CEO Race Kingdom, Omar Gull Beberkan Manfaat VR, AR & Industri Mixed Reality untuk Kehidupan

Oleh : Hariyanto | Jumat, 23 Desember 2022 - 13:51 WIB

CEO game metaverse Race Kingdom, Omar Gull (kiri)
CEO game metaverse Race Kingdom, Omar Gull (kiri)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Realitas virtual, augmented reality, dan industri mixed reality menjadi beberapa topik yang menarik dibahas. Realtias virtual mengacu pada teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan hasil simulasi komputer yang disalin dari lingkungan fiktif. 

Kemudian, augmented reality adalah teknologi yang menggunakan lingkungan dunia nyata yang ada dan menempatkan informasi virtual atau bahkan dunia virtual di atasnya untuk meningkatkan pengalaman, contohnya adalah Pokemon Go. 

Selanjutnya industri mixed reality adalah sebuah teknologi yang memiliki campuran konsep antara augmented reality dengan virtual reality. 

Topik-topik ini memunculkan pertanyaan, apa yang perlu perhatikan, hingga bagaimana teknologi itu dapat bermanfaat untuk kehidupan. CEO game metaverse Race Kingdom, Omar Gull pun mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut lewat wawancaranya bersama Authority Magazine. 

“Saya akan menyoroti satu, tetapi yang paling penting, menurut saya, mesin game tidak canggih. Kurangnya sumber daya yang berpengalaman membuat peningkatan menjadi sangat sulit dan mahal,” kata Omar Gull yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (23/12/2022).

Gull juga menyoroti soal bagaimana VR, AR, dan MR bisa membantu pekerjaan. Menurutnya, teknologi saat ini belum secanggih itu, namun penggunaan VR yang baik dapat menyediakan lingkungan yang imersif untuk pekerjaan jarak jauh, kolaborasi, pelatihan, serta pengembangan produk yang efisien. 

Ia juga menekankan pentingnya untuk melakukan pengujian atau pembuatan produk baru dapat dilakukan dalam berbagai skenario fisik tanpa membuang sumber daya fisik yang sebenarnya. Gull memberikan contoh, salah satu pilar Dubai Metaverse Strategy yang diluncurkan baru-baru ini oleh Sheikh Hamdan bertujuan untuk menciptakan kembaran digital, representasi virtual dari suatu objek atau sistem.

“Ini berlaku di real estat, kamu dapat mendesain dan membuat model di metaverse sebelum mewujudkan visi menjadi kenyataan,” kata Gull. 

Selain pekerjaan, ekosistem kesehatan dan pendidikan menurut pria yang lahir dan besar di Jammu & Kashmir, India ini menjadi cara lain untuk membuat revolusi. 

“Beberapa manfaat telemedicine termasuk akses yang lebih baik ke perawatan dan biaya perjalanan yang lebih rendah, terutama di daerah pedesaan,” katanya.

Tips Karier Sukses di VR, AR, dan Mixed Reality 

Dalam wawancara ini, Omar Gull juga membagikan tipsnya untuk bisa memiliki karir yang sukses di industri VR, AR, atau MR. Berikut ini tipsnya! 

Pengetahuan adalah kuncinya

Teknologi ini masih dalam tahap awal, dengan perkembangan baru yang keluar secara teratur. Dengan demikian, pembelajaran pada tahap awal pengembangan ini akan menjadi sangat penting dalam mengembangkan karir yang sukses di bidang ini.  

Dengan begitu banyak inovasi dan perkembangan yang muncul, penting untuk tetap mengikuti perkembangan teknologi dan perangkat lunak terbaru yang merupakan blok bangunan VR, AR, dan Metaverse. Bahkan sesederhana mengikuti topik di media sosial, menghadiri webinar dan konferensi akan membantu kamu memahami tren terbaru dalam industri ini.

Ketahui perangkat lunak yang akan digunakan 

Sisi perangkat lunak akan membutuhkan pengalaman dengan perangkat lunak pemodelan dan desain 3D, lingkungan pengembangan terintegrasi, dan bahasa pemrograman seperti .NET dan C#. Selain itu, pemrograman grafis dan bahkan pengembangan game adalah keterampilan yang berharga untuk dimiliki. 

Kembangkan pengalaman

Jangan ragu untuk membangun pengalaman di berbagai bidang untuk mendapatkan pemahaman yang lebih luas tentang bagaimana teknologi ini digunakan dalam pengaturan praktis.

Bergabunglah dengan komunitas online yang lebih besar

Industri ini masih kecil dan cukup terkendali, jadi jangan ragu untuk menghubungi perusahaan atau individu yang karyanya kamu kagumi. Jika mereka tidak dapat menawarkan pekerjaan, mungkin mereka dapat memberikan nasihat. Bergabung dengan grup di jejaring sosial profesional juga dapat bermanfaat karena Anda dapat berjejaring dan bertemu rekan kerja atau bahkan calon pemberi kerja.

Bangun lingkaran sendiri 

Karena industrinya baru, sangat penting untuk mengelilingi diri mu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama di bidang tersebut. Karena itu, sangat penting untuk memiliki tujuan yang jelas dan visi yang tak tergoyahkan untuk terus membangun setiap hari.

“ Saya sangat percaya pada kekuatan pendidikan dan itu adalah cara terbaik untuk keluar dari sebagian besar masalah. Jadi, jika saya bisa menginspirasi sebuah gerakan, itu akan seputar pendidikan,” jelas Gull.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…

Paviliun Indonesia di Ajang SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:38 WIB

12 Industri yang Diboyong Kemenperin di Ajang SIAM 2024 Maroko Tempati Paviliun Internasional Terbaik

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Sopar Halomoan Sirait menyampaikan apresiasi kepada KBRI Rabat atas…

SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:30 WIB

Kemenperin Boyong 12 Industri Alsintan ke Pameran SIAM di Maroko

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memfasilitasi sebanyak 12 industri alat dan mesin pertanian (alsintan) dalam negeri untuk ikut berpartisipasi pada ajang bergengsi Salon International…