Kementerian BUMN untuk UMKM Kalbar Go Global

Oleh : Wiyanto | Jumat, 09 Desember 2022 - 23:10 WIB

Event bangga buatan Indonesia
Event bangga buatan Indonesia

INDUSTRY.co.id-Pontianak – Kalimantan Barat mendorong pengusaha UMKM, industri kecil dan menengah, serta artisan untuk bisa menembus kancah global, tentu tanpa melupakan potensi pasar digital dalam negeri.  

Langkah besar ini bernama Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Kalimantan Barat. Menempatkan pengusaha UMKM, serta industri kecil dan menengah untuk bisa meningkatkan kualitas produknya, dan menguasai keahlian digital untuk bisa memanfaatkan fitur-fitur teknologi dalam mengembangkan usahanya.

Di bawah arahan Kementerian Badan Usaha Milik Negara sebagai manajer kampanye program yang mengusung tema CorakCorakKalbar Membangun UMKM Kalbar Go Global ini menggandeng BNI dan tujuh Rumah BUMN untuk bisa melakukan pelatihan dan pendampingan pengusaha UMKM. Sebuah kerjasama yang menunjukkan betapa kepentingan masyarakat layak menjadi prioritas seluruh  anak bangsa.

Menteri Erick Thohir menegaskan komitmen seluruh BUMN sebagai aset milik negara untuk turut serta membangun perekonomian Indonesia. “Keberadaan kami memang untuk membangun negeri ini,” ujar Menteri BUMN ini tegas.

“Kami sepenuhnya menyadari bahwa tulang punggung perekonomian bangsa ini justru berada di punggung para pengusaha UMKM. jadi, untuk membangun Indonesia, penting untuk memastikan pengusaha UMKM ini mampu menjalankan usahanya tanpa halangan berarti.”

Komitmen Kementerian BUMN ini dibuktikan dengan berbagai capaian luar biasa dari Gernas BBI Kalbar. Gernas ini turut mendukung penyaluran kredit digiKU Kalimantan Barat sebesar Rp200 Miliar selama periode Agustus-Oktober 2022. 

  

Tak hanya itu, kredit usaha rakyat (KUR) juga disalurkan ke lebih dari 75.000 UMKM di Kalbar dengan total nilai mencapai lebih dari Rp 4,26 triliun sepanjang Januari-November 2022. Sementara itu selama periode yang sama, ada tujuh UMKM eksportir asal Kalbar dengan catatan transaksi mencapai lebih dari Rp 1,1 triliun.

Nilai fantastis tersebut bukan tanpa perjalanan pelatihan dan pendampingan yang masif. Setidaknya ada 1.900 pengusaha UMKM mengikuti pelatihan bersama Mitra BUMN dan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA). 

Pesta Panen UMKM Gernas BBI Kalbar Harvesting Gernas BBI Kalbar digelar di Pelataran Rumah Radakng, Pontianak, 9-10 Desember 2022. Layaknya pesta usai panen, acara digelar meriah dengan menghadirkan para UMKM juara yang memperkenalkan produknya di pasar rakyat selama gelaran harvesting tersebut.

Hal senada diungkapkan oleh Fauzi, SEVP Operasional BNI. "BNI berkomitmen untuk terus meningkatkan pembinaan UMKM di Kalimantan Barat, salah satunya dengan kegiatan yang kita lakukan pada hari ini. Selain itu kami akan terus melakukan pendampingan Rumah BUMN di bawah binaan BNI yang tersebar pada 29 Rumah BUMN”

Tak hanya itu, semangat dan keceriaan juga ditebar ke seluruh masyarakat dengan menghadirkan hiburan dari penyanyi lokal yang kenamaan. Sebut saja Before Midnight dan Star Girl, serta tarian tradisional yang dipadu gerakan modern kontemporer dari Sanggar Mandala. Puncak keceriaan menghadirkan Ada Band yang sangat digandrungi masyarakat. 

Pesta panen telah digelar, bukan lantas bermakna akhir segalanya, justru artinya masa tanam berikutnya akan segera tiba. Gernas BBI Kalbar telah ditutup, namun meninggalkan semangat yang layak dilanjutkan. Ayo bangga buatan Indonesia dengan membeli dan memakai produk lokal. Bantu perkuat UMKM untuk berkreasi, berdaya, dan mandiri. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…