BUMN PPI Siap Jaga Stabilitas Harga dan Ketersediaan Komoditi Momen Nataru

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 23 Desember 2022 - 13:55 WIB

PPI Siap Jaga Stabilitas Harga dan Ketersediaan Komoditi Momen Nataru*
PPI Siap Jaga Stabilitas Harga dan Ketersediaan Komoditi Momen Nataru*

INDUSTRY.co.id, Jakarta-PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) member of ID Food berkomitmen menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok komoditi pangan nasional jelang natal dan tahun baru 2023.

Direktur Utama PPI Nina Sulistyowati mengatakan PPI yang kini telah bertransformasi menjadi perusahaan trading logistik bersama anak perusahaan BGR Logistik Indonesia, siap untuk menyambut momen nataru.

"PPI sigap menjaga pilar ketersediaan untuk dapat dipenuhi, baik dari hasil produksi dalam negeri maupun produk komoditi ekspor ke luar negeri, mendorong penyerapan dari serta UMKM, nelayan, petani, dan peternak, juga keterjangkauan, yang mana dengan sebaran jaringan PPI di seluruh Indonesia memudahkan kami dekat dengan sumber permintaan yaitu masyarakat Indonesia," ujar Nina.

Nina menyebut, sebaran wilayah operasional membuat PPI dapat menjalankan fungsi komersial yang berperan sebagai distributor produk komersial yang mendukung ketersediaan, keterjangkauan, mutu, dan kesinambungan.

PPI dalam kapabilitasnya sebagai trading logistik bersama-sama anak perusahaan PT BGR Logistik Indonesia (BLI), memiliki kesiapan untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok komoditi pangan nasional dlaam momen natal dan tahun baru dengan memiliki sebaran 32 cabang, 20 Divre BLI, 80 ribu mitra warung pangan, dan 873 armada pendukung di seluruh Indonesia.

PPI juga memiliki fungsi sosial, yaitu menjalankan program stabilisasi harga, meningkatan ekonomi daerah, dan pemberdayaan melalui cross selling yang membuka dan menyerap hasil petani, peternak, nelayan, dan pelaku UMKM tersebut. 

"PPI mendukung pemerintah daerah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menggali dan mengembangkan potensi-potensi yang ada di wilayahnya masing-masing melalui pengembangan ekonomi lokal, pendayagunaan potensi dan sumberdaya unggulan untuk pengembangan usaha ekonomi produktif," ucap Nina.

PPI, lanjut Nina, terus berusaha menjadi perusahaan perdagangan dan logistik yang berkomitmen melayani lebih baik dalam proses transformasi ekosistem pangan, dan mendukung program pemerintah dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dalam pelaksanaan kegiatan supply chain end to end dari hulu ke hilir menjadi lebih efisien, melalui peran sebagai sales agent dan off-taker pangan, gateway ekspor dan key account holder untuk kegiatan trading dari member holding pangan, dan memiliki posisi yang baik di pasar dengan meningkatkan kapasitas pertumbuhan industri perdagangan dan logistik terdigitalisasi di Indonesia yang semakin kompetitif.

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang mengatakan bahwa PPI dapat memberikan yang terbaik dalam bisnis perdagangan logistik dan berdaya saing global dalam melayani masyarakat. 

"PPI harus mendukung ekosistem BUMN Holding Pangan ID Food menuju kedaulatan pangan Indonesia," ujar Erick.

Pada momen natal dan tahun baru, PPI juga dimudahkan karena memiliki platform Warung Pangan yang mempunyai misi untuk menjadikan e-commerce enabler bagi pemberdayaan di bidang pangan dengan menyediakan produk pangan dan nonpangan yang berkualitas dan terjangkau.

Warung Pangan merupakan program inisiatif strategis PPI yang didukung Kementerian BUMN dan Kementerian Perdagangan dalam meningkatkan inklusivitas warung atau UMKM dengan kemudahan akses distribusi dan transaksi digital melalui aplikasi Warung Pangan.

UMKM yang menjadi mitra Warung Pangan mendapatkan layanan dengan menjadi saluran distribusi pangan bagi produk BUMN holding pangan di bawah ID Food kepada masyarakat dan menciptakan ekosistem pangan yang terdigitalisasi dari hulu hingga hilir.

Dengan begitu, PPI terus siap mendukung mendukung terwujudnya ketahanan pangan dan berperan secara nyata menjadi agen pemerintah dengan kontribusinya untuk menyediakan dan mencukupi kebutuhan pangan Indonesia.

              

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.