rasa bahagianya bisa terlibat sebagai venue ATF 2023. Menurutnya hal tersebut merupakan kesempatan yang sangat baik untuk pemerintah DIY, karena itu merupakan suatu investasi promosi bagi DIY dan sekitarnya untuk ke depan dan seterusnya.

Terlebih, disampaikannya event tersebut merupakan event terbesar di DIY setelah pandemi Covid-19. Sehingga pariwisata DIY sangat menyambut baik agenda berskala internasional itu. "Tentu kami tidak akan sia-siakan kesempatan yang sangat baik itu. Kolaborasi kami dengan stakeholder sangat erat sekali," ucap Singgih.

Sementara itu, Direktur Utama PT TWC Edy Setijono memastikan kesiapan destinasi Ramayana Open Air serta Rama Shinta Garden Resto sebagai lokasi opening ceremony pada ATF 2023 ini. Dirinya berharap kegiatan ini bisa menjadi sarana publikasi yang efektif untuk memacu pertumbuhan wisatawan mancanegara ke destinasi yang yang menyuguhkan pertunjukan kolosal Sendratari Ramayana ini.

“Kami mendukung penuh agenda ATF 2023 dengan menyuguhkan destinasi terbaik bagi para delegasi. Representasi objek wisata berkualitas yang akan disuguhkan kepada delegasi diharapkan bisa menarik minat kunjungan wisatawan mancanegara,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…