PT Hutama Karya (Persero) Peroleh Penghargaan Bergensi di London dan Seoul

Oleh : Herry Barus | Jumat, 09 Desember 2022 - 09:11 WIB

Hutama Karya
Hutama Karya

INDUSTRY.co.id - Jakarta- – PT Hutama Karya (Persero) (HK) meraih dua penghargaan di ajang internasional yaitu Kompetisi International YII Infrastructure & Going Digital Awards 2022 dan 22nd International Conference on Construction Applications of Virtual Reality (CONVR2022) pada akhir bulan November lalu.

Kompetisi International YII Infrastructure & Going Digital Awards 2022 merupakan event tahunan rutin yang diselenggarakan oleh Bentley System USA terkait kemajuan digital infrastruktur dengan kategori penghargaan mencakup keseluruhan proses dari proyek infrastruktur, mulai dari perencanaan, konstruksi, hingga operasi.

Pada Kompetisi International YII Infrastructure & Going Digital Awards 2022 Hutama Karya berhasil menyabet penghargaan Top 3 Kategori Geoprofessional yang dipresentasikan oleh Akhyaarul Umam Azzaqy selaku Project Manager Bendungan Semantok dan Amy Rachmadhani selaku Manager Pengembangan Building Information Modelling (BIM) Divisi Sistem, TI & Riset Teknologi (SIT) melalui Proyek Bendungan Semantok.

Hutama Karya diwakili oleh Executive Vice President (EVP) Divisi SIT G. Aji Sentosa, Vice President (VP) BIM Rizky Agung Saputra, Project Manager (PM) Bendungan Semantok Akhyaarul Umam Azzaqy, menerima penghargaan secara langsung pada tanggal 14-16 November lalu di London, Inggris.

Kompetisi ini diikuti oleh 318 Proyek dari 180 organisasi yang tersebar di 47 negara dan 270 kota di seluruh dunia.

Hutama Karya melalui Proyek Bendungan Semantok menekankan keunggulan dan kemajuan digital konstruksi dalam manajemen geodata, informasi, geofisika, dan rekayasa geoteknik yang berdampak pada sosial, ekonomi dan sustainability.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan keikutsertaan Hutama Karya dalam kompetisi bidang digitalisasi konstruksi diyakini dapat membantu  Hutama Karya. “Penerapan digitalisasi konstruksi di Hutama Karya pada seluruh proyek yang saat ini dikerjakan, ini memberikan value bagi pelaksanaan proyek dan korporasi.” Ujar Tjahjo.

Dalam konferensi 22nd International Conference on Construction Applications of Virtual Reality (CONVR2022) yang berlangsung dari tanggal 15 - 20 November lalu di Seoul, Korea Selatan, Hutama Karya juga berhasil meraih 2 (dua) penghargaan Best Paper terkait Best Practice Digital Survey dalam Proyek Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan Proyek Bendungan Semantok.

Paper ini dipresentasikan langsung oleh Sari Gita Wardani dan Audy Aditriananda dengan judul Implementation of Digital Survey to Enhance The Construction Monitoring of A Toll Road Project : A Case Study of Trans Sumatera Toll Road and Semantok Dam yang secara khusus mengangkat topik tentang Digital Survey untuk menemukan Best Practice Surveying dalam mempercepat Construction Monitoring dalam fase pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Tol Binjai Brandan dan Proyek Bendungan Semantok.

Konferensi ini merupakan event tahunan dari International Conference on Construction Applications of Virtual Reality, yang bertujuan mempertemukan researcher dan praktisi AEC dari seluruh dunia untuk mempresentasikan dan mendiskusikan perkembangan terbaru, penelitian, ide, dan aplikasi terbaru yang berasal dari innovative research di bidang Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR) dan Building Information Pemodelan (BIM) dan mendiskusikan strategi untuk pengembangan perspektif penelitian di masa depan.

Diselenggarakan oleh CONVR Organizing Committee, Chung Ang University, dan Korean Institute of Construction Engineering and Management (KICEM), konferensi internasional ini diikuti oleh 550 penulis dan 150 paper dari 71 universitas dan 3 perusahaan yang berasal dari 22 negara di seluruh dunia.

Lebih lanjut, Tjahjo menyampaikan bahwa peningkatan literasi dan menyadari perkembangan teknologi secara global akan menjadi landasan utama dalam penerapan digital construction secara efektif dan efisien. Sehingga implementasi dari inovasi diharapkan memberi nilai tambah bagi korporasi untuk menghadapi persaingan global.

“ Inovasi korporasi dalam manajemen proyek karena dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas output dari segi kualitas bangunan, waktu pelaksanaan konstruksi, hingga efisiensi biaya.” tutup Tjahjo Purnomo, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya.

Berbagai capaian ini diharapkan bisa mendongkrak hadirnya inovasi baru dalam pengembangan teknologi konstruksi di Indonesia. Hutama Karya siap untuk mengembangkan dan menghubungkan kebaikan bagi Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…