Tambah Investasi, Pabrik Baru Mattel di Jababeka Bakal Produksi 3 Juta Boneka Barbie per Minggu

Oleh : Ridwan | Jumat, 09 Desember 2022 - 07:52 WIB

Seremonial perluasan lini produki 30th Anniversary PT Mattel Indonesia Celebratioan and Inaguration of Plant Expantion, di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat
Seremonial perluasan lini produki 30th Anniversary PT Mattel Indonesia Celebratioan and Inaguration of Plant Expantion, di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat

INDUSTRY.co.id - Cikarang - PT Mattel Indonesia (PTMI) meresmikan fasilitas molding yang berlokasi di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat. Penambahan kapasitas produksi ini dalam rangka perayaan hari jadi Mattel yang ke-30 di Indonesia.

Melalui investasi fasilitas molding baru ini, PT Mattel Indonesia akan menambah kapasitas produksi boneka Barbie dan mobil diecast Hot Wheels. Investasi ini juga akan menciptakan sekitar 2.500 lapangan kerja baru di musim puncak produksi.

Vice President PT Mattel Indonesia (PTMI) Roy Tandean mengatakan, investasi ekspansi pabrik tersebut akan menambah kapasitas produksi sekitar 3 juta boneka per minggu.

"Tetapi perlu diketahui kita berproduksinya itu seasonal. Jadi ada waktu-waktu rendah, seperti sekarang ini kita sudah masuk low season. Puncak produksi itu biasanya mulai April, Mei, sampai sekitar September hingga Oktober," katanya di Cikarang, Jawa Barat (8/12).

Lebih lanjut, Roy mengungkapkan bahwa bonek yang diproduksi Mattel di Indonesia telah memiliki 70 persen kandungan konten lokal. 

Saat ini, lanjutnya, pabrik di Indonesia adalah pabrik dengan produksi boneka Barbie terbesar di antara pabrik yang dimiliki Mattel Inc di seluruh dunia.

"Indonesia memegang peran penting dalam operasi global kami, serta mendukung upaya strategi transformasi untuk tumbuh sebagai perusahaan mainan yang berorientasi pada kekayaan intelektual dan memiliki kinerja yang kuat. Ekspansi ini juga memperkuat peran Indonesia sebagai produsen terkemuka di industri mainan global," paparnya.

Dengan adanya perluasan dan peningkatan kapasitas produksi ini, Mattel berencana untuk meningkatkan juga volume pembelian dari mitra lokal untuk produk tekstil dan kemasan di Cikarang dan Jawa Tengah.

Dikesempatan yang sama, Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Reni Yanita mengapresiasi investasi terbaru Mattel Indonesia.

Perusahaan yang memproduksi Barbie dan Hot Wheels itu dinilai turut berkontribusi terhadap peta jalan Making Indonesia 4.0 mengingat Mattel baru saja menerima Sertifikat Lighthouse dari dari Kemenperin.

"Investasi baru Mattel menciptakan banyak kemungkinan baru bagi industri Indonesia, termasuk bagaimana mereka dapat mengembangkan lebih lanjut kemampuan manufaktur industri kecil dan menengah, serta terus mendukung modernisasi industri dengan menerapkan Industri 4.0," katanya.

Reni menyebut ekspansi PTMI merupakan investasi strategis untuk meningkatkan kapasitas dan produktivitas manufaktur, menekan biaya, dan memperkuat efisiensi operasional, yang sejalan dengan strategi perusahaan.

"Dengan penambahan nilai investasi tahun ini PT Mattel Indonesia diproyeksikan dapat meningkatkan kapasitas produksi hingga 30 persen dan akan meningkatkan penyerapan tenaga kerja lebih dari seribu orang," kata Reni.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Menko Polhukam Mahfud MD

Selasa, 31 Januari 2023 - 15:43 WIB

Ketua MPR RI dan Menko Polhukam Sepakat Realisasi Pendidikan dan Kesehatan Gratis bagi Masyarakat Papua

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo bersama Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad dan Ketua MPR RI For Papua (Forum Komunikasi Anggota MPR RI/DPR RI dan DPD RI…

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Selasa, 31 Januari 2023 - 15:33 WIB

Picu Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Pemerintah Dorong Aktivitas Ekonomi Masyarakat dan Sektor Pariwisata

Kondisi perekonomian global tengah menunjukkan sejumlah perbaikan ditandai dengan terkendalinya laju inflasi, kenaikan harga energi yang tidak setinggi perkiraan semula, hingga adanya perubahan…

Peresmian Pabrik Lead Rubber Bearing

Selasa, 31 Januari 2023 - 15:20 WIB

Resmikan Pabrik Lead Rubber Bearing, Menko Airlangga: Kapasitasnya Sangat Besar, Cukup untuk Penuhi Kebutuhan Kementerian PUPR

Perusahaan tersebut memproduksi Magda LRB yang telah memenuhi ketentuan TKDN yang cukup tinggi hingga mencapai 78,75%, sedangkan tipe bearing lainnya yaitu Magda Pot Bearing memiliki TKDN…

Demix A5

Selasa, 31 Januari 2023 - 14:35 WIB

Demix Luncurkan Demix A5, Mortar Instan 3 in 1 Perekat Bata dan Acian

Seiring berkembangnya teknologi di bidang konstruksi, saat ini telah banyak bermunculan berbagai produk material yang dapat mempermudah pengerjaan sebuah bangunan. Seperti yang dilakukan oleh…

KLHK

Selasa, 31 Januari 2023 - 14:12 WIB

KLHK Dukung Kolaborasi PHINLA dengan Pemprov DKI Jakarta Yang Dapat Dicontoh Pemerintah Daerah Lainnya

Dalam rangka menyambut Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, Wahana Visi Indonesia (WVI) bersama Divers Clean Action (DCA) serta didukung oleh Direktorat Pengurangan Sampah Kementerian Lingkungan…