Lebih Awesome, Ngonten Pakai Kamera 108MP Samsung Galaxy A73 5G

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 20 Desember 2022 - 17:01 WIB

Samsung Galaxy A73 5G hadir dengan kamera 108MP OIS merupakan smartphone berspesifikasi tertinggi di kelas Samsung Galaxy A Series sampai saat ini. (Foto: PT Samsung Electronics Indonesia)
Samsung Galaxy A73 5G hadir dengan kamera 108MP OIS merupakan smartphone berspesifikasi tertinggi di kelas Samsung Galaxy A Series sampai saat ini. (Foto: PT Samsung Electronics Indonesia)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tren resolusi kamera smartphone terus membesar dari waktu ke waktu. Kalau dulu resolusi 64MP sudah paling tinggi, kini beberapa smartphone sudah mengusung kamera 108MP. Tapi, apakah kualitas kamera 108MP di semua smartphone sama?

 

Untuk mengetahuinya, kita perlu melihat bagaimana sistem kameranya secara keseluruhan dan kecanggihan teknologi yang mendukung pengambilan gambar. Dalam hal ini, Samsung Galaxy A73 5G yang hadir dengan Quad Camera 108MP dan teknologi Optical Image Stabilization (OIS) untuk memberi pengguna kamera resolusi tinggi terbaik di kelasnya yang mampu menangkap foto dan video dengan hasil yang Awesome.

 

Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager, PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN), mengemukakan, Samsung Galaxy A73 5G hadir dengan inovasi teknologi kamera sekelas flagship lewat Quad Camera 108MP, di mana tiap lensanya bisa dimaksimalkan untuk menciptakan hasil foto dan video yang Awesome. Adanya Optical Image Stabilization (OIS) pun membuat pengguna bisa mendapat foto yang lebih detail dan video yang lebih smooth, bahkan saat low light.

 

“Sebagai mid-range smartphone yang didesain untuk memaksimalkan passion anak-anak muda dalam membuat konten kapan pun dan di mana pun, Samsung Galaxy A73 5G juga dilengkapi dengan sertifikasi IP67 untuk ketahanan air dan debu, yang bahkan masih belum dimiliki sejumlah smartphone flagship di pasaran,” ujar Ilham.

 

Simak cara memanfaatkan tiap lensa kamera Galaxy A73 5G untuk ngonten yang lebih Awesome:

 

 

Main Camera OIS 108MP bikin kamu bisa capture tiap momen dengan kualitas terbaik

 

Tiap momen bisa jadi konten, dan orang-orang ingin mendapat foto atau video yang maksimal secara instan supaya tampak jernih di media sosial. Nah, buat kamu yang mau capture tiap momen dengan hasil Awesome di berbagai kondisi, kamu bisa mengandalkan Samsung Galaxy A73 5G berkat kamera resolusi tinggi 108MP dan fitur-fitur pendukung untuk bikin konten Awesome secara instan.

 

Dalam menciptakan kualitas gambar yang maksimal, Samsung Galaxy A73 5G dibekali teknologi kamera berbasis Artificial Intelligence (AI) yang mendukung teknik nona-binning yang menggabungkan sembilan piksel jadi satu untuk menghasilkan gambar dan video yang lebih detail dan cerah.

 

Teknik nona-binning ini sudah diterapkan smartphone flagship Samsung seperti Galaxy S22 Series 5G. Galaxy A73 5G juga dibekali teknologi Detail Enhancer dan Enhanced HDR, jadi perangkat mampu menangkap gambar dengan detail yang lebih hidup dan lebih kaya warna. Hal ini didukung dengan teknologi Big Pixel Sensor yang mampu mengurangi noise secara drastis untuk hasil foto yang lebih bening.

 

Menariknya lagi, Samsung Galaxy A73 5G juga punya Optical Image Stabilization (OIS) dan Video Digital Image Stabilization (VDIS) yang memungkinkan kamu mendapat hasil video yang lebih smooth, tajam, dan stabil. Ini sangat membantu untuk bikin video yang stabil saat gowes, jogging atau trekking, maupun jalan-jalan ke spot kekinian pas bikin konten a day in my life. Kamu pun bisa rekam video hingga resolusi 4K 30fps baik pakai kamera depan maupun belakang.

 

Dukungan AI pada kamera Samsung Galaxy A73 5G juga bisa membebaskan kamu berkreasi dengan fitur Single Take, di mana kamu bisa ambil beberapa foto dan video sekaligus dalam berbagai mode - seperti mode hitam putih, vintage, bokeh, maupun efek visual lainnya - hanya dengan sekali klik. Jadi, kamu nggak perlu bingung mau ambil foto atau video untuk mengabadikan momen-momen Awesome seperti saat konser, tingkah menggemaskan binatang peliharaan kamu, atau aksi bestie-mu saat olahraga.

 

 

Ultra Wide Camera 12MP bikin photo group hingga foto landscape jadi lebih Awesome

 

Peran lensa ultra wide di smartphone sangat penting karena ada kalanya kita memerlukan bidang pandang yang lebih luas saat mengabadikan momen, misalnya saat ingin bikin photo group atau memoto suasana kota. Memahami hal tersebut, Samsung Galaxy A73 5G hadir dengan Ultra Wide Camera 12MP yang memungkinkanmu capture lebih banyak objek di dalam frame, maupun mendapatkan satu objek berukuran besar secara utuh.

 

Saat nongkrong bareng teman, acara kantor, atau kumpul keluarga, kamu bisa bikin photo group yang lebih Awesome dengan hasil yang lebih jernih dan pastinya semua orang bisa masuk frame.

 

Lalu, saat sedang liburan dan ada objek ikonik di tempat yang dikunjungi, seperti monumen atau spot wisata kekinian, kamu bisa capture objeknya secara utuh dan membuatnya tampak lebih megah. Momen sederhana seperti jalan-jalan di tengah kota pun bisa jadi lebih Awesome karena kamu bisa capture cityscape dengan bangunan dan orang-orang di sekitar secara utuh.

 

Selain Awesome untuk foto, lensa ultra wide juga kece untuk rekam video. Menariknya, Samsung Galaxy A73 5G punya fitur Auto Framing yang mampu melacak hingga lima orang dan secara otomatis menyesuaikan bidang pandang agar orang-orang yang ingin kita foto bisa masuk dalam frame. Fitur ini bisa kamu maksimalkan waktu ingin bikin konten vlog saat liburan, pergi ke taman bermain, atau ketika cafe hopping, karena hasil videonya akan lebih fokus dan proporsional.

 

Lensa Macro dan Depth 5MP hasilkan foto jarak dekat dan portrait yang detail dan smooth

Samsung Galaxy A73 5G juga memiliki Macro Camera 5MP yang mampu menangkap detail yang lebih nyata dari jarak yang begitu dekat. Cukup dekatkan perangkat dengan jarak kurang dari 5cm dari objek dan atur fokus, kamu bisa mendapat foto makro dengan detail yang Awesome. Lensa ini ideal untuk foto objek seperti bunga atau serangga dari jarak dekat supaya hasilnya lebih standout.

 

Kamu juga bisa mengkreasikan lensa makro untuk ​​bikin foto makanan agar lebih tempting dengan menangkap detail lebih dari plating atau elemen tertentu makanan tersebut. Untuk memaksimalkan warna makanan pada foto dan membuatnya lebih menggugah selera, kamu bisa pakai Scene Optimizer yang mampu mengoptimalkan kinerja kamera dari objek yang dilihatnya, termasuk makanan. Scene Optimizer pun bisa melacak objek lain seperti binatang, bunga, wajah, hingga teks, yang memungkinkan kamu berkreasi lebih jauh.

 

 

Selfie Camera 32MP untuk konten TikTok dan Instagram yang jernih

 

Apakah kamu termasuk yang dikit-dikit selfie, dikit-dikit Instastory, atau dikit-dikit bikin TikTok? Kalau iya, kamu bakal seneng banget dengan Samsung Galaxy A73 5G yang punya Selfie Camera 32MP. Dengan resolusi yang sudah tinggi, hasil foto dan video yang ditangkap akan lebih memuaskan, jadi kamu bisa bebas selfie kapan pun dan di mana pun dengan hasil yang pasti jernih, termasuk untuk di-upload ke Instastory. Kamu juga bisa lebih pede untuk rekam konten TikTok dan ikut challenge-challenge yang trending karena kualitas videonya pasti bening.

 

Menariknya, Samsung Galaxy A73 5G juga dibekali fitur Fun Mode yang punya berbagai filter lucu untuk hasil foto yang lebih unik, baik itu dengan penambahan kontras, mood tertentu, hingga efek-efek menarik. Berbagai filter di Fun Mode merupakan Snapchat Lenses yang akan di-update dari waktu ke waktu, termasuk filter tematik sesuai momen-momen spesial tertentu, jadi kamu bisa mendapatkan tampilan yang paling kekinian setiap saat.

 

 

Bikin konten yang lebih Awesome dengan Samsung Galaxy A73 5G sekarang juga!

 

Berbagai fitur Awesome pada Quad Camera 108MP Samsung Galaxy A73 5G semakin lengkap dengan dukungan Snapdragon 778G sebagai chipset yang mampu menjalankan proses pengolahan gambar yang terdepan di kelasnya. Snapdragon 778G pun berperan besar dalam menjalankan fitur kamera dan editing yang ada di Samsung Galaxy A73 5G, salah satunya fitur Photo Remaster.

 

Photo Remaster bisa memperbaiki hasil foto lama jadi lebih jelas dan tajam. Hal ini berkat dukungan AI yang mampu mendeteksi dan meningkatkan kualitas dari berbagai elemen dalam foto, mulai dari warna, tingkat kecerahan, hingga kontras. Dengan Photo Remaster, kamu bisa berkreasi dengan stok foto lama untuk bikin konten bertema throwback.

 

Samsung Galaxy A73 5G dibekali dengan RAM 8GB dan RAM Plus hingga 8GB, serta memori internal 256GB yang bisa ditingkatkan sampai 1TB, jadi kamu bisa puas menyimpan berbagai foto dan video tanpa khawatir ruang penyimpanan akan cepat habis. Selain itu, dengan kapasitas baterai besar 5.000mAh yang tahan hingga dua hari, Samsung Galaxy A73 5G mampu menemani kamu untuk mengabadikan setiap momen dengan lebih Awesome.

 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Samsung Newsroom Indonesia di news.samsung.com/id. Keterangan detail tentang Samsung Galaxy A73 5G, silakan kunjungi samsung.com/id. ***

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Tinjau Kawasan Waterfront Marina

Jumat, 27 Januari 2023 - 15:15 WIB

Tinjau Kawasan Waterfront Marina dan Puncak Waringin, Menteri Basuki: Manfaatkan dan Pelihara Dengan Baik

Dalam rangka persiapan ASEAN Summit 2023, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno,…

Ilustrasi Perumahan

Jumat, 27 Januari 2023 - 15:04 WIB

Capaian Bantuan PSU Perumahan Tahun 2022 Lebihi Target, Naik 27.825 Unit Pada Tahun 2023

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan dalam mendorong kepemilikan hunian layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tidak…

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas

Jumat, 27 Januari 2023 - 14:58 WIB

Menteri PANRB: Transformasi Penataan JF Kini Akomodasi Aspirasi Pejabat Fungsional

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mendorong transformasi pengelolaan jabatan fungsional (JF). Regulasi tentang JF telah melibatkan kementerian/lembaga…

Perumahan (PUPR)

Jumat, 27 Januari 2023 - 14:43 WIB

Capaian Bantuan PSU Perumahan Tahun 2022 Lebihi Target, Tahun Ini Naik 27.825 Unit

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan dalam mendorong kepemilikan hunian layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tidak…

Super Indo luncurkan Indikator Kandungan Gula pada produk minuman.

Jumat, 27 Januari 2023 - 14:20 WIB

Bantu Pelanggan Seimbangkan Gula, Super Indo Luncurkan Indikator Kandungan Gula Pada Produk Minuman

Super Indo tunjukkan komitmennya untuk menjalankan bisnis yang lebih bertanggung jawab dengan Luncurkan Indikator Kandungan Gula pada produk minuman.