Ini Dia 27 IKM Unggulan yang Diganjar Penghargaan Oleh Kemenperin

Oleh : Ridwan | Jumat, 09 Desember 2022 - 21:10 WIB

Penghargaan Gebyar IKMA 2022
Penghargaan Gebyar IKMA 2022

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) memberikan penghargaan kepada para 27 pelaku IKM yang mengikuti empat program yang dijalankan Ditjen IKMA Kemenperin sepanjang tahun 2022. 

Keempat kegiatan tersebut meliputi Penghargaan One Village One Product (OVOP), Penghargaan Indonesia Food Innovation (IFI), Penghargaan Indonesia Fashion and Craft Awards (IFCA), dan Penghargaan Startup4Industry. 

“Kompetisi dan penghargaan ini memberikan optimisme bagi kita bahwa IKM Indonesia memiliki potensi untuk tumbuh dan mampu menjawab tuntutan perubahan zaman,” ujar Staf Ahli Menteri Bidang Iklim Usaha dan Investasi Andi Rizaldi mewakili Menteri Perindustrian dalam sambutannya pada acara Gebyar IKMA 2022 di Jakarta, Jumat (9/12).

Penganugerahan penghargaan bagi para IKM unggulan tersebut merupakan salah satu upaya Kemenperin mendorong terciptanya industri yang inovatif, inklusif dan adaptif sehingga mampu menjawab perubahan yang terjadi dimasyarakat. 

Sementara itu, Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Reni Yanita mengatakan, kepada para pemenang IFCA, IFI dan Startup4Industry diberikan piagam, trofi dan hadiah uang pembinaan. Sedangkan kepada penerima OVOP bintang 3 diberikan piagam dan trofi.

"Penghargaan diberikan kepada tiga pemenang kompetisi IFI 2022 pada kategori intermediate product dan tiga pemenang pada kategori end product," kata Reni.

Selain itu terdapat tiga pemenang kompetisi IFCA 2022 pada komoditas fesyen dan tiga pemenang komoditas kriya. Penghargaan juga diberikan kepada lima pemenang kompetisi Startup4Industry 2022 dan tiga startup pilihan. 

Dalam kesempatan yang sama, juga diserahkan penghargaan bagi tujuh IKM OVOP 2022 bintang 3.

OVOP merupakan program untuk mendukung produk IKM di sentra-sentra industri di daerah agar dapat berdaya saing di tingkat global dengan memanfaatkan sumber daya lokal. 

Komoditas yang dinilai dalam program OVOP meliputi makanan dan minuman, kain tenun, kain batik, anyaman, dan gerabah. 

Dari 68 IKM unggulan daerah yang diusulkan oleh kabupaten/kota pada tahun 2022, serta evaluasi atas 51 IKM OVOP tahun 2018, Kemenperin menetapkan 31 IKM OVOP Bintang 1, 39 IKM OVOP Bintang 2, dan 7 IKM OVOP Bintang 3.

IFI adalah program akselerasi bisnis bagi IKM pangan yang mempunyai inovasi produk dan/atau proses dan berbahan baku utama sumber daya lokal. Tujuannya, agar siap menjadi industri pangan yang marketable, profitable, dan sustainable. 

Program IFI 2022 telah menjaring 2.091 pendaftar dan dilanjutkan dengan kurasi inovasi bagi 40 peserta untuk mengikuti food camp. Para peserta food camp mendapatkan pembinaan secara intensif dengan para pakar dan praktisi bidang pangan, kemudian dikurasi lagi menjadi 20 peserta terpilih yang berhak mengikuti food business scale up.

“IFI juga diharapkan akan bisa menjawab tujuan SDG’s untuk mencapai ketahanan pangan dan gizi yang lebih baik, serta mempromosikan pertanian berkelanjutan,” terang Reni.

Kemenperin merancang program IFCA untuk mendorong tumbuhnya industri kreatif di bidang fesyen dan kriya, sekaligus sebagai apresiasi bagi desainer muda tanah air yang memiliki visi sustainability. IFCA juga merupakan satu-satunya kompetisi desain di Indonesia yang secara konsisten mengangkat tema responsible design.

Ditjen IKMA menyelenggarakan program IFCA 2022 melalui Bali Creative Industry Centre (BCIC) yang diikuti oleh 622 desainer muda kriya dan fesyen. Sebanyak 100 nominator terbaik berkesempatan mengikuti coaching tahap 1, hingga didapatkan 14 nominator yang lolos seleksi tahap 2. 

Pada tahap final, peserta menampilkan purwarupa yang telah diproduksi dan mempresentasikan konsep desain, dampak positif yang diberikan dari desain mereka terhadap aspek ekonomi, sosial, lingkungan, budaya dan model bisnis di depan tim juri. 

Setelah penjurian, ditetapkan 3 pemenang kategori fesyen dan 3 pemenang kategori kriya IFCA 2022.

Kompetisi Startup4Industry mendorong generasi muda untuk menjadikan teknologi sebagai solusi bagi pelaku industri. Penghargaan tersebut diberikan kepada startup yang memberikan solusi terbaik kepada IKM selama masa proyek implementasi.Dari 216 startup yang mendaftar,ditetapkan lima startup terbaik dengan solusi yang paling berdampak pada industri.

“Startup4industry diharapkan dapat membentuk ekosistem solusi teknologi untuk industri yang memperkuat ekosistem industri 4.0. Sehingga teknologi yang semakin inklusif bisa berdampak nyata terhadap masyarakat dan mendukung peta jalan Making Indonesia 4.0 yang sudah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2018,” pungkas Reni.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prof Satyanegara diangkat sebagai MWA dan dihadiri SD Darmono pendiri Jababeka di President University

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:47 WIB

President University Angkat Prof. Satyanegara sebagai Ketua Wali Amanat Fakultas Kedokteran

President University secara resmi mengangkat Prof. Dr. dr. Satyanegara, Sp.BS (K) sebagai Chairman of the Board of Trustees atau Ketua Wali Amanat Fakultas Kedokteran. Prosesi pengangkatan dilakukan…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah di Kalimantan Timur Senilai Rp561 Miliar.

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:25 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah di Kalimantan Timur Senilai Rp561 Miliar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perbaikan 10 ruas jalan dan 1 jembatan di Kalimantan Timur yang dilaksanakan…

Presiden Jokowi Lakukan Topping-Off Hunian ASN-Hankam di IKN

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:18 WIB

Presiden Jokowi Lakukan Topping-Off Hunian ASN-Hankam di IKN

Menter Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan Topping Off Hunian ASN dan Hankam di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan…

Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Jumat, 01 Maret 2024 - 18:09 WIB

Cegah miskonsepsi, Novo Nordisk Indonesia Dorong Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Obesitas dan obesitas sentral merupakan salah satu masalah kesehatan yang mengkhawatirkan di Indonesia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) 2018, prevalensi obesitas di kalangan…

Presiden Jokowi (ist)

Jumat, 01 Maret 2024 - 17:30 WIB

Dahsyat! IKN Magnet Baru Investasi, Jokowi: Yang Antre Banyak...

Ibu Kota Negara (IKN) tengah menjadi incaran para investor. Bak gadis cantik, investor rela antre untuk menanamkan modalnya di IKN. “Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang…