Tutup Tahun 2022, DANA Raih Peringkat 'Top Improvers' Versi YouGov Bank & Payment System Consideration Rankings

Oleh : Hariyanto | Selasa, 03 Januari 2023 - 10:07 WIB

Ilustrasi Pengguna Dana
Ilustrasi Pengguna Dana

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dikatakan menguat oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia selama tahun 2022 tercermin dari pertumbuhan ekonomi yang tercatat sebesar 5,72% (YoY) pada triwulan 3 tahun 2022. Terhitung dari kuartal pertama sampai ketiga, ragam layanan dan inisiasi dari berbagai sektor serta Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) mewarnai akselerasi transformasi digital di Indonesia. 

Selama tahun 2022, DANA turut menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam melayani kebutuhan para pengguna, khususnya dalam bertransaksi secara digital, dan berhasil menduduki peringkat pertama kategori “Top Improvers” dalam Bank and Payment System Consideration Rankings 2022 oleh YouGov. Ranking didasarkan pada skor positive consideration brand dari YouGov BrandIndex, yang mengukur besaran jumlah pelanggan suatu brand lembaga atau jasa keuangan yang akan mempertimbangkan menggunakan brand tersebut kembali di masa yang akan datang.

Adopsi penerimaan pembayaran digital di tengah masyarakat menunjukkan peningkatan yang signifikan dari penggunaan produk dan layanan keuangan digital. Fintek juga memegang peranan penting dalam memperluas akses layanan keuangan dengan memastikan teknologi keuangan dapat melayani masyarakat segmen underbanked dan unbanked. Di samping perolehan peringkat pertama kategori “Top Improvers” oleh YouGov, dompet digital DANA juga mencatat angka pertumbuhan positif menjelang tutup tahun 2022.

Ekosistem keuangan digital yang semakin lumrah digunakan oleh pengguna dalam bertransaksi sehari-hari ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata jumlah transaksi harian di aplikasi DANA sebesar 160,30% pada November 2022 (YTD) atau sejumlah 16,4 juta transaksi. Kebiasaan pengguna dalam bertransaksi secara digital untuk melakukan transaksi kirim uang juga meningkat signifikan, yaitu sebesar 323,46% pada November 2022 (YTD). 

Berbagai fitur unggulan lainnya juga mencatatkan kenaikan yang signifikan, antara lain pembayaran QRIS sebesar 374,25%, pembayaran tagihan sebesar 172,47%, dan transaksi pembelian emas digital sebesar 262,87%. Hal ini menandakan semakin tingginya tingkat kepercayaan pengguna dalam memanfaatkan DANA sebagai solusi layanan keuangan modern yang aman, nyaman, dan terpercaya.

“Potensi yang lahir dari perkembangan teknologi menjadi peluang bagi PJP untuk terus berinovasi dalam menghadirkan layanan yang pada akhirnya akan mempercepat literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. Peningkatan transaksi dari berbagai fitur di dompet digital DANA menunjukkan komitmen DANA untuk selalu menghadirkan pengalaman bertransaksi terbaik bagi masyarakat, dan memastikan layanan dari dompet digital DANA dapat menjadi solusi keuangan modern dalam memenuhi kebutuhan keuangan berbasis gaya hidup bagi lebih banyak lagi pengguna di seluruh Indonesia,” ujar Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia.

“Transformasi digital Indonesia masih menunjukan kecenderungan yang terus menguat sepanjang 2022, dimana dompet digital merupakan salah satu segmen dengan pertumbuhan yang tertinggi di sektor finansial. 4 dari 5 "Top Improver" dalam Bank and Payment System Consideration ranking diisi brand-brand dompet digital dan bank digital. Hal ini menunjukan potensi pertumbuhan yang besar bagi ekosistem digital Indonesia, seiring dengan perubahan perilaku masyarakat yang masih terus berlanjut selepas pandemi.” kata Ali Aria, Client Service Director YouGov.

Pencapaian yang diperoleh DANA pada tahun 2022 merupakan salah satu indikator meningkatnya penerimaan masyarakat terhadap transformasi digital, serta menjadi salah satu pendorong bagi DANA untuk terus berkontribusi dalam mempercepat akselerasi literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. Menutup tahun 2022 dan menyambut tahun 2023, DANA senantiasa meningkatkan performa sebagai PJP di Indonesia yang memberikan layanan keuangan digital terbaik dan terpercaya bagi para penggunanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Workshop dan Raker Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:23 WIB

Indonesia Diproyeksi Menjadi Negara Produsen Wakaf di Dunia

Dengan potensinya yang besar, Indonesia diproyeksi menjadi salah satu negara produsen wakaf terbesar di dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah bahkan telah memasukan keuangan syariah…

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:54 WIB

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) bersama dengan Fimela, Otoasia.com, dan KIS FM, menghadirkan edukasi tentang pencapaian hidup optimal melalui hobi dan kesejahteraan finansial.…

Big Bad Wolf Books gelar Pekan Grosir di ITC Kuningan Jakarta.

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:50 WIB

Big Bad Wolf Books Gelar Pekan Grosir Perdana di Jakarta

Big Bad Wolf Books (BBW) hadirkan Pekan Grosir BBW di ITC Kuningan Jakarta. Hadirkan koleksi buku-buku berkualitas dari berbagai genre dengan harga grosir yang mencengangkan.

Peserta Raker dan Workshop Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:09 WIB

Wakaf Uang Perlu Akselerasi Agar Potensinya yang Sebesar Ro 180 Triliun Terserap

Wakaf uang merupakan salah satu jenis wakaf yang memiliki potensi sangat besar di Indonesia. Potensinya mencapai RP 180 triliun per tahun. Meski begitu sejak dicanangkan sejak 2010, potensi…

Petugas memberikan vaksinasi ke Sapi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 14:46 WIB

Kementan Kendalikan PMK di Pasuruan, Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Rutin

Menindaklanjuti adanya pemberitaan terkait kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Pasuruan, Jawa Timur, Kementerian Pertanian melalui Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen…