Moda Transportasi Bus Kian Diminati, Traveloka Bagun Kemitraan Lebih Dari 380 Operator Bus Dan Travel

Oleh : Nina Karlita | Senin, 26 Desember 2022 - 22:27 WIB

Ilustrasi PO Bus. (Robertus Pudyanto/Getty Images)
Ilustrasi PO Bus. (Robertus Pudyanto/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Traveloka menyediakan produk perjalanan terlengkap, termasuk transportasi darat, khususnya Bus & Travel. Hingga Desember 2022, Traveloka telah membangun kemitraan dengan lebih dari 380 operator Bus & Travel di Indonesia.

Berkat inovasi berbasis teknologi, kini masyarakat semakin mudah untuk melakukan perjalanan dengan bus dan travel karena dapat melakukan pemesanan secara online.

Iko Putera, CEO of Transport, Traveloka, mengungkapkan, seiring dengan meningkatnya pemanfaatan teknologi dan digitalisasi khususnya di sektor transportasi, pihaknya melihat adanya peningkatan minat yang tercermin pada peningkatan transaksi bus dan travel.

Peningkatan minat konsumen pada produk bus dan travel didasari oleh beberapa faktor seperti; titik keberangkatan dan jangkauan destinasi lebih dekat dengan konsumen, harga tiket bus yang lebih terjangkau, serta ragam tipe bus yang semakin bervariasi (luxury bus, sleeper bus, captain seat, single seater).

"Kebutuhan tersebut juga menjadi landasan inovasi kami dalam menjamin kelengkapan serta ketersediaan produk bus, dimana informasi mengenai tipe maupun jenis armada bus, pilihan jadwal, dan rute bus dapat dengan mudah ditemui di Traveloka,” kata Iko Putera.

Peningkatan mobilitas konsumen di tingkat nasional juga tercermin melalui data internal Traveloka mengenai tren para pengguna yang melakukan perjalanan dengan bus, dimana terjadi peningkatan pemesanan pada rute-rute baru tidak hanya kota-kota besar di Pulau Jawa dan Sumatera, namun juga melihat tren positif di Sulawesi.

“Beberapa kota besar seperti Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Malang, Bandung masih menjadi destinasi favorit. Sedangkan untuk Pulau Sumatera, Bandar Lampung, Palembang, Medan, Padang, dan Pekanbaru juga menjadi pilihan," tambah Iko.

Traveloka juga memahami bahwa faktor kenyamanan menjadi salah satu hal penting bagi penumpang bus, khususnya mereka yang bepergian dengan jarak jauh. Kebutuhan ini direspon baik oleh mitra Perusahaan Otobus (PO) Bus yang senantiasa melengkapi ketersediaan mereka di aplikasi Traveloka.

Upaya peningkatan pelayanan konsumen pengguna & mitra juga senantiasa dilakukan oleh Traveloka. Untuk produk Bus & Travel, Traveloka memiliki program Jaminan Tiket Resmi yang menjamin 100 persen uang kembali jika tiket yang telah dibeli mengalami kendala saat keberangkatan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Marketing Innovation (Ilustrasi)

Minggu, 19 Mei 2024 - 22:10 WIB

Innovation in Marketing Strategies That You Need to do!

In an era that continues to develop rapidly, it is important for us to always follow developments in trends to find effective marketing strategies. An effective marketing strategy must be dynamic…

Industri kesehatan

Minggu, 19 Mei 2024 - 21:35 WIB

Strategic Development of Health-Related Assistance Services in Post-Covid-19 Indonesia using PESTLE Analysis

The Covid-19 pandemic has dramatically reshaped the global healthcare landscape, highlighting both vulnerabilities and opportunities within health-related services. As Indonesia emerges from…

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:35 WIB

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Jakarta–Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-497, Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BTN) akan menyelenggarakan…

Wahdah Islamiah dukung Palestina merdeka

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:24 WIB

Wahdah Islamiyah Kecam Israel atas Genosida Rakyat Palestina

Ormas Islam Wahdah Islamiyah ikut mengecam penjajahan dan genosida yang dilakukan zionis Israel di Gaza Palestina, yang kini telah memasuki hari ke 225 sejak oktober 2023 yang lalu.

Emak emak aksi palestina

Minggu, 19 Mei 2024 - 15:10 WIB

Emak-Emak Ikut Aksi Bela Palestina di Kedubes Amerika Serikat

Aksi Damai didepan kedubes Amerika Serikat, dan di rumah Dubes Mesir, dari pagi hingga siang hari, diikuti sejumlah Kekuatan Masa dari berbagai Wilayah Jakarta dan sekitarnya. Nampak yang turut…