Inilah Cara Kita Menggunakan Zoom Sepanjang 2022

Oleh : Herry Barus | Selasa, 03 Januari 2023 - 12:58 WIB

Aplikasi Zoom
Aplikasi Zoom

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Zoom Video Communications, Inc. (NASDAQ: ZM) baru-baru ini mempublikasikan riset tentang bagaimana orang-orang saling terhubung dan berkolaborasi secara virtual melalui Zoom sepanjang tahun 2022, dengan kombinasi antara informasi internal Zoom dan survei online . Riset ini menunjukkan perilaku meeting para pengguna Zoom, mulai dari hari-hari paling sibuk di platform Zoom hingga hal-hal yang paling tidak disukai saat bekerja, dan tempat para pengguna melakukan meeting.

Beberapa poin penting dalam riset tersebut meliputi:

●             Senin bukanlah hari paling sibuk dalam seminggu. Selasa adalah hari paling sibuk berdasarkan jumlah meeting, penggunaan conference room, dan penyelenggaraan acara hybrid, lalu diikuti dengan hari Rabu berdasarkan jumlah panggilan telepon, pesan yang dikirim melalui team chat, penggunaan whiteboard virtual, dan penyelenggaraan acara hybrid. Pada akhir pekan, Minggu menjadi hari yang lebih sibuk untuk webinar dibandingkan hari Sabtu.

●             Grup dengan jumlah partisipan yang sedikit meningkatkan efisiensi meeting. Rata-rata jumlah partisipan meeting sepanjang 2022 adalah 7 orang, menurun 30% dari tahun lalu sejumlah 10 orang. Sementara, rata-rata lama meeting menurun dari 54 menit di tahun lalu, menjadi 52 menit di tahun ini.

●             Tiap generasi memiliki preferensi komunikasi virtual yang berbeda. Generasi milenial (51%) dan Gen Z (36%) lebih menyukai messaging tools seperti team chat serta saling terhubung melalui whiteboard, sementara generasi Baby Boomers (42%) dan Gen X (35%) lebih suka menggunakan email. Baby Boomers juga menjadi generasi yang paling menyukai panggilan telepon – sangat berbeda dengan generasi Milenial yang tidak suka berbicara lewat telepon.

●             Orang-orang semakin terbiasa dengan gaya kerja yang fleksibel, sehingga frekuensi meeting selain di meja kerja meningkat. Tempat di mana pengguna paling sering melakukan meeting, selain di meja, adalah mobil (43%), diikuti dengan tempat tidur (25%), kafe (19%), bandara (18%), dan meeting sambil jalan kaki atau jogging (14%). Berdasarkan generasinya, Gen Z paling sering melakukan meeting di mobil (61%), dan 31% generasi milenial bergabung dalam meeting sambil berjalan kaki atau jogging.

●             Menghargai orang lain sangat penting, baik saat berinteraksi langsung maupun secara virtual. Orang-orang dari berbagai generasi setuju bahwa perilaku saat meeting yang paling mengganggu adalah ketika ada yang memotong pembicaraan orang lain (34%); ketika waktu meeting terulur lebih lama dan seseorang melayangkan pertanyaan baru (28%); serta ketika seseorang makan dan tidak mematikan mic (24%).   (*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…